Keseruan Volunteering ke Pulau Harapan Bersama The Body Shop Indonesia!

Tanggal 4 September lalu, saya ikut volunteering bersama dengan The Body Shop Indonesia dan Yayasan Kehati untuk sama-sama menyelamatkan ekosistem Pulau Harapan. Penasaran gimana acaranya? Simak di artikel ini ya!

Sudah lama The Body Shop dikenal sebagai perusahaan yang mementingkan kelestarian lingkungan. Mulai dari produk-produknya yang dikenal 100% vegetarian, dan salah satu hal lagi yang bikin saya salut adalah konsistensinya dalam melakukan berbagai aksi sosial terkait lingkungan. Waktu ngobrol-ngobrol sama salah satu tim The Body Shop, mereka juga cerita betapa ketatnya larangan menggunakan kantong plastik di HQ mereka! Setiap karyawan dibiasakan untuk membawa botol minum maupun bekal makanan demi mengurangi penggunaan plastik. Nggak cuma itu, setiap karyawan juga diwajibkan untuk meluangkan waktu selama 8 jam per tahun untuk melakukan kegiatan yang berdampak pada lingkungan, maupun komunitas di sekitar secara sukarela. Jadi, nggak cuma mengajak para konsumen untuk menjaga kelestarian lingkungan, karyawan juga diajak terlibat!

the body shop 4_-2

Nah, kali ini The Body Shop bersama-sama melakukan kegiatan volunteering di Pulau Harapan. Pulau Harapan sebagai satu-satunya Taman Nasional yang berlokasi di area perkotaan, memiliki berbagai macam keanekaragaman hayati laut dan tempat yang berpotensi untuk dijadikan objek wisata. Tapi sayang, banyak wisatawan nggak bertanggung jawab yang membuang sampah pada tempatnya selama mereka berwisata di sana. Penumpukan sampah yang terjadi di Pulau Harapan juga memberikan ancaman bagi pertumbuhan terumbu karang. Padahal, terumbu karang penting banget sebagai sumber makanan dan tempat tinggal bagi berbagai macam biota laut.

Baca juga : Ngobrol Bareng Aryo Widiwardhono, CEO The Body Shop Indonesia

the body shop eeeee

Kegiatan ini dilakukan nggak cuma bersama dengan para karyawan dari The Body Shop, tapi juga bersama dengan TBS Beauty Bae serta Valerie and Veronica Twins! Beberapa kegiatan yang dilakukan di sana meliputi coral adoption, beach clean up, dan kegiatan workshop upcycling bersama dengan para penduduk di Pulau Harapan.

the body shop 222

Baca juga: Hasil Ringan dan Natural dari The Body Shop® Tinted Beauty Balm

Di kegiatan coral adoption, para volunteer The Body Shop diajak untuk melakukan diving bersama-sama untuk menanam kembali terumbu karang ke dalam laut. Terumbu karang pertama-tama diikat ke kawat, kemudian kawat yang sudah diikat bersama dengan terumbu karang akan diletakkan di spot-spot tertentu di dalam laut agar tumbuh. Tapi, nggak semua peserta ikut kegiatan ini, karena kalau mau ikut kegiatan ini butuh skill diving! Jadi bagi yang nggak ikut coral adoption (seperti saya), bisa ikutan workshop upcycling bersama dengan penduduk Pulau Harapan!

the body shop 2

Beda dengan recycling atau kegiatan mendaur ulang, kegiatan upcycling adalah kegiatan menggunakan ulang sampah atau waste, agar bisa dibuat menjadi sesuatu yang memiliki nilai yang lebih. Sebagai contoh di worskshop kali ini, saya ikutan belajar bagaimana caranya mengolah bekas minuman sachet menjadi sebuah pouch! Susah banget ternyata buatnya! Tapi melihat betapa serius dan kreatifnya para penduduk di Pulau Harapan, bikin semangat juga bikinnya. Dari workshop ini saya belajar kalau minuman sachet sebaiknya dirobek atau digunting di bagian atas secara horizontal, jangan sembarangan sobek! Karena kalau kita sobek dengan rapih, masih bisa diolah menjadi berbagai macam produk-produk yang bermanfaat dikemudian hari. Contohnya pouch ini!

the body shop

Setelah melakukan upcycling produk, semua volunteer The Body Shop bersama-sama naik boat kecil selama 15 menit menuju suatu pulau yang bernama Pulau Bulat. Ternyata, pulau ini dimiliki oleh Alm. Bapak Soeharto! Sedih banget ngeliat banyak sampah bertebaran di sekitar pulau ini. Nggak banyak turis yang dateng kesana, tapi ternyata banyak sampah yang terbawa arus ombak laut waktu pasang sehingga semua sampahnya bermuara di pulau ini. Makanya, kita harus sama-sama menjaga kebersihan laut! Jangan buang sampah sembarangan ke laut! Di pulau ini kami melakukan beach clean up selama sekitar 30 menit.

Baca juga : Produk Terbaru Dari Rangkaian The Body Shop Shea Butter

the body shop 3333

Di Pulau Bulat, kami para volunteer dibagi menjadi beberapa ‘kelompok sampah’. Ada yang mengumpulkan sampah plastik, ada yang mengumpulkan sampah kertas, sedangkan saya kebagian sampah styrofoam! Anggota kelompok saya merupakan yang paling banyak jumlahnya, berhubung banyak sekali sampah styrofoam yang bertebaran di sekitar Pulau Bulat. Sampah yang sudah dipisah-pisah pada akhirnya akan ditimbang dan didaur ulang. Setelah berhasil mengumpulkan sampah selama 30 menit, akhirnya terkumpul sampah styrofoam sebanyak 12 kg, dan sampah plastik sebanyak 10kg! Wow! Bayangkan kalau kegiatan ini dilakukan secara rutin, berapa banyak sampah yang terkumpul ya?

the body shop 5

Baca juga : Selain Green Beauty, Pernah Dengar Blue Beauty?

Setelah seluruh kegiatan selesai, kami berkumpul untuk foto bersama dan kembali ke pelabuhan Marina Ancol dengan menggunakan kapal. Saya pribadi merasa ini pengalaman yang berharga dan betul-betul mengingatkan betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Bayangkan berapa banyak sampah yang akan menumpuk jika kita nggak sama-sama menjaganya. Terima kasih Body Shop dan Yayasan Kehati untuk semua ilmu dan pengalamannya!

DSCF2139