Punya Kulit Kepala Sensitif? Ini Cara Merawatnya!

Kulit kepala sensitif sering kali kita abaikan karena dianggap sebagai bentuk dari salah menggunakan shampoo atau produk penataan rambut. Padahal, kulit kepala sensitif butuh perawatan ekstra.

 

Saya tidak pernah berpikir bahwa saya memiliki kulit kepala sensitif, terutama karena ketombe yang saya alami bersifat kambuhan alias kadang muncul kadang hilang. Saya selalu merasa bahwa kulit kepala saya baik-baik saja dan rambut rontok adalah satu-satunya masalah yang saya miliki. Sampai akhirnya saya mencoba perawatan shampoo high-end di salah satu salon terkemuka di Jakarta.

Home-remedies-for-an-itchy-scalp-from-Liz-Earle-Wellbeing

Saya didiagnosa memiliki kulit kepala sensitif karena kulit kepala saya penuh dengan ruam kemerahan bahkan pembuluh darah terlihat dengan jelas. Ditambah ketombe di bagian tertentu dan kebotakan di bagian tengah rambut. Bahkan sang penguji rambut bilang kalau kulit kepala saya sangat sensitif terhadap sinar UV. Dari situ, saya disarankan untuk menggunakan purifying shampoo yang lembut agar kulit kepala mampu bernafas dengan sepenuhnya.

Nah, saya mau kasih tahu nih ciri-ciri kulit kepala sensitif. Jika hal-hal ini terjadi pada kamu, mungkin kamu bisa coba tips dari saya. Alangkah baiknya sih tetap dites dulu ya, supaya kamu yakin apakah benar-benar sensitif atau ada masalah kulit kepala lain yang lebih serius. Biasanya sih, kulit kepala kamu akan terasa rentan perih, gatal, dan berketombe di beberapa bagian sisi kepala. Pada kasus saya, kulit kepala saya akan terasa seperti terbakar apabila menggunakan hair tonic dengan kandungan alkohol denat tinggi.

11309647-1804472408908731

That’s why I changed my attitude towards my hair. Saya mulai mengganti shampoo saya dengan Kerastase Bain Vital Dermo Calm, shampoo yang mengandung calophyllum oil sebagai anti peradangan, piroctone sebagai anti-bacterial, glycerin sebagai melembap, dan menthol yang memberikan rasa segar pada kulit kepala. Saya juga menghindari penggunaan produk rambut seperti conditioner, hair oil, leave in conditioner, dan hair spray di kulit kepala. Pada hari-hari tertentu ketika saya harus menggunakan produk penataan rambut, setelah saya akan menggunakan The Body Shop Fuji Green Tea™ Refreshingly Purifying Hair Scrub dengan cara memijat lembut agar rambut dan kulit kepala benar-benar bersih.

fuji-green-tea-refreshingly-purifying-cleansing-hair-scrub-6-640x640

Saya juga menghindari beberapa hal seperti hair tonic dengan kandungan alkohol, conditioner dengan kandungan silikon, hair dryer dengan suhu tinggi, catokan, hingga direct contact dengan matahari. Mungkin hal-hal ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan pedih, tetapi tidak bisa 100% menghilangkan masalah kulit kepala sensitif juga. But this way makes my scalp feels better, so I will keep do this! Apakah kamu akan coba juga?