banner-detik

jewelry

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Helix Piercing

seo-img-article

Mulai tergoda untuk bikin piercing telinga? Kalau berencana bikin helix piercing (tindikan di tulang rawan), maka penting banget nih untuk tahu informasi lanjutnya.

Wah karena ditampilkan oleh para beauty influencers di luar sana, tindik telinga a.k.a piercing kembali tren lagi nih. Dengan banyaknya jenis piercing, kamu jadi makin deh bimbang menentukan pilih yang mana. Kalau kamu di penindikan pertama ini berencana nih mau bikin helix piercing, maka kamu perlu baca lebih lanjut untuk tahu secara pasti apa sih tindikan helix, serta semua variasi yang bisa kamu lakukan di awal penindikan. Nah, berikut ini yang perlu kamu tahu tentang helix piercing!

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Di Telinga

Apa itu helix piercing?

Helix piercing adalah tindikan yang dilakukan pada area tulang rawan atas telinga, tapi ada berbagai jenis helix piercing nih. Helix piercing itu biasanya dibuat di tulang rawan atas (hampir agak ke pinggir) — jika kamu memiliki dua atau tiga tindikan di tempat yang sama (tepat di atas satu sama lain), ini disebut double atau triple helix piercing.

helix piercing

Apa itu forward helix piercing?

Ikuti lekukan tulang rawan kamu di sekitar telinga sampai kamu mencapai sisi wajah kamu, nah area ini yang disebut forward helix piercing. Biasanya di area ini kamu bisa membuat sekitar 2 – 3 lubang tindikan.

helix piercing

Nah, sakit nggak ya?

Iya keliatannya memang ‘kok sakit ya’, tapi walaupun tingkat rasa sakit (pain level) ada di tingkat tinggi atau rendah pun, rasa sakit saat jarum ditusukkan itu hanya terasa beberapa detik saja. Bisa dibilang, kamu akan merasakan sakit pada penindikan dan mulai nggak pada saat proses penyembuhan. Jadi kalau dibilang helix piercing adalah tindikan yang paling sakit pada tubuh, nggak juga kok.

Berapa lama ya proses sembuhnya?

Proses kesembuhan tiap orang berbeda-beda. Ini disebabkan karena lubang dan kedalaman tulang rawan tiap orang itu nggak sama. Kalau biasanya piercing umum di lobus telinga itu bisa sekitar 1 bulan, helix piercing bisa memakan waktu antara 3 sampai 6 bulan untuk sembuh benar.

Sayangnya, sama kayak tingkat pain level, sulit banget nih untuk memberikan waktu penyembuhan yang presisi karena setiap orang berbeda. Cuma nih, biasanya pada tahap penyembuhan itu wajar kok kalau kamu ngalamin rasa sakit, kemerahan, bengkak dan keluar sedikit darah.

Cara Mengatasi Jerawat Telinga 2

Gimana cara merawatnya?

Seperti jenis tindikan lainnya, menjaga kebersihan di area sekitar anting yang kamu pakai adalah cara yang esensial banget untuk menghindari infeksi. Bersihkan tindikan dua kali sehari dengan menggunakan larutan garam dan cotton bud untuk membersihkan dengan lembut di sekitar area piercing. Selain dapat membersihkan luka ini juga membantu untuk menghilangkan darah kering atau luka lembap.

Oh ya, penting banget nih untuk nggak menyentuh anting dengan tangan yang nggak bersih atau mengganti anting kamu yakin kalau luka tindikannya sudah benar-benar sembuh. Kenapa? Karena ini dapat menghambat proses penyembuhan yang sempurna dan bisa menyebabkan infeksi.

Apa yang akan terjadi jika tubuh kamu nggak bisa terima tindikan?

Jika luka tindikan memakan waktu lama banget untuk sembuh dan menunjukkan tanda-tanda infeksi maka saatnya pergi ke tempat penindik profesional atau ke dokter kulit untuk mencari tahu apa masalahnya.

 

Good luck, girls!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment