Fakta Tentang Exfoliating Toner yang Perlu Kamu Tahu

Fakta Tentang Exfoliating Toner yang Perlu Kamu Tahu

Memang sih, namanya kedengaran cukup mengintimidasi untuk di jajaran skincare, namun fungsinya justru berlawanan dengan namanya lho.

Seperti yang udah kalian tahu, exfoliating toner atau acid toner punya kemampuan untuk memperbaiki tekstur kulit wajah. Memang sih, namanya kedengaran cukup mengintimidasi untuk di jajaran skincare, namun fungsinya justru berlawanan dengan namanya, lho. Jika kamu saat ini lagi menimbang-nimbang untuk membeli dan mulai memasukkannya ke rutinitas skincare, berikut adalah fakta tentang exfoliating toner yang perlu kamu tahu dan kenapa kamu perlu memilikinya.

 

EXFOLIATING TONER

Keuntungan yang bakal kamu dapatkan

Normalnya, kulit mati di wajah akan mengelupas sempurna atau berganti kulit baru secara alami dalam 28 hari. Tapi seiring bertambahnya usia, permukaan kulit akan butuh waktu tambahan a.k.a lebih dari 28 hari. Nah, exfoliating toner akan mempercepat siklus ini. Ia bekerja sangat halus dalam mengangkat sel kulit mati sehingga kamu nggak bakal deh ngerasain kulit terkelupas di wajah. Kamu hampir nggak akan lihat proses peeling sama sekali. Yang kamu rasakan adalah perbaikan pada kondisi kulit dan tampilan kulit yang lebih cerah. Karena itu adalah lapisan kulit yang baru.

Kenapa bisa cepat prosesnya?

Exfoliating toner akan menyeimbangkan tingkat pH kulit ke angka 5,5 — yang mana ini merupakan angka ideal. Sedikit informasi kecil ya, kandungan acid yang ada itu memiliki tingkat pH lebih rendah dibandingkan dengan sabun dan pembersih. Pembersih biasanya memiliki pH lebih tinggi, condong ke spektrum alkali. Saat pH kulit kamu ada di angka 5,5, ia dianggap dalam kondisi ideal. Kalau sedikit lebih tinggi maka kategori kulit kamu cenderung kering atau sensitif. Kalau tingkat asam terlalu tinggi, wajah kamu tergolong dalam kategori acne prone yang cepat mudah meradang dan kemerahan.

Perlu nggak sih pakai exfoliating toner?

Tentu sangat perlu. (Hmm, makin yakin beli deh). Eksfoliasi membantu menghilangkan jerawat, produksi sebum berlebih, kekusaman, tekstur kulit yang nggak rata dan perbedaan warna kulit. Kalau kamu sering banget bersinggungan sama hal-hal yang saya sebutkan tadi, maka kamu adalah kandidat pengguna exfoliating toner setia nih. (Ayo, beli saja barangnya yang sudah masuk di shopping cart!):D

PIXI GLOW TONIC

Gimana sih cara mengenali produk exfoliating toner?

Nah, satu fakta tentang exfoliating toner yang perlu kamu tau nih. Gampang banget kok mengenali mana yang exfoliating toner dan yang bukan, adalah dari kandungan AHA, BHA, PHA, fruit acid, glycolic acid atau salicylic acid dalam label di kemasannya. Intinya nih, kalau kamu menemukan kata “acid” di kemasan, nah itu barang yang kamu cari.

Seberapa sering sih pakai exfoliating toner?

Tergantung dari jenis kulit kamu, tapi memang aman kok memakai exfoliating toner setiap hari. Saran kecil yang perlu diingat adalah untuk jangan menggunakan exfoliating toner ketika disaat bersamaan kamu lagi menggunakan produk peeling dalam rutinitas. Karena ini dapat memforsir pengelupasan berlebih. Terlalu banyak pengelupasan kulit akan merusak skin’s barrier, yang akhirnya menghalangi fungsi toner untuk menyeimbangkan pH di wajah.

SOME BY MI AHA BHA TONER

Apa boleh digabung dengan sunscreen?

Ya, kamu penting banget untuk menggunakan sunscreen ketika kamu sedang menggunakan acid products. Kenapa? Kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar UV dan panas sehingga penting untuk dilindungi. Oleh sebab itu, menggunakan SPF adalah hal yang nggak bisa ditawar lagi.

Aman nggak kulit sensitif menggunakan exfoliating toner?

Buat kamu yang kulitnya sensitif, penggunaan exfoliating toner terbilang cukup tricky. Tricky bukan berarti nggak bisa yaa. Sebaiknya aplikasikan toner setiap dua hari untuk mengetahui bagaimana reaksi kulit. Kaluu kamu mengalami kemerahan atau panas, hentikan penggunaan sementara waktu ya. Apabila gejala berlanjut segera mencari penanganan lebih lanjut dan hubungi dokter kulit. Saran lain, kamu bisa mencari produk dengan kandungan PHA dan lactic acid toner. Ini nggak menembus kulit secara mendalam, tetapi fungsinya masih dapat memperbaiki tekstur kulit dan mengontrol produksi sebum.

AVOSKIN MIRACULOUS REFINING TONER

Apakah kulit kering bisa menggunakan exfoliating toner?

Tentu saja! Kamu bisa mencari toner dengan PHA atau lactic acid karena kandungan exfoliant ini juga dapat meningkatkan hidrasi. Seperti yang kita tahu, kulit kering punya tendensi dengan wrinkle, nah acid toner dapat membantu mengurangi munculnya garis-garis halus tersebut.

Nah inilah fakta tentang exfoliating toner dan sejuta manfaatnya. Buat kamu yang udah menggunakannya, boleh share pengalaman di kolom komentar ya!