Sunscreen yang Wajib Dimiliki untuk Menghadapi Polusi Jakarta

Sunscreen jadi skincare wajib yang nggak boleh dilupakan saat tingkat polusi buruk seperti saat ini

Meski sempat berkurang saat blackout akhir pekan silam, polusi Jakarta masih jadi salah satu yang terburuk di dunia. Dampak negatifnya bermacam-macam, nggak terbatas pada kesehatan pernapasan saja. Kulit kita pun juga bisa menjadi korbannya karena seperti kita tahu, sinar UV dan polusi merupakan trigger utama kanker kulit dan penuaan dini. Makanya penting banget untuk selalu memaksimalkan perlindungan terhadap kulit kita.

Cara yang paling obvious sebenarnya adalah dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan yang membuat kita sering terpapar polusi dan sinar UV. Tapi kenyataannya nggak sesimpel itu karena kita juga kan tetap harus pergi ke kantor, sekolah, dan beraktivitas seperti biasa.

Baca juga: Dear OSIS, Stop Razia Skincare..

Radiasi sinar UV B terkuat ada pada pukul 10.00 sampai 14.00 dan gelombangnya dapat menembus lapisan kulit luar. Ini lah yang membuat flek hitam muncul di wajah dan membuat wajah terbakar. Post Inflammation Hyperpigmentation juga jadi lama pudarnya kalau kita sering terpapar sinar UV B. Sinar UV A gelombangnya lebih panjang dan dapat menembus lapisan kulit yang lebih dalam lagi. Radiasinya bisa dirasakan sepanjang hari. Ini lah yang membawa efek buruk jangka panjang seperti kerutan dan garis halus. Masker dan sunscreen jadi amunisi wajib untuk menghadapi polusi.

Skin Aqua UV Sun Care

Sinar UV bisa menembus jendela, bahkan saat kita beraktivitas di dalam ruangan. Jadi salah banget kalau kamu hanya merasa butuh pakai sunscreen saat liburan ke pantai saja. Bahkan saat mendung pun juga tetap wajib lho pakai sunscreen karena sinar UV tetap ada meskipun seperti nggak terlihat.

Sunscreen seperti apa sih yang kita butuhkan? Pastinya yang memberikan perlindungan maksimal dari UV A juga UV B. Pastikan sunscreen yang kamu pakai memiliki SPF untuk melindungi dari UV B dan PA yang melindungin dari UV A. Selain itu, tentunya kita ingin sunscreen yang nyaman kan? Udara Jakarta yang panas dan lembap sering membuat banyak orang enggan pakai sunscreen karena sudah berasumsi bakalan terasa lengket, gerah, atau bikin wajah semakin berminyak. Padahal nggak seharusnya begitu kok. Sekarang sudah ada sunscreen yang saat dipakai terasa ringan sekaligus memberi proteksi untuk kulit.

Salah satunya yang mudah kamu dapatkan di mana-mana adalah Skin Aqua Daily UV Skin Care. Nggak hanya melindungi kulit dari sinar UV, Skin Aqua juga melindungi dan menutrisi kulit dengan hyaluronic acid dan collagen. Saat dipakai juga nyaman karena formulanya water-based yang cepat meresap, nggak lengket, serta nggak meninggalkan white cast.

Baca juga: Produk Wajib Untuk Skincare Laki-laki, Sunscreen!

Ada empat varian yang bisa kamu coba sesuai dengan kebutuhan kulitmu, yaitu Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++, Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++, Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++, serta Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 20 PA++. Meskipun tingkat SPF-nya bermacam-macam, tetap penting banget untuk re-apply sunscreen di tengah hari, optimalnya setiap dua jam sekali. Apalagi kalau terkena air atau sudah berkeringat.