banner-detik

fitnfab

Langkah-Langkah dalam Menerapkan Self-Love

seo-img-article

 Mencintai diri sendiri adalah langkah awal yang penting untuk hidup secara positif dan tentunya, bahagia.

Kampanye self-love kini marak dilakukan oleh banyak komunitas, hal ini dilakukan karena tingkat insecurities di berbagai kalangan terutama remaja semakin meningkat dan berpengaruh cukup besar pada kesehatan mental seseorang. Yup, konsep mencintai diri sendiri adalah sebuah konsep positif yang sebenarnya harus diterapkan sejak dini. Banyak banget hal baik yang bisa kamu dapatkan jika kamu mencintai dirimu sendiri lho, self-love bukan berarti selfish ya! Karena mencintai diri sendiri sebenarnya berbeda dengan egois, banyak banget yang salah kaprah dengan dua hal ini.

SELF-LOVE 1 

Kenapa sih self-love itu penting? Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, kamu akan berfikir lebih positif, aura kecantikanmu juga semakin terpancar! Dengan mencintai diri sendiri, kamu akan membangun self-esteem atau kepercayaan diri di dalam dirimu, selain itu kamu juga akan merasa lebih bahagia karena kamu bisa menerima kekuranganmu dan kamu semakin mengenal dirimu sendiri dengan baik, Lalu gimana caranya untuk bisa mencintai diri sendiri? Berikut tips mengaplikasikan self-love yang bisa kamu coba segera!

Acceptance

SELF-LOVE 2

Mulai menerima kekurangan diri sendiri bisa menjadi langkah awal yang baik untuk dilakukan, semakin kita mengeluh tentang kekurangan yang kita miliki justru malah bikin kita menjadi benci sama diri sendiri lho! Don’t push yourself too hard, karena setiap orang itu berbeda ya girls. Bagi beberapa orang hal ini memang sulit dilakukan, nggak apa-apa, mulailah mencintai diri sendiri sedikit demi sedikit.

Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

SELF LOVE 3

Hal ini juga penting, nggak ada salahnya untuk take a break sejenak dari segala rutinitas yang bikin pusing, jangan terlalu memikirkan hal yang bikin kamu nggak nyaman. Luangkan waktu sebentar untuk istirahat dan melakukan hobi yang kamu suka, kalau nggak punya waktu banyak kamu bisa mendengarkan musik atau membaca bacaan positif sebagai pelepas penat. Lakukan setiap hal yang membuatmu nyaman, jangan terlalu keras sama dirimu sendiri ya!

Standar Kecantikan Setiap Orang Itu Berbeda

Penampilan fisik bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan rasa tidak percaya terhadap seseorang apalagi bagi perempuan. Berbicara mengenai penampilan fisik, bagi perempuan hal itu adalah sesuatu hal yang penting. Iya, kecantikan memang penting, tapi memaksakan standar kecantikan orang lain menjadi standar kecantikanmu itu gak baik. Tidak semua standar kecantikan bisa diterapkan pada semua orang, perlu diingat lagi secara hakikatnya kita semua berbeda. You are beautiful, and don’t let anybody tells you otherwise! 

Jangan Pedulikan Ucapan Orang Lain

Pendapat dan kritik dari orang lain memang dibutuhkan, tapi bukan berarti kamu juga harus menerima semua omongan negatif yang bisa bikin kamu down. Mulailah untuk percaya pada diri sendiri dan yakin jika kamu mampu, ucapan orang lain yang sekiranya membuatmu jatuh anggap saja angin lalu ya! Tapi bukan berarti kamu menjadi keras kepala, tetap dengarkan setiap masukan dan kritik yang bisa membuatmu berkembang, jangan pikirkan ejekan yang bisa membuatmu insecure, ingatlah kalau kamu itu berharga.

Rawatlah Diri Sebaik Mungkin

SELF LOVE 4

Salah satu wujud self-love adalah dengan selalu merawat diri, baik secara fisik maupun mental. Nggak ada salahnya untuk memanjakan diri sejenak. Rutinitas skincare bisa menjadi salah satu wujud self-love setiap harinya. Kamu juga bisa coba berlibur sendirian, untuk merenungi perjalananmu sejauh ini, dan “menemukan” dirimu sendiri. Dengan tetap merawat diri dan punya me-time, kamu mempersilakan dirimu untuk punya ruang di tengah segala kepenatan. Ini adalah bentuk kamu peduli dengan diri sendiri. Kalau kamu sayang dengan diri sendiri, kamu akan menyayangi orang lain lebih baik lagi, dan sekitarmu juga bisa menjadi lebih menyayangimu. Efek domino yang bagus kan?

 

Gimana? Semoga tips di atas bisa membantu kamu untuk mulai belajar mencintai diri sendiri ya! Apa kamu punya tips lainnya? Share di kolom komentar ya!

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment