DIY Brush Cleanser dari Bahan Bahan Sederhana

Bagi sebagian orang, membersihkan brush itu memakan waktu dan tenaga, serta Brush Cleanser yang langsung kering itu lumayan menguras kantong. Padahal, kamu bisa DIY lho! 

 

Beberapa waktu belakangan, dunia per-makeup-an dihebohkan dengan membersihkan makeup brush menggunakan dry shampoo–yang diklaim mampu membersihkan brush secara singkat. Saya pribadi, tidak menyukai trik tersebut karena takut membayangkan efeknya di wajah sehingga saya memilih menggunakan produk lokal dari PAC, yaitu PAC Brush Cleanser. Namun mau dikata apa, kadang saya malas untuk mengeluarkan uang untuk membeli cleanser khusus. Jadi, saya mencoba mengulik isi dari PAC Brush Cleanser dan membuatnya sendiri. Hemat, lho! 

IMG20190812201831

Bahan yang diperlukan:

  • Isopropyl alcohol 70%
  • Air distilasi/witch hazel/rose water
  • Brush cleanser/ baby shampoo/ hand wash 
  • Tea Tree/Lavender/Peppermint Essential Oil (optional)

 

Baca juga: DIY Shimmering Powder

Cara membuat:

Siapkan botol spray sesuai dengan kebutuhan. Saya menggunakan botol spray kecil berukuran 50ml. Pastikan botolmu bersih dan kering. 

IMG20190812201931

Tuangkan 2/3 botol dengan isopropyl alcohol 70%. Alcohol di sini berguna sebagai disinfektan dan juga membantu mempercepat proses pengeringan. Saya di sini menggunakan lebih banyak isopropyl alcohol karena menginginkan hasil yang benar-benar bersih dan mudah kering. 

IMG20190812202004

Lanjutkan dengan menambahkan air distilasi atau witch hazel atau rose water. Hingga hampir penuh. Kamu bisa memilih witch hazel jika kulitmu cenderung mudah berjerawat, atau rose water jika kamu menginginkan aroma mawar yang lembut. Saya di sini menggunakan air distilasi karena produk selanjutnya telah memiliki aroma tersendiri. It doesn’t matter if you pick plain water, witch hazel, or rose water–just make sure it is affordable to you! 

IMG20190812202041

Sebenarnya di beberapa resep menyarankan menggunakan surfaktan yang lebih banyak agar brush benar-benar bersih, tetapi saya memilih untuk menggunakannya secukupnya. Saya mengisi hingga pangkal tutup botol, menutupnya, dan mengocoknya hingga rata. Dari pengalaman sebelumnya, penggunaan surfaktan berlebih membuat brush-nya rentan berbusa dan lebih lama kering. Saya di sini menggunakan dr soap Hand Wash karena aromanya yang lembut dan menyenangkan! 

Baca juga: DIY Lip Scrub untuk Bibir Halus dan Mulus

Kamu juga bisa lho, menambahkan essential oil ke dalam brush cleanser ini. Biasanya sih tea tree oil ditambahkan sebagai antiseptik agar tidak memicu munculnya jerawat. Maklum, metode ini tidak bisa digunakan untuk menggantikan deep cleansing brush. Lavender atau peppermint essential oil juga bisa menjadi alternatif kalau kamu ingin menutup aroma alkoholnya. Saya sendiri memilih untuk tidak menggunakan essential oil.

IMG20190812202307

Selanjutnya tinggal saya gunakan pada brush yang kotor. Kamu bisa menyemprotnya langsung ke brush, atau menggunakan cara yang lebih ‘rajin’ seperti saya yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih ke handuk lalu menggosok brush hingga bersih. Niscaya sih, proses keringnya lebih cepat.

IMG20190812202401

Coba lihat, brush ini saya gunakan untuk mengaplikasikan eyeshadow dan hanya dengan sekali kali membersihkan, brush benar-benar bersih! Cara ini pastinya akan menguntungkan banget buat para MUA karena brush jadi bersih, cepat kering, dan tentunya hemat! 

 

Yuk, cobain resep DIY Brush Cleanser ini! Kalau ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, bisa ditanya di kolom komen di bawah ya. Dan kalau ada yang berhasil membuat resep ini, boleh lho dibagikan testimoninya. Good luck and see you later!