banner-detik

makeup

Review Emina City Chic CC Cream Dengan Color Changing Technology

seo-img-article

To be honest, saya bukan penggemar complexion makeup. Sehari-hari saya hampir nggak pernah menggunakan complexion makeup, baik itu foundation, BB, CC, DD cream dan sejenisnya. Tapi belakangan saya merasa warna kulit saya jadi agak kusam dan bikin nggak pede. Alhasil saya memutuskan untuk beli CC cream.

Pilihan saya akhirnya jatuh pada Emina City Chic CC Cream. Selain karena mudah didapat, harganya pun murah meriah. Hanya Rp55.000,- sudah mendapatkan 20 ml CC Cream, yang mengandung vitamin C, Vitamin E, ekstrak Aloe Vera dan dilengkapi SPF 34. Makanya, produk ini pas banget buat yang baru pingin coba-coba CC Cream. Supaya lebih jelas lagi, yuk kita breakdown lebih detail.

Baca juga: Plus-Minus CC Cream

Review Emina City Chic CC Cream 5

Ingredients

Aqua, Cyclopentasiloxane, Ethylecyl Methoxycinnamate, Cyclomethicone, Dipropylene Glycol, Capryly Methicone, Isododecane, PEG-9 Dimethicone, Titanium Dioxide, Nylon-12, Stearic Acid, Zinc Oxide, Cyclohexasiloxane, Sodium Chloride, Propylene Glycol, Ethyexyl Palmitate, Soritan Olivate, Silica, Disteardimonium Hectorite, Phenoexythanol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Dimethicone/ Vinyl (Silica), Polymethylsilsequioxane, Tocopheryl Acetate, Propylene Carbonate, Allantioin Prunus Armeniaca (Apricot), Kernel Oil, Ethylexlglcerin, Disodium EDTA, Olus (Vegetable) Oil, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Tocopherol, Trimethylsiloxysilicate, Polyester-1, Boron Nitride, Aluminum Hydroxide.

Packaging

Produk ini dikemas dalam tube berwarna pink dengan design yang cute khas Emina dan tutup berbentuk flip-top. Namun design packaging-nya terkadang bikin produk belepotan disekitar tutupnya saat dikeluarkan, dan akhirnya sisa-sisa produk akan mengeras disekitar mulut tube. Selain itu, nama shade juga tidak dicantumkan pada tube. Jadi kalau kamu punya dua shade yang berbeda dari CC cream ini, pastikan kamu nggak kehilangan dusnya, sebab nama shade nya hanya tertera pada dus.

Review Emina City Chic CC Cream 2

Tekstur & Aroma

CC cream ini punya tekstur yang lembut dan tidak lengket. Tidak ada aroma yang khas dari krim ini, karena memang CC cream ini nggak ada kandungan pearfumnya. Tapi ada yang unik waktu saya coba swatch krimnya di tangan. Krimnya berwarna putih tulang. Tapi jangan khawatir, walaupun berwarna putih, CC cream ini nggak akan bikin muka seputih geisha dari Jepang kok, karena CC cream dari Emina ini punya fitur color changing technology. Fitur ini dirancang agar CC Cream ini dapat berubah warna ketika diaplikasikan dan diratakan ke kulit. Walau awalnya krim ini akan berwarna putih tulang, tapi ketika diratakan, baik menggunakan jari ataupun beauty sponge warnanya akan perlahan-lahan berubah mendekati warna kulit. Unik kan?

Color changing technology ini sebelumnya juga pernah digunakan Emina pada produk Cheeklit Cream Blush versi lama. Di mana cream blush-nya berwarna putih pada awalnya, kemudian berubah menjadi pink atau peach seiring diratakan pada kulit. 

Klaim

Layaknya Color Corrector cream pada umumnya, Emina City Chic CC Cream ini punya klaim mampu meratakan warna kulit, bantu menyamarkan noda gelap di kulit, menyamarkan garis halus dan pori-pori, sehingga memberikan sentuhan complexion yang halus, lembut dan tampak lebih segar. Hal yang jadi tantangan terbesar dalam memilih jenis complexion makeup apapun buat saya adalah menentukan shade yang pas. Begitu juga waktu memilih shade CC cream yang cocok dikulit saya yang bisa dibilang terang, tapi mudah banget berubah jadi kusam dan kemerahan. Terutama saat beraktivitas outdoor atau panas-panasan.

 

Review Emina City Chic CC Cream 3

Tekstur sebelum dibaur sempurna

 

Review Emina City Chic CC Cream 4

Teskstur setelah diratakan dengan baik

Shade

Emina City Chic CC Cream ini hanya punya dua pilihan shade: Light untuk shade yang paling terang dan Natural untuk shade tergelap. Dan ini malah bikin saya makin bingung memilih shade yang pas. Like, don’t they have another shade ini between? Tapi ada yang unik waktu saya coba swatch krimnya di tangan. Krimnya berwarna putih tulang. Tapi jangan khawatir, walaupun berwarna putih, CC cream ini nggak akan bikin muka seputih geisha dari Jepang kok, karena CC cream dari Emina ini punya fitur color changing technology.

Awal melihat warna krimnya yang putih banget itu, saya khawatir CC cream ini bakal bikin wajah ashy atau tampak abu-abu karena warnanya nggak menyatu di kulit. Akhirnya, saya pilih untuk meratakan krimnya dengan menggunakan jari, karena krimnya blending lebih cepat dan lebih mudah dibanding dengan menggunakan beauty sponge. Tapi ternyata menyatu dengan cukup baik di kulit wajah saya.

Best Dupes

Emina City Chic CC Cream ini mirip jika dibandingkan dengan Etude House CC Cream. Keduanya sama-sama hanya memiliki dua shade, dan krim berwarna putih yang dapat menyesuaikan warna kulit. Namun CC cream dari Emina ini menurut saya jadi pilihan terbaik dari segi harga dan kesesuaian dengan warna kulit orang Indonesia.

Who’ll Wear It Better

Walaupun memang kita nggak bisa mengotakkan sebuah produk makeup cocoknya dipakai untuk segmen tertentu, tapi menurut saya CC cream ini pas banget untuk dipakai sama remaja yang memang sehari-harinya nggak perlu pakai makeup terlalu tebal. Teksturnya yang ringan dan coverage-nya yang light pas juga buat penyuka no makeup makeup look yang memang mencari complexion makeup untuk look yang natural.

Baca juga: Trik Pakai Cream Blush Agar Pigmented

Final Verdict

Untuk urusan ketahanan, CC cream ini bisa bertahan sekitar 4-5 jam saat beraktivitas di dalam ruangan. Namun saat beraktivitas outdoor, CC cream ini hanya bertahan hingga sekitar 3 jam saja, dan akan mulai luntur dan teroksidasi saat panas-panasan dan berkeringat.

I’ll rate this CC Cream 3 from 5 stars. Hal yang saya suka dari CC Cream ini adalah harganya yang murah dan mudah untuk didapat, serta teksturnya yang lightweight nggak bikin kulit pengap. Hasil akhirnya yang velvety smooth dan nggak terlalu matte juga nilai plus yang bikin saya suka sama CC Cream ini. Namun CC Cream dari Emina ini masih kurang dari segi design packaging dan variasi shade. Color changing technology yang jadi keunikannya pun menurut saya juga antara penting dan tidak penting, sih. Di satu sisi, color changing technology ini unik karena krim akan menyesuaikan warna seiring di-blend dengan jari atau menggunakan tools. Tapi di sisi lain, dengan hanya dua shade yang tersedia, mungkin bagi sebagian orang, akan sulit agar CC cream ini nge-blend dengan sempurna, dan berujung malah bikin ashy.

Kalau penasaran dengan CC cream yang bisa berubah warna ini, pastikan sebelum membeli untuk menguji kecocokan shade dengan kulit dengan tester yang sudah ada, dan cek review-nya di FD Reviews supaya kalian juga bisa baca review yang lebih beragam lagi.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment