banner-detik

haircare

Tips Menjinakkan Rambut Mengembang

seo-img-article

Punya rambut mengembang memang bikin serba salah, terutama kalau lagi bad hair day. Bisa bad mood seharian! 

Siapa yang punya rambut tebal dan mengembang? Pasti banyak di antara kalian yang sering mengeluh karena punya problem dengan rambut jenis ini. Saya pribadi juga butuh waktu cukup lama untuk bisa ‘berdamai’ dengan rambut saya, karena memiliki rambut medium yang nggak curly tapi juga bukan jenis yang lurus.

Kondisi rambut seperti ini memang butuh perhatian ekstra, karena jika salah ‘langkah’ dalam merawatnya justru bisa bikin tampilan rambutmu malah makin acak-acakan seperti singa. Tapi tenang, sebagai pemilik rambut mengembang, saya punya beberapa tips and trick yang bisa kamu pakai supaya rambut mengembangmu bisa jadi lebih jinak dan tentunya lebih sehat. 

Jangan Terlalu Sering Keramas!

HAIR WASH

Pasti banyak banget yang masih menjadikan keramas sebagai rutinitas harian. Sebenarnya keramas setiap hari itu tidak baik karena dapat menghilangkan kelembapan alami rambut, apalagi untuk pemilik rambut mengembang yang rentan kering karena bahan-bahan yang terkandung di dalam produk shampoo. Untuk kamu yang memiliki rambut mengembang usahakan keramas setiap 2 hari sekali aja ya! Kamu nggak mau kan rambutmu makin mengembang karena kering? Kalau kamu ingin rambutmu tetap wangi dan segar saat belum keramas, kamu bisa pakai dry shampoo atau hair mist.

Beralih ke Shampoo Berbahan Dasar Organik

FRIZZY HAIR

Beralih ke produk shampoo yang berbahan dasar organik bisa menjadi pilihan karena bahan yang digunakan lebih aman dan tentunya alami. Saat ini produk lokal pun banyak yang mengeluarkan produk hair care organik termasuk shampoo, apalagi rambut mengembang yang mudah kering akan menjadi lebih sehat karena terhindar dari bahan kimia berbahaya seperti Paraben, SLS, SLES dan lain-lain. Berikut ini rekomendasi shampoo lokal organik yang bisa kamu coba!

  • Coconut Rosemary Shampoo By Bali Balance
  • Shampoo #6 By Utama Spice
  • Heaven Spring Shampoo
  • La Feuille Green Dove Shampoo
  • The Bath Box Surprise, Honey! Shampoo

Gunakan Hair Oil

HAIR VITAMIN

Step satu ini memang sering diabaikan, padahal penggunaan hair oil bisa membantu mengurangi volume rambut yang berlebihan dan juga memberi kelembapan ekstra pada rambut. Terutama jika kamu adalah tipe yang selalu styling rambut setiap hari dengan alat-alat pemanas rambut, karena kebiasaan itu bikin rambut rusak dan kering. Pakai hair oil bisa bikin rambut kusammu jadi kelihatan lebih sehat dan berkilau lho!

Hindari Gaya Rambut Medium

MEDIUM HAIR

Ini penting karena saya juga mengalami hal yang sama. Jadi sebaiknya hindari potongan rambut medium alias nanggung, misalnya potongan rambut seleher, karena potongan jenis itu akan membuat rambut makin ngembang mirip singa. Panjangkan saja rambutnya, atau pilih haircut dengan gaya pendek seperti short-bob haircut, atau kalau kalian berani bisa juga cobain pixie haircut. Hindari potongan rambut shaggy karena saya sudah coba sendiri dan malah bikin rambut lebih semrawut dan sulit banget diatur. Kalau kalian nggak mau potongan rambut pendek, kalian bisa siasati dengan potongan rambut layer, karena bisa menyamarkan tampilan rambut yang mengembang jadi lebih teratur.

Siasati Tampilan Rambut Ngembang Dengan Hair Bun

Woman making hair bun

Styling rambut tanpa alat pemanas seperti catokan juga bisa jadi solusi terutama untuk kalian yang nggak punya banyak waktu untuk nyatok rambut. Kalian bisa ubah gaya rambut menjadi rambut cepol atau hair-bun, gaya rambut satu ini ampuh untuk membuat penampilan kalian menjadi lebih rapi, simpel dan terlihat manis.

Itulah tips untuk mensiasati rambut mengembang dari saya yang punya problem yang sama. Siapa nih yang juga punya masalah dengan rambut mengembang? Semoga tips ini berguna ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment