Suplemen Kecantikan Penting Nggak Sih?

Beberapa tahun terakhir, dunia kecantikan menjaring minat dan ketertarikan yang tinggi dari para penikmatnya, tak terkecuali di Indonesia.

Bahkan survey dari Orbis Research di 2018 menyatakan perputaran industri kecantikan mencapai nilai USD 532.43 Milliar pada tahun 2017 dan diproyeksikan akan terus meningkat dan mencapai USD 805.61 pada tahun 2023 nanti!

Oleh karena itu, tak heran kalau berbagai tren serta produk kecantikan menjadi begitu populer dan banyak orang yang tertarik mencobanya. Tren makeup serta skincare mungkin sudah biasa, kini tren kecantikan juga merambah suplemen kecantikan. Dengan pola konsumsi layaknya meminum vitamin, sebenarnya apa sih khasiat dari suplemen kecantikan? Apakah worth it untuk dicoba? Cek faktanya di sini!

Kandungan Suplemen Kecantikan

beauty supplements

 

Beragam suplemen kecantikan tersedia di pasaran, dari mulai yang bentuknya pil, permen gigit, serta berbentuk serbuk yang dapat dicampur ke dalam makanan, semuanya tersedia untuk memenuhi kebutuhan para beauty enthusiast akan treatment kecantikan dari dalam tubuh. 

Baca juga: Manfaat Vitamin Halo Skin Beauty Kiwi Seed Skin Booster

Kebanyakan suplemen kecantikan di pasaran mengandung kandungan yang dipercaya bagus untuk kesehatan kulit, seperti kolagen, co-enzyme Q10, vitamin B 12, serta vitamin C. Banyak orang salah kaprah saat mereka mengira kandungan-kandungan tersebut akan bereaksi sama seperti saat diaplikasikan langsung ke kulit. Padahal, menurut  Dr Catherine Borysiewicz, seorang konsultan dermatologist, organ pencernaan tidak selalu memproses suatu zat sama dengan saat zat tersebut diaplikasikan ke kulit.

Contohnya adalah kandungan kolagen di suplemen kecantikan, meski kolagen bagus untuk kulit, namun saat dikonsumsi, pencernaan kita mencerna kolagen sebagai protein kompleks yang akan diproses menjadi asam amino layaknya protein lainnya. Sehingga kolagen yang dikonsumsi belum tentu akan berubah sebagai kolagen untuk kulit seperti yang diharapkan.

Walau begitu, banyak orang percaya bahwa kandungan asam amino dari kolagen akan memberi sinyal pada tubuh seolah terjadi luka pada bagian tubuh sehingga tubuh akan memproduksi kolagen alami yang akan bermanfaat untuk kulit.

Disarankan untuk..

beauty supplements

 

Bukannya tanpa manfaat, konsumsi suplemen kecantikan dianjurkan untuk kamu yang mengalami masalah terkait peradangan kulit seperti eczema atau psoriasis. Selain itu, kamu yang sedang sibuk dan tidak sempat mengonsumsi panganan bernutrisi dapat mengambil manfaat dari suplemen kecantikan ini.

Suplemen kecantikan yang dianjurkan

Menurut Dr Catherine Borysiewicz, suplemen kecantikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah yang memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat bekerja baik sebagai antioksidan bagi tubuh dan kulit. Selain itu suplemen kecantikan dengan kandungan vitamin D juga dinilai bagus untuk kulit.

Karena meski dapat diperoleh secara natural lewat cahaya matahari, namun studi menunjukan tubuh baru akan mendapat manfaat vitamin D dari sinar matahari apabila kita berjemur hingga gosong! Repot bukan?

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai suplemen kecantikan sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya.