banner-detik

lifestyle

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Jus Seledri

seo-img-article

Buat kamu yang concern akan healthy lifestyle, pasti selalu berusaha meng-update diri mengenai tren lifestyle terkini. Untuk itu, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan tren mengonsumsi jus, khususnya jus seledri. 

Dikabarkan, tren ini bermula dari sebuah kanal berita yang mempromosikan sayuran seledri sebagai superfood yang dapat menyembuhkan penyakit eksim. Setelah dipelajari lebih lanjut, ternyata tak hanya penyembuhan eksim semata yang jadi manfaat dari seledri namun banyak lagi khasiat lainnya yang membuat jus seledri patut kamu coba!

Khasiat jus seledri

JUS SELEDRI 2

Seluruh bagian dari seledri bermanfaat untuk tubuh. Bahkan, dipercayai, kandungan seledri yang bernama salvestrols dapat menyembuhkan tumor serta kanker dengan cara menghancurkan selnya. Dilansir dari jurnal orthokennis yang mengamati salvestrol, zat ini dapat mengaktifkan sinyal yang pada sel kanker dianggap sebagai perintah untuk menghancurkan diri. 

Antioksidan, phytochemicals, serta dietary nitrite jadi kandungan seledri yang unggul karena mempunyai segudang manfaat. Sebagai sumber antioksidan, seledri dipercaya dapat meminimalisir peradangan. Sehingga seledri berkhasiat untuk mencegah infeksi, hingga membantu penyembuhan otot dan tulang yang mengalami peradangan. 

Phytochemicals pada seledri juga dapat melindungi organ hati dari bahan-bahan kimia yang mungkin tak sengaja kita konsumsi. Untuk dietary nitrite, kandungan ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dengan cara membantu pembentukan sel dan melindungi dinding pembuluh darah. Belum selesai sampai di situ, vitamin dan mineral lain pada seledri juga dapat menjaga keseimbangan hormon serta berkhasiat untuk kesehatan organ reproduksi pria! Kaya sekali ya manfaatnya!

Baca juga: 5 Resep Smoothie untuk Bikin Kulit Lebih Glowing

Panduan mengonsumsi jus seledri

JUS SELEDRI

Meski memiliki banyak khasiat, mengonsumsi jus seledri juga ada aturannya agar tak keliru dan malah membuat sakit nantinya. Hal pertama yang perlu diperhatikan, mengonsumsi jus seledri kurang cocok untuk kamu yang mengalami masalah pencernaan. Pasalnya, jus seledri yang diolah secara mentah malah dapat membuat gangguan pencernaan makin parah. Selanjutnya, perhatikan pula jumlah jus seledri yang dikonsumsi. Agar dapat bermanfaat untuk kesehatan hati, kamu harus mengonsumsi kurang lebihnya 400-500 ml jus seledri dalam sekali minum setiap pagi. Terakhir, pastikan seledri yang kamu pilih adalah jenis seledri batang (celery stick), dan bukan seledri yang kerap dijadikan taburan dalam makanan seperti soto.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum mengonsumsi jus seledri. Tertarik mencoba?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment