banner-detik

body love

Tato Cepat Pudar Di 5 Bagian Tubuh Ini!

seo-img-article

Tato permanen sifatnya nggak bisa dihilangkan seumur hidup. Nah, makanya kamu harus pikir panjang dan memikirkan baik-baik gambar apa yang layak menetap di bagian tubuh kamu hingga seumur hidup.

Selain pertimbangan gambar, ternyata area tubuh juga perlu kamu perhatikan sebelum membuat tato. Karena ternyata ada bagian tubuh tertentu yang membuat tato lebih cepat pudar. Jadi kalau kamu sedang berencana membuat tato dan ingin gambar tato tersebut terlihat tajam hingga beberapa tahun ke depan, kamu perlu membaca artikel ini. Soalnya, ternyata tato cepat pudar di 5 bagian tubuh ini, lho. Nah, pastikan kamu menempatkan tinta di tempat yang tepat.

Baca juga: Pupu Paula Bicara Soal Tato & Plant Based Diet

Sejumlah tattoo artist pun mengakui kalau ada area di mana kulit yang tergesek dengan pakaian atau yang secara langsung sering terpapar matahari adalah area yang paling memungkinkan tato cepat pudar.

Misalnya nih, kalau kamu menggunakan tas backpack setiap hari, sebaiknya kamu menghindari membuat tato di area bahu karena gesekan yang terjadi membuat tato cepat pudar. Begitu pula dengan pemakaian skinny jeans terus menerus, maka membuat tato di area paha bukanlah ide yang baik.

Walaupun kulit setiap orang berbeda-beda, namun lima bagian tubuh ini bikin tato cepat pudar menurut para tattoo artist.

Di dalam telapak tangan

tato di telapak tangan

Tato pada dasarnya akan cepat pudar di area kulit yang sulit menempel dengan tinta. Ini artinya berlaku pada kulit di jari-jari kamu karena kulit di sini menyulitkan tinta untuk menetap. Menurut para tattoo artist, jika mentato di area ini maka tato kamu 99,9 persen kemungkinannya untuk cepat pudar seiring waktu.

Baca juga: Hand Lotion Yang Ampuh Buat Tangan Super Kering

Tangan

tato di tangan

Seperti yang sudah disebutkan tadi, karena merupakan area yang paling sering kering, kulit tangan membuat tinta sulit menempel dengan baik. Tinta tato nggak akan berwarna kentara dan warna hitam yang dihasilkan nggak keluar dengan maksimal. Apalagi kulit tangan cenderung lebih tebal dengan ada lemak dan otot di bagian bawahnya sehingga tinta tato makin sulit bersahabat.

 

Kaki

tato di kaki

Alasan tato di kaki Anda lebih cepat pudar adalah karena kaki kita sering berkontak dengan sesuatu seperti kaos kaki, sendal ataupun sepatu. Kalau kamu sedang nggak pakai sepatu selama beberapa waktu, mungkin warna mereka bisa terjaga sementara waktu. Tapi ini pasti susah, kan?

Baca juga: 5 Foot Cream Terbaik Buat Kaki Kering & Pecah-Pecah

Siku

Tato di siku

Terutama yang ada di bagian luar siku. Tato di area ini akan memudar lebih cepat daripada area lain karena banyak hal, dari mulai sering menekuk lengan kamu, apalagi kalau kamu sering menumpu tangan di meja. Tapi, kalau kamu tetap ingin menempatkan tato di area ini, coba saja lakukan trik untuk mengatasi siku kering yang sempat saya tulis beberapa waktu lalu.

 

Ketiak / bagian dalam lengan atas

Tato di lengan atas

Alasannya cukup simpel, karena kamu sering menggerakkan lengan terus-menerus sehingga menyebabkan tinta tato cepat pudar di area lengan atas bagian dalam atau sekitaran ketiak ini.

 

Apa sih yang perlu dilakukan agar bisa mencegah tato cepat pudar?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

1. Jaga agar tetap lembap

Aftercare sangat penting untuk umur panjang tato kamu. Semakin baik kamu merawatnya saat akan sembuh, semakin lama ia akan bertahan. Pastikan kamu tetap melembabkannya dengan salep anti-bakteri berbasis air atau anti-bakteri. Selain itu, jangan gunakan lanolin atau produk berbasis minyak bumi seperti Vaseline. Ini terlalu berat dan dapat menyumbat pori-pori, yang kemungkinan dapat menyebabkan jerawat pada tato.

2. Jauhkan dari sinar matahari

Kamu benar-benar harus menjaga tato baru dari matahari di minggu-minggu pertama proses penyembuhan. Cobalah untuk menutupi tato kamu sementara waktu. Kalau nggak bisa dan terpaksa, oleskan SPF tinggi pada area tato tersebut. Setelah kulit sudah terkelupas sempurna, amat disarankan untuk nggak kena matahari sesering mungkin.

Baca juga: Arti Di Balik Label Sunscreen

3. Hindari pakai pakaian ketat

Jika kamu mengenakan pakaian yang ketat di sekitar tato kamu, material baju tersebut bisa menggesek tato kamu dan membuat tato cepat pudar. Untuk 2 minggu setelah pakai tato, usahakan untuk mengenakan busana longgar agar mencegahnya dari pudar.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment