banner-detik

skin care

Dupe Alert! Facial Wash Lokal Rasa Korea

seo-img-article

Siapa bilang produk skincare Indonesia tidak bisa bersaing dengan produk luar negeri? Buktinya, saya menemukan pengganti facial wash saya dari produk lokal!

Bagi saya pribadi, pakai facial wash adalah sebuah kewajiban. Jelas, kulit saya yang kombinasi dan menggunakan makeup setiap harinya membuat saya harus lebih jeli dan ekstra dalam memilih dan menggunakan facial wash. Sudah 2 tahun ini saya setia dengan produk asal Korea, COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser.

IMG20190807074510

Pembersih ini berhasil mendapat rating 4/5 dari para member Female Daily, dan memang sebagus itu! Selain mampu membersihkan kulit tanpa rasa kering, facial wash ini juga membantu menjaga kulit saya dari jerawat. Tapi pernah nggak sih, kalian merasa jenuh sama satu produk setelah dipakai dalam jangka waktu yang lama?

IMG20190807074503

Di kesempatan Jakarta X Beauty 2019 kemarin, saya kebetulan mendapatkan Elshe Skin Deep Cleansing For Normal Skin dengan cara menukarkan point, and I didn’t regret it at all! Setelah dibaca ingredient list-nya, ternyata sabun muka ini mirip-mirip dengan si COSRX kesukaan saya! Yuhuu, waktunya mencoba facial wash baru!

IMG20190807074620 copy

Dari segi tekstur, baik COSRX maupun Elshe Skin sama-sama memiliki tekstur gel transparent yang minim busa saat digunakan. Saat digunakan di kulit, COSRX terasa sedikit lebih berbusa dibandingkan dengan Elshe Skin. Namun, Elshe Skin terasa lebih bersih setelah dibilas. Dan kelebihan lainnya, Elshe Skin membuat kulit saya terasa halus dan lembap!

Baca juga: Pentingnya Punya Face Cleanser Lebih dari Satu

Elshe Skin sendiri mengandung Saponaria officinalis atau soapwort yang kaya akan saponin, Sodium Laureth Sulphate, dan Cocamidopropyl Betaine, sehingga wajar kulit saya terasa bersih sekali. Klaim deep cleansing ini terasa terpenuhi sih, hanya dengan membaca ingredient list-nya sih hehehe! Selain itu juga, kandungan aloe vera membantu membuat kulit terasa lembap. Salah satu bahan yang tidak ada di COSRX adalah citric acid sebagai AHA dan retinyl palmitate atau Vitamin A, yang bekerja sebagai bahan anti bakteri dan anti jerawat.

IMG20190807074903 copy

Setelah diuji kadar pH, saya merasa cukup puas dengan kadar pH Elshe Skin yang menunjukkan pH 6 di lakmus paper, bila dibandingkan dengan pH COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser yang hampir mendekati 6,5. Mungkin di gambar agak terlihat kurang jelas, tetapi ketika saya uji, terlihat jelas lakmus paper yang digunakan ke COSRX cenderung lebih hijau. Saya rasa sih, Elshe Skin Deep Cleansing For Normal Skin ini bisa disebut sebagai dupe dari COSRX atau bahkan lebih bagus karena pH-nya lebih asam dan kandungan plant extract-nya memberikan manfaat lebih bagi kulit. Saya sih nggak ragu untuk menggunakan COSRX dan Elshe Skin bergantian setiap bulannya agar kulit saya tidak merasa jenuh lagi.

Kalau menurut kamu, Elshe Skin Deep Cleansing For Normal Skin ini dupe-nya COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser bukan? Atau kamu punya pendapat lain? Share pendapat kamu di kolom komen di bawah ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment