banner-detik

lifestyle

Makeup Simpel untuk Pernikahan, Why Not?

seo-img-article

Setiap pengantin tentu ingin tampil sempurna di hari pernikahannya. Apalagi pengantin perempuan, yang akan jadi ratu sehari di hari bahagia itu.

Untuk mendapatkan penampilan yang flawless dan megah di hari pernikahan, nggak sedikit pengantin yang rela menyisihkan budget cukup besar untuk jasa rias pengantin atau makeup artist. 

Umumnya riasan pernikahan identik dengan makeup bold yang lebih tebal dan warna-warna yang berani, terlebih lagi untuk rias pengantin tradisional. Bold makeup dinilai dapat membuat tampilan pengantin perempuan terkesan lebih stunning dan “manglingi” sehingga lebih mencolok dibandingkan tamu-tamu undangan yang lainnya. Namanya juga ratu sehari, masa sih kalah dari riasan tamunya?

Kalau kamu di tengah persiapan menyambut hari besar ini, dan lagi cari-cari referensi makeup untuk pengantin, tapi nggak ingin terlihat terlalu menor dan lebih suka look yang sederhana, tenang saja! Makeup pengantin nggak selamanya harus terlihat tebal, kok. Effortless look with natural makeup in wedding is now considered as a trend. 

Nggak percaya? Tiga seleb ini sudah membuktikan, walaupun tampil dengan effortless makeup saat pernikahan, tapi mereka justru makin banyak menarik perhatian publik dan mendapat sanjungan. Bahkan tampilan makeup ketiganya nyaris seperti no-makeup makeup look untuk sehari-hari. Mereka sekaligus menggebrak stereotip makeup pengantin yang harus menor. Siapa saja mereka?

Meghan Markle, Duchess of Sussex

Prince Harry Marries Ms. Meghan Markle - Procession

The royal wedding of Prince Harry and Meghan Markle has stealed everybody’s attention around the world. Pada pernikahan Duke dan Duchess of Sussex pada May 2018 lalu, Meghan Markle tampak memesona dan pantas untuk mendapat gelar “the most beautiful bride on earth” kala itu, walaupun tampil sangat natural, hingga tampak seperti nggak menggunakan makeup sama sekali.

Makeup pengantin Meghan Markle terlihat sangat sederhana dengan natural smokey eyes, sedikit sentuhan warna coral pada blush dan tinted lip balm. Bahkan sepertinya Sang Putri nggak pakai foundation dengan coverage yang full, karena penampilannya semakin terlihat natural dengan menampilkan freckles alami yang ada pada wajahnya. Makeup look ala Meghan ini disebut juga dengan istilah makeunder. Gaya makeup seperti ini sendiri memang jadi permintaan pribadi dari Meghan. Ia ingin terlihat as real as possible dan menampilkan sisi terbaik dari dirinya.

Putri Marino

PUTRI MARINO -  MAKEUP SIMPEL UNTUK PERNIKAHAN

Sejak beberapa tahun lalu, mulai banyak banyak aktris tanah air yang tampil dengan polesan makeup yang natural di hari pernikahan. Sebut saja Raisa dan Tasya Kamila. Tapi yang paling terlihat effortless, yet still look so much gorgeous, tidak lain dan tidak bukan adalah Putri Marino.

Di hari pernikahannya dengan Chicco Jericho, aktris kelahiran Denpasar tahun 1993 ini tetap terlihat flawless walaupun dengan makeup minimalis. Selain pada dasarnya Putri Marino sudah punya kulit yang cantik dan makeup ready, riasan yang sempurna ini juga didapat dari hasil karya tangan MUA Ifan Rivaldi. Tanpa coverage dan contouring yang berlebihan, bahkan tanpa bulu mata anti badai dan softlens, tampilannya terasa sangat ringan untuk sebuah makeup pengantin. 

