banner-detik

lifestyle

Ini Dia Cara Mengatasi Stres di Kantor!

seo-img-article

Macet, deadline, omelan bos di kantor, dan banyak lagi alasan dibalik stres akibat pekerjaan yang biasa mendera para pekerja.

Studi dari Harvard University di tahun 2016, mengungkapkan bahwa 36% pekerja mengalami stres karena pekerjaan, yang pada akhirnya merugikan perusahaan sebesar 30 juta dollar per tahunnya akibat jumlah hari kerja karyawannya yang berkurang karena alasan stres.

Bukan itu saja, stres juga dapat berdampak pada kesehatan serta kualitas hidupmu secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagimu untuk punya manajemen stres yang baik di kantor agar tekanan dalam bekerja tak jadi momok yang menghambat aktivitasmu. Yuk, ikuti tips untuk bebaskan diri dari stres di kantor!

1. Personal Touch

pexels-photo-935756

Punya kubikel sendiri di kantor? Coba taruh aroma terapi atau tanaman succulent kecil yang dapat membuat sudut kerjamu berbeda dengan kubikel milik karyawan lain. Sherry Burton Ways, interior designer dan penulis buku Feel-Good Spaces: A Guide to Decorating Your Home For Body, Mind, and Spirit, berujar menambahkan sentuhan personal pada meja kerja dipercaya dapat membuat pikiranmu lebih tenang dan tentunya dapat meminimalisir stres di kantor. Kamu jadi lebih rileks, matamu juga segar karena bisa memandangi yang hijau-hijau!

2. Handle and Ignore Interruptions

stress kerja

Di lingkungan kantor yang open space, interupsi dapat datang dari mana saja. Rekan kerja yang mengganggu konsentrasi, hingga notifikasi pesan Whatsapp yang muncul di layar laptop pun bisa jadi perusak konsentrasimu saat sedang mengerjakan sebuah tugas

Solusinya adalah selalu buat skala prioritas untuk tugas yang harus diselesaikan hari itu dan hindari untuk mengerjakan hal yang lain sebelum task yang sedang kamu kerjakan selesai. Mintalah waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum menanggapi pertanyaan dari rekan kerja, dan abaikanlah dahulu notifikasi Whatsapp sampai kamu berhasil menyelesaikan tugas. Hal ini dimaksudkan untuk mengefektifkan waktu kerjamu dan menghindari adanya missed pekerjaan saat load kerjamu sedang membeludak.

3. Zero Mails and Notifications

Stress di kantor

Meski hal kecil, namun membiasakan diri untuk selalu pulang kantor dalam keadaan inbox email serta chat notifikasi Whatsapp dalam kondisi kosong dapat membuatmu lebih terorganisir dalam bekerja. Dengan kondisi email yang kosong di penghujung hari, tandanya kamu sudah mengetahui seluruh informasi serta pekerjaan yang dibagikan ke kamu hari itu. 

Selain itu, kamu juga bisa memilah pekerjaan mana yang akan jadi prioritas esok dengan cara ‘menyisakan’ email-email terkait pekerjaan esok hari dan mengaturnya agar muncul di peringkat teratas inbox emailmu. Pekerjaan lebih terorganisir, stres pun bisa diminimalisir!

4. Be A Good Communicator

stress di kantor

Saat bekerja dalam tim, miskomunikasi seringkali jadi penghambat yang membuat kerja tim terkendala. Oleh karenanya selalu pastikan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif baik itu dalam komunikasi lisan maupun tulisan. 

Selain itu, selalu pastikan untuk merangkum hasil meeting ke dalam notes dan membaginya ke rekan kerja terkait. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi pengingat bagi seluruh anggota rapat mengenai hasil diskusi, serta apa yang menjadi tanggung jawab masing-masing anggota selepas diskusi selesai. Dengan cara ini, tak ada lagi deh cat fight di kantor hanya karena masalah miskomunikasi!

5. Breath in Breath Out

stress di kantor

Ini yang paling penting! Selalu ingat untuk menarik napas dan relaksasi sejenak di tengah kesibukan. Saat sudah merasa burn out dengan pekerjaan, luangkanlah waktu untuk menutup tab pada browser yang sudah tak diperlukan. Lalu pasanglah musik menenangkan dan regangkan tubuh sampai tegangan pada tubuhmu terasa mengendur. Setelah badan sudah lebih rileks, barulah mulai kembali pekerjaanmu.

Itulah tips-tips untuk mengurangi stres selama di kantor. Meski pekerjaan seringkali terasa berat, namun tetap ingat untuk melepaskan tekanan sesekali. Pokoknya have fun at work, don’t be too hard on yourself! Ingat, berusaha me-manage stres nggak cuma bagus buat pikiranmu tapi juga kesehatan tubuh dan kulitmu. Stres berlebihan bisa bikin jerawatmu makin membandel lho!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment