ic-fd

Cara Simple Bikin Zero Waste Kit untuk Dibawa Ke Mana Pun

lifestyle
author

raissasabrina・12 Aug 2019

detail-thumb

Zero waste kit lekat dengan kata “ribet” karena itu berarti kita harus membawa banyak barang tambahan di tas kita. Padahal, zero waste kit sendiri memiliki banyak manfaat lho!

Menurut saya, gaya hidup yang semakin mobile saat ini membuat kita terlena dengan penggunaan plastik sekali pakai. Saat ini mau makan siang, kita tinggal pesan melalui aplikasi katering online atau order online yang langsung diantar. Sadar atau tidak, semakin mudah kita mendapatkan makanan maka semakin banyak juga plastik yang digunakan dan terbuang. 

Kali ini saya ingin memperlihatkan simple zero waste kit saya yang tidak memakan banyak space di tas saya, malah justru mempermudah saya sehari-hari! 

IMG20190809150620

 

Foldable Tote Bag 

Menurut saya, bisa membawa tote bag ke mana pun itu sebuah anugrah! Saya nggak perlu bayar Rp200 untuk sebuah plastik kresek lagi dan nggak perlu ribet bawa barang saat makan siang. Memang sih Rp200 itu murah banget, tapi plastik yang dipakai juga jadi numpuk banget. Sayangnya, tote bag kebanyakan itu bulky dan suka kelupaan bawa. That’s why saya beralih menggunakan foldable tote bag yang bisa disangkutkan di tas. It changed my life ever since! 

Zero Waste Cutleries

Bermodalkan gratisan dari The Body Shop saat Jakarta X Beauty, zero waste kit ini selalu saya bawa ke mana pun sebagai alat makan. Rasanya sayang sekali sih saat makan di luar harus menggunakan single use cutleries, menggunakan zero waste kit sendiri juga sama-sama higienis kok. Asal jangan lupa untuk mencucinya sesaat setelah menggunakannya. Repot sedikit tapi lebih baik untuk kesehatan! 🙂 

Collapsible Cup 

Salah satu produk wishlist yang akhirnya saya beli adalah Stojo cup. Gelas yang terbuat dari food grade silicon ini dapat dilipat hingga berukuran 5 cm saja! Padahal daya tampungnya cukup besar lho, yaitu 473ml (16oz). Lebih enaknya lagi, setiap pembelian Stojo akan mendapatkan silicon straw yang cukup besar untuk minum boba

Collapsible Lunch Box 

Duh, kayaknya saya emang tergila-gila sama collapsible thing-y sih. Lunch box dari IKEA yang bernama Fjarma ini pas banget untuk dibawa ke mana-mana karena setelah digunakan bisa dikecilkan. Plus, ukurannya yang mungil dan anti tumpah bikin produk ini selalu bisa saya andalkan.

Waterproof Food Pouch

One of my best buys in Jakarta X Beauty 2019! Pouch food grade yang bisa dibeli di booth Female Daily ini kini menjadi sahabat terbaik saya karena saya bisa beli jajanan tanpa pakai plastik lagi! Ukurannya yang pas untuk aneka snack ini juga anti tumpah dan tahan panas. Rasanya menyesal deh cuma beli 1 satu dan ingin beli lagi seandainya FD jual pouch ini! 

Hand Sanitizer 

Produk yang satu ini pastinya nggak terlewatkan dari tas karena saya clean freak! Seharian duduk di depan komputer dan berinteraksi dengan banyak orang membuat saya ingin bolak-balik ke kamar mandi untuk cuci tangan. Daripada menghabis-habiskan air setiap saat, saya mulai mengganti dengan hand sanitizer. Ini solusi yang cukup oke sih, terutama saat saya ingin memegang-megang wajah.

Menstrual Cup 

Produk yang satu ini sebenarnya nggak perlu dibawa setiap saat, tapi saya selalu membawanya di dalam tas saya. Menstrual cup benar-benar mengubah hidup saya karena no more lecet! Bentuknya yang kecil juga tidak memakan banyak tempat. 

Photo from Raissa Sabrina

Saat dijadikan satu, saya hanya perlu pouch ukuran medium dari dr soap dan bisa saya tenteng ke mana pun! Ternyata zero waste kit nggak selalu memakan tempat kan? Semuanya balik lagi ke kebutuhan masing-masing dan diakali dengan produk berukuran kecil, foldable, dan collapsible seperti saya. Semoga artikel ini membantu dalam memilih zero waste kit ya. Happy zero wasting! 

Shout out to my photographer friends for this post: @dindaishah & @robyynico, and my muse @verenaclaudi. Thank you for helping me!