Baca juga: Di Balik Makeup Pernikahan Putri Marino

Song Hye Kyo

SONG HYE KYO - MAKEUP SIMPEL UNTUK PERNIKAHAN

 

Walaupun belum lama kabar pernikahan Song Song Couple menjadi hari patah hati internasional, beberapa waktu lalu berhembus kabar kurang menyenangkan terkait pernikahan lawan main Song Joong Ki di drama Descendants of The Sun. 

Pernikahan keduanya memang diadakan secara tertutup dan sederhana pada tahun 2017 silam. Namun dari beberapa foto pernikahan yang beredar, Song Hye Kyo tampil memukau di hari pernikahannya tanpa makeup yang “manglingi”. Brand ambassador Sulwhasoo ini memang sudah punya kulit dewy ala cewek Korea. Dengan gaya Korean straight brow pada alis, mendukung tampilan yang youthful dan innocent. Pemakaian lipstik dengan shade MLBB pun juga sukses membuatnya tampil effortlessly beautiful.

 

Wedding makeup ala tiga seleb ini bisa jadi referensi untuk riasan pengantin yang effortless. Makeup simpel untuk pernikahan diperkirakan akan tetap jadi tren di tahun 2019 ini sampai 2020 mendatang. Baru-baru ini, bertambah lagi seleb yang mengaplikasikan gaya ini, yaitu Ellie Goulding.

ELLIE GOULDING - MAKEUP SIMPEL UNTUK PERNIKAHAN

Selain nggak terlalu heboh, gaya riasan yang seperti ini pas banget untuk menampilkan keunikan dan kecantikan alami dari si pengantin perempuan. Makeup simpel untuk pernikahan akan memberi kesan anggun tanpa terlalu banyak merubah bentuk asli dari wajah seorang perempuan. Langkah-langkah dalam pengaplikasian gaya makeup seperti ini pun pastinya lebih sederhana sehingga sangat memungkinkan untuk dilakukan sendiri. 

Kunci dari effortless makeup yang sempurna adalah mempersiapkan kulit yang sehat jauh-jauh hari sebelum pernikahan. Pastikan kulit terhidrasi dengan baik dan memperoleh kelembaban yang cukup. Rutin melakukan eksfoliasi diperlukan untuk kulit lebih cerah dan tekstur yang lebih baik. 

Hindari complexion yang terlalu matte dan full coverage, serta contouring berlebihan, karena dapat membuat garis wajah terlihat terlalu tajam. Untuk tampilan soft blushed cheeks, gunakan cream blush agar memberikan kesan yang lebih luminous dan glowy. Untuk make up mata, gunakan eye shadow dengan warna earth tone, dan bulu mata palsu yang natural dan tidak terlalu tebal. Atau jika berani, penggunaan bulu mata palsu dapat di-skip saja, digantikan dengan maskara atau eyelash extensions yang natural. Gunakan shade nude atau MLBB color untuk warna bibir. Agar terlihat lebih natural, pilihlah lipstik dengan formula yang menyisakan stain atau glossy.

 

Berikut rekomendasi produk favorit yang cocok untuk mendapatkan effortless bridal makeup look:

Studio Tropik Flawless Priming Water

STUDIO TROPIK FLAWLESS PRIMING WATER

Laneige Layering Cover Cushion

LANEIGE LAYERING COVER CUSHION

Rollover Reaction Halo Blush Coloring Stick

ROLLOVER REACTION HALO BLUSH

 

Too Faced Chocolate Bar Eyeshadow Palette

TOO FACED CHOCOLATE BAR EYESHADOW PALETTE

 

BLP Lip Glaze 

BLP LIP GLAZE

Heroine Make Long and Curl Mascara Super Waterproof

HEROINE MAKE LONG AND CURL MASCARA

 

 

Gimana? Apakah kamu semakin yakin punya riasan simpel di hari pernikahanmu? Atau masih ingin punya look yang bold dan menggunakan pakaian adat? Apapun pilihannya, semoga kamu tampil menawan di hari spesialmu ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment