Pilihan First Cleanser dari Brand Lokal untuk Berbagai Kebutuhan Kulit

Saat ini produk skincare dari brand lokal telah merajalela, tak terkecuali produk jenis first cleanser. Yuk, intip pilihan first cleanser dari brand lokal berikut ini!

 

Salah satu tahap yang paling penting dalam melakukan skincare routine adalah double cleansing, dimana dilakukan pembersihan kulit wajah sebanyak dua kali. Pembersihan pertama berfungsi membersihkan kulit dari sisa produk seperti makeup dan sunscreen, sedangkan yang kedua berfungsi membersihkan kulit secara tuntas agar siap menyerap produk skincare yang digunakan selanjutnya. Dengan penggunaan produk yang tepat, double cleansing dapat memberikan manfaat yang baik untuk kulit!

Baca Juga: Cara Double Cleansing yang Tepat untuk Kulit Sehat!

Meski begitu, banyaknya jenis produk first cleanser membuat banyak orang jadi bingung memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Nah, supaya memudahkan kalian, saya bakal merangkum beberapa pilihan first cleanser brand lokal yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit, mulai dari membersihkan sisa sunscreen sampai makeup mata yang waterproof! 

Pavettia

Sunscreen: Cream/Milk Cleanser

Penggunaan sunscreen sangat penting karena fungsinya sebagai pelindung dari sinar matahari. Namun, sisa sunscreen perlu dibersihkan dengan baik untuk mencegah tersumbatnya pori-pori yang menyebabkan jerawat. Lapisan sunscreen sendiri umumnya tidak setebal lapisan makeup sehingga masih dapat dibersihkan menggunakan cream/milk cleanser. Beberapa pilihan cream/milk cleanser dari brand lokal antara lain Viva Milk Cleanser (Rp8.000,-/100ml) yang terdiri dari enam varian, dan Pavettia Hydrating Cleansing Lotion (Rp150.000,-/60ml). Milk cleanser dari Viva telah menjadi cult favorite masyarakat Indonesia dengan harganya yang murah meriah, namun Pavettia juga dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menghindari mineral oil atau mulai mencoba produk natural!

Klei & Clay

Makeup: Cleansing Balm/Oil

Penggunaan makeup, baik