banner-detik

fragrance

Mengenal Clean Fragrance, Si Parfum Ramah Lingkungan

seo-img-article

Belum banyak yang mengetahui brand Clean Fragrance. Clean Fragrance berarti parfum yang bebas bahan kimia berbahaya, ramah lingkungan, dan tentunya tidak memicu iritasi. Wah, seperti apa ya?

 

Saat ini sudah tersedia banyak sekali produk skincare dan kecantikan lainnya yang terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari bahan kimia yang dianggap membahayakan, seperti Drunk Elephant, Tatcha, dan lain-lain. Tetapi untuk parfum, masih banyak yang belum tahu kalau beberapa brand sudah meluncurkan clean fragrance di mana parfum tersebut bebas dari sulphate, paraben, apapun bahan yang tidak digunakan oleh Gwyneth Paltrow—bahkan ada yang bebas alkohol! Selain itu, juga terdapat parfum yang menggunakan 100% pure, organic essential oil dan memberikan klaim vegan. Ada ya parfum seperti itu?

IMG_3903

Salah satu clean fragrance yang saya miliki adalah Maison Louis Marie. Dipionirkan oleh Louis Marie Aubert du Petit Thouars pada tahun 1792. Beliau mengunjungi Madagaskar dan Kepulauan Mauritius untuk mengumpulkan beberapa tumbuhan, lalu membawanya pulang ke Belgia dan bereksperimen dengan aroma dari tumbuhan tersebut! Hingga kini Maison Louis Marie terus membuat produk yang ramah lingkungan, tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi manusia dan planet, serta tidak menggunakan bahan hewani turunan seperti musk. Hebatnya, Maison Louis Marie ini tidak mengandung alkohol sama sekali—so it is a good to go!

Kebanyakan produk clean fragrance memiliki kemasan botol yang terbuat dari kaca dan label minimalis. Tidak jarang memiliki boks atau kemasan luar dari kertas daur ulang. Lebih uniknya lagi, clean fragrance ini biasanya berformat pefume oil yang sangat strong dan tahan lama! Kebanyakan clean fragrance ini juga diproduksi lokal dalam skala kecil untuk mengurangi jejak karbon berlebih. Waw! Ternyata ada ya parfum yang benar-benar sustainable seperti ini.

Selain Maison Louis Marie, terdapat juga brand lain seperti CLEAN RESERVE yang mengandung glicerin dan aloe vera, The 7 Virtues yang mengandung alkohol dari sari tebu, By Rosie Jane, Ellis Brooklyn, dan Phlur. Tentunya sederet brand ini bisa kamu lirik, terutama kamu yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap alkohol.

BY ROSIE JANE

ELLIS BROOKLYN

CLEAN RESERVE - FLORAL MUSK

 

PHLUR PERFUME

THE 7 VIRTUES PEACE PERFUMES

 

Sayangnya sih, produk-produk ini baru ada di luar negeri dan belum ada produk lokal yang mengeluarkan clean fragrance. Semoga kedepannya, brand lokal Indonesia mampu mengeluarkan clean fragrance yang sustainable, ya!

 

 

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment