banner-detik

body love

9 Bagian Tubuh Yang Harus Dilindungi Sunscreen  

seo-img-article

Perlindungan terhadap sinar matahari nggak semata-mata hanya dilakukan saat musim panas aja! Berikut bagian tubuh yang harus dilindungi sunscreen, yang harus kamu tahu.

Kamu harus SENANTIASA pakai sunscreen untuk kegiatan sehari-hari. Soalnya, kerusakan yang ditimbulkan akibat sinar matahari itu banyak macemnya. Tahukah kamu bahwa kita memerlukan setidaknya satu ons atau satu gelas ukuran shot, sunscreen untuk melindungi seluruh bagian tubuh kamu. Nah, setelah mengumpulkan banyak data dan sumber dari para ahli, berikut ini saya rangkum 9 bagian tubuh yang harus dilindungi sunscreen. Penting? Banget! Baca ya sampai habis.

Baca juga: Semua Yang Harus Kamu Tahu Soal Sunscreen

Bagian tubuh #1: Punggung kaki kamu

lindungi tubuh dengan sunscreen

Oke, ngerti sih kalau pakai sandal itu andalan banget apalagi saat sedang musim panas. Seorang pendiri Modern Dermatology di Connecticut, Deanne Robinson, MD, FAAD, menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen di bagian punggung kaki. Iya, kamu nggak salah denger, punggung kaki (atau bagian atas dari telapak kaki). Untuk mencegah kulit dari terbakar, pastikan untuk mengaplikasikan kembali sunscreen berbasis lotion atau spray setelah beberapa waktu di cuaca panas, lalu berikan perhatian khusus pula pada sela-sela jari kaki ya.

Baca juga: Tips Tetap Glowing Dengan Mattifying Sunscreen

Bagian tubuh #2: Sekitar ketiak

Untuk perlindungan penuh, selalu oleskan sunscreen ke seluruh tubuh kamu dan diamkan selama 10-15 menit sebelum berpakaian. Iya sih, kadang sulit buat kita menjangkau area yang sulit seperti bagian tengah punggung, dan cenderung fokus pada bagian pundak dan dada atas saja. Sebenarnya kalau kamu berencana berjemur dalam waktu lama hanya dengan balutan bikini aja, kamu juga perlu banget mengoleskan sunscreen di area sekitar ketiak juga lho. Ya, area-area yang sebenarnya tersembunyi juga krusial diberikan perlindungan.

 Baca juga: Powder Sunscreen, Efektif Atau Tidak?

Bagian tubuh #3: Punggung tangan

Kamu sadar nggak sih, banyak yang masih percaya kalau tangan dapat mengungkapkan usia seseorang. Ada benernya sih. Oleh sebab itu memakai sunscreen di punggung tangan itu nggak boleh kamu lewatin. Saran saya: pilih hand cream yang sudah mengandung sunscreen di dalamnya lalu oleskan di seluruh tangan juga di sela jari. Oh ya, jangan lupa bawa selalu hand cream tersebut ya, karena berguna banget untuk kamu pakai lagi setelah mencuci tangan.

Produk andalan: Supergoop! Forever Young Hand Cream SPF 40

supergoop hand cream

Bagian tubuh #4: Kelopak mata dan under eye

Sekadar fun fact aja nih: kulit kelopak mata kamu juga bisa terbakar seperti bagian tubuh kamu lainnya, lho. Jadi ya, ketiduran di bawah sinar matahari itu big no no bangett!! Untuk menghindari iritasi, temukan produk yang dirancang khusus untuk area yang super halus ini, seperti cream mata atau eye shadow yang sudah diperkaya dengan SPF ya.

Produk andalan: Clarins Mission Perfection Eye Broad Spectrum SPF 15

Clarins Mission Perfection Eye

 Baca juga: Sunscreen Terlihat Ungu Di Kulit? Ini Penyebabnya!

Bagian tubuh #5: Di balik dan belakang telinga

Manfaatin deh pelembab harian kamu dengan memilih yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi. Disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen di seluruh area telinga hingga area di baliknya ini sebelum kamu meninggalkan rumah di pagi hari (lalu aplikasikan kembali saat jelang makan siang — apalagi jika kamu jalan kaki panas-panasan). Bila perlu kamu juga bisa kok menggunakan sunscreen yang juga kamu pakai untuk area wajah di bagian ini.

Produk andalan: Kiehl’s Activated Sun Protector Sunscreen Broad Spectrum SPF 30

Kiehls Aqua Lotion

 

Bagian tubuh #6: area bibir kamu

Nggak semua produk perawatan bibir dibuat sama. Beralihlah ke lip balm dengan SPF 15 atau lebih tinggi untuk membantu melindungi dermis halus di tubuh kamu, yakni bagian bibir), dari paparan sinar matahari. Oh ya, hindari penggunaan lip gloss saat berjemur di panas matahari ya karena ia bisa menyebabkan sengatan matahari lebih terasa di kulit.

Produk andalan: Kiehl’s Butterstick Lip Treatment SPF 25

Kiehl's Butterstick Lip Treatment

 

Bagian tubuh #7: Rambut dan kulit kepala

lindungi rambut dengan sunscreen

Betul banget! Kulit kepala kamu membutuhkan perlindungan. Carilah hair oil yang multifungsi untuk melindungi rambut dan kulit kepala dari sinar UV. Ada alternatif lain juga seperti sunscreen ramAbut jenis spray kok yang belakangan ini sedang marak dibicarakan. Kamu bisa mengaplikasikan sunscreen pada rambut basah atau kering kok. Namun penting untuk reaplikasi setelah beberapa jam di bawah panas matahari ya. Wah, ide bagus lagi kalau tambahkan perisai rambut dengan memakai topi.

Baca juga: Arti Di Balik Label Sunscreen

Bagian tubuh #8: Bagian Belakang Lutut

Seperti ketiak, lutut kamu juga sering terabaikan ketika kamu ingin melindungi tubuh dari sinar matahari. Huhuhuhu… Memang sih, sering ganti posisi dari berdiri dan duduk berkali-kali semakin bikin area ini jadi dianggap enteng. Nah, makanya biar nggak lupa lagi, ada tipsnya nih: pakai sunscreen lotion mulai dari bagian atas kaki deh mulai sekarang. Dengan begitu kamu bisa konsisten mengolesnya dan nggak ada lagi bagian lain yang ketinggalan.

Baca juga: Tips Pakai Sunscreen Biar Nyaman

Bagian tubuh #9: Belakang Leher

Biasanya, orang akan melapisi wajah dan tubuh dengan sunscreen dan cenderung melewati bagian leher. Seiring bertambahnya usia, leher (sama kayak tangan kita) juga bagian yang paling bisa dinilai usianya. Oleh sebab itu, mulailah menggunakan sunscreen berbasis mineral, baik itu krim ataupun lotion di area leher ya karena ia juga sama pentingnya lho dengan bagian tubuh kamu lainnya.

 

Perlindungan tubuh terhadap sinar matahari itu penting banget untuk kesehatan kulit kita semua. Nggak hanya bantu mencegah berbagai kanker kulit, tapi juga membantu meminimalkan perubahan tekstur bertahap, mengurangi ukuran pori yang terlihat, dan hiper-pigmentasi. Nah, selalu ingat ya bagian tubuh yang harus dilindungi sunscreen tadi dalam keseharian hingga saat liburan!

 

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment