Produk Beauty Lokal Legendaris yang Masih Eksis Dari Dulu Hingga Kini

Industri kecantikan tengah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini, dimana produksi berbagai tren dan produk kecantikan dari berbagai negara sangat masif. Bahkan, dilansir dari website Kemenperin, volume impor produk kecantikan luar negeri sempat meningkat, bahkan dapat menguasai pangsa pasar sebesar 60% dari total pasar domestik.

Walaupun begitu, sektor kecantikan Indonesia dari dulu hingga kini emang nggak kalah saing dengan negara lainnya. Hal ini dibuktikan dari maraknya bermunculan produk beauty lokal baru, dan juga keberhasilan beberapa brand lokal lama untuk survive ditengah cepatnya perkembangan industri kecantikan, khususnya di Indonesia saat ini.

Produk-produk kecantikan dibawah ini sudah melegenda. Bahkan produk-produk ini sudah terkenal sejak “jaman mama masih muda” dulu. Hebatnya lagi, produk-produk ini nggak lekang dimakan zaman. Berikut produk lokal legendaris yang sudah ada sejak dulu, dan masih eksis hingga sekarang.

Pensil Alis Viva 3

Pensil Alis Viva

Siapa tak kenal Pensil Alis Viva?  Pensil Alis Viva ini dibanderol dengan harga yang super murah, sekitar Rp30.000,-an. Buat para makeup beginner, pensil alis ini juga sering dijadikan pilihan, sebab produk ini gampang dicari. Nggak heran kalau produk ini dikenal juga sebagai pensil alis sejuta umat. Apalagi kemasannya yang berbentuk pensil warna orange mencolok, semua pasti langsung tau kalau itu pensil alis Viva.

Walaupun kini sangat banyak variasi pensil alis dari berbagai brand yang dapat ditemukan di pasaran, tapi pensil alis Viva ini masih jadi favorit beauty enthusiasts sampai sekarang. Bahkan Viva terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas produk eyebrow-nya ini biar nggak kalah saing dengan produk eyebrow dari brand lain, dan nggak ketinggalan jaman. Buktinya, kini sudah ada versi matic-nya, lho!

Baca juga: Pensil Alis Viva Vs Fanbo. Mana yang Lebih Bagus? | Battle of The Week

Marcs Beauty Powder

Bedak Marcks’

Familiar sama bedak tabur dalam kemasan bundar besar warna kuning yang ada gambar perempuan berambut pendek? Itu pastinya adalah Marcks’ Beauty Powder. Brand yang berada di bawah naungan Kimia Farma ini sudah famous dengan bedak tabur klasiknya itu semenjak tahun 1971.

Baca juga: 3 Bedak Tabur Lokal untuk Kulit Berjerawat

Sampai sekarang, Marcks Beauty Powder masih eksis dan digunakan oleh berbagai tingkatan generasi. Bedak ini disukai oleh berbagai kalangan, nggak cuma karena murah, tapi juga karena bedak ini diklaim cocok bagi semua jenis kulit, terutama untuk oily dan acne-prone skin. Bahkan bedak ini juga masih juga  direkomendasikan oleh beberapa dokter dan beauty influencer.

Kini, bedak Marcks’ bisa dijumpai juga dalam kemasan yang lebih minimalis, yaitu Marcks’ Active. Ada juga varian compact powder yang diformulasikan untuk kulit oily buat remaja, yaitu Marcks’ Teens Compact Powder.

Lipstik Matte Purbasari

Lipstik Purbasari

Produk yang satu ini juga sudah ada sejak lama, lho. Purbasari adalah brand yang sudah established sejak tahun 1993 dibawah naungan PT Gloria Origita Cosmetics. Purbasari sebenarnya sudah punya line makeup sejak lama. Namun beberapa orang baru mengetahui kalau Purbasari juga punya produk makeup semenjak beberapa waktu yang lalu, rangkaian lipstick matte-nya mendadak booming.

Purbasari Lipstick Color Matte adalah penyempurnaan dari produk sebelumnya, dengan warna-warna yang lebih up to date, tentunya. Bahkan Purbasari kini juga menambah rangkaian makeup bibirnya dengan meluncurkan varian lip cream dengan nama Purbasari Hi-Matte Lip Cream Hydra series.

Viva Face Toner

Viva Milk Cleanser & Face Tonic

Masih dari brand Viva. Tapi kali ini dari rangkaian koleksi produk skincare-nya. Sejak dulu, Viva selalu berkomitmen untuk menghasilkan produk-produk perawatan kulit yang sesuai untuk daerah beriklim tropis. Produk andalannya antara lain adalah Milk Cleanser dan Face Tonic.

Sejak tahun 1980-an, Viva Milk Cleanser bahkan berhasil meraih “Gold Medal With Palm Leaves” dalam seleksi Internasional, “Monde Selection, Institut pour les selections de la qualite” di Brussel. Selain itu, produk ini juga meraih Best Brand Award pada tahun 1997, 2000 s/d 2006. Viva Face Tonic juga tidak kalah meraih Best Brand Award sejak tahun 2001-2006.

Hingga kini, dua produk unggulan Viva ini masih eksis di super market dan mini market se-Indonesia. Bahkan hingga sekarang, kedua produk ini selalu konsisten dengan harganya yang murah, mulai dari dibawah Rp10.000,-.

Mustika Ratu Masker Bengkoang

Masker Bengkoang Mustika Ratu

Sebelum sheet mask Korea jadi tren, sejak dulu, wanita Indonesia sudah hobi maskeran dengan produk andalan, yakni masker bengkoang. Apalagi masker bengkoang bubuk keluaran Mustika Ratu dalam kemasan sachet. Masker bengkoang ini dulu adalah holy grail skincare untuk mencerahkan wajah.

Baca juga: Kelebihan Masker Bubuk Lokal yang Murah-Meriah

Sampai sekarang, masker bengkoang ini masih tetap eksis. Bahkan kini tersedia dalam bentuk krim. Mustika Ratu berkomitmen untuk melestarikan resep kecantikan warisan budaya Indonesia, yang hingga kini dipegang teguh. Nggak heran, walaupun banyak jenis masker baru bermunculan saat ini, baik sheet mask, clay mask, hingga sleeping mask, tapi masker bengkoang masih tetap jadi kecintaan wanita Indonesia.

 

Tentunya nggak gampang bertahan dalam persaingan sektor kecantikan saat ini, apalagi jadi produk yang sudah melegenda. Dibutuhkan konsistensi dan inovasi yang nggak ada hentinya. Apakah sudah pernah mencoba produk beauty lokal legendaris ini?