banner-detik

made in indonesia

Produk Lokal untuk Mengatasi Hiperpigmentasi

seo-img-article

Siapa yang sering geregetan sama noda bekas jerawat atau sun spot yang susah hilang? Ada nggak ya produk lokal yang bisa bantu mengatasi masalah hyperpigmentation?

Hyperpigmentation bisa terjadi pada semua orang. Masalah kulit satu ini punya tiga jenis yang berbeda : yang pertama adalah Sun Spots yang biasanya dialami oleh pemilik kulit berwarna cerah. Penyebabnya tentu karena terlampau sering kena cahaya matahari. Jenis hyperpigmentation kedua adalah Melasma, yang terlihat seperti area di kulit yang berwarna cokelat atau keabuan dan berbeda dari warna kulit aslinya. Melasma salah satunya sering dialami oleh orang Asia dan bisa dipengaruhi juga oleh produksi hormon. Nah, yang ketiga adalah yang paling sering dialami yakni Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) alias noda kemerahan atau kehitaman yang muncul setelah kulit mengalami luka seperti jerawat. Biasanya, menghilangkan PIH justru membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menyembuhkan jerawat itu sendiri. 

Baca juga: Trik Cara Mengatasi Bekas Jerawat

 

Sebenarnya hyperpigmentation adalah kondisi kulit pada saat melanosit (sel penghasil melanin pada lapisan bawah epidermis kulit) mengalami kerusakan atau menjadi tidak sehat. Pada saat proses penyembuhannya, dihasilkan lebih banyak melanin dan pigmen berlebih yang kemudian membentuk hyperpigmentation. 

Ada beberapa ingredient skincare yang bisa memulihkan discoloration kulit akibat hyperpigmentation. Kabar baiknya, ingredients yang akan saya bahas ini sudah bisa ditemukan pada brand lokal juga! Jadi, kalau kamu sedang mencari produk skincare yang bisa mengatasi hyperpigmentation seperti bekas jerawat kemerahan dan kehitaman atau Sun Spots, bookmark artikel ini ya supaya nggak kelupaan apa aja yang harus kamu masukkan daftar belanjaan! 

Vitamin C

Ingredients pertama yang ampuh menyamarkan hyperpigmentation adalah vitamin C. Selain bisa mencerahkan kulit, vitamin C juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi kulit dari sinar UV. Coba cari kandungan skincare dengan vitamin C dalam bentuk L-Ascorbic Acid karena L-AA adalah bentuk vitamin C yang paling efektif menembus ke dalam lapisan kulit dan mengurangi produksi melanin.

Baca juga: Segala Yang Harus Kamu Tahu Soal Vitamin C

 

64437802_1573612939445386_2001610777388678449_n

Produk lokal yang mengandung Vitamin C : Votre Peau Vitamin C Serum, For Skin’s Sake Vitamin C Serum, Wardah C-Defense SerumSensatia Botanicals Facial C-SerumAvoskin Perfect Hydrating Treatment EssencePavettia Vitamin C SerumMineral Botanica Brightening Face Serum

Niacinamide

Berbeda dengan Vitamin C, Niacinamide atau Vitamin B3 bekerja mengurangi hyperpigmentation dengan cara mencegah melanin mencapai sel kulit epidermis. Nggak hanya itu, skincare powerhouse jagoan banyak orang ini pun punya sejumlah manfaat lain untuk kulit salah satunya memperbaiki fungsi skin barrier. Niacinamide juga bisa digunakaan bersamaan dengan vitamin C tanpa menyebabkan iritasi kulit. Bahkan, kedua ingredients ini saling mendukung kerja satu sama lain sehingga hasil yang didapat untuk mengurangi bekas jerawat dan masalah hyperpigmentation lainnya bisa lebih maksimal.

Baca juga: Niacinamide, Kunci Kulit Sehat Bebas Jerawat!

 

page

Rekomendasi produk lokal dengan kandungan Niacinamide : Humphrey Niacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum, Wardah Lightening Facial Serum, Luxcrime Aura Serum Essence, Raiku Brightening Serum

Retinol

Retinol merupakan salah satu powerful ingredients yang bisa juga diandalkan dalam menyamarkan hyperpigmentation. Ingredients ini bisa mencerahkan kulit, membantu mendorong pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Tapi kalau kamu cari produk yang bisa menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat, sepertinya Retinol bukan ingredients yang tepat. Karena, kandungan Retinol cukup keras dan berpotensi untuk mengiritasi kulit, penggunaannya pun harus bertahap supaya kulit pun nggak kaget dengan potent ingredient satu ini. The key is to always start with low concentrations and slowly work your way up with Retinol.

Baca juga: Kenalan Dengan Retinol, Si Pahlawan Anti-Aging!

fss retinol serum

Produk lokal yang mengandung Retinol : For Skin’s Sake Retinol Serum, For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream

Licorice

Ingredient Licorice terbilang mudah ditemukan pada produk skincare lokal, karena secara natural tanaman ini memang tumbuh di beberapa daerah di Asia. Licorice berfungsi untuk membantu menghambat produksi pigmen dan bisa bantu meningkatkan pembaruan sel kulit. 

50755995_294663541222864_3204520716066576229_n

Produk lokal dengan kandungan Licorice : Wardah Lightening Day and Night Cream, Martha Tilaar Solusi Organic Renewage Face Toner, Viva Waterdrop Sleeping Mask

SPF

Kandungan terakhir ini adalah yang paling wajib kamu gunakan jika ingin mulai bantu menyamarkan noda di kulit akibat hyperpigmentation. Beberapa ingredients yang sudah saya sebutkan sebelumnya punya fungsi untuk bantu mempercepat pergantian sel kulit mati, dan tentunya menyebabkan kulit kita jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Makanya sunscreen dengan minimal SPF 30 adalah item yang wajib kamu gunakan secara disiplin. Jika kamu memiliki dark spot atau bekas jerawat, penggunaan sunscreen akan membantu mencegah area tersebut menjadi semakin gelap. 

page

Rekomendasi produk sunscreen lokal dengan SPF tinggi : Emina Sun Protection SPF 30 PA+++, Wardah Sunscreen Gel SPF 30, Votre Peau Facial Sun Shield SPF 50

Nah, selain ingredients yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa ingredient lain yang juga bagus untuk mengatasi hiperpigmentasi seperti Alpha Arbutin, Tamanu Oil, Rosehip Oil, AHA dan BHA, Kojic Acid dan Azelaic Acid. Semoga artikelnya membantu ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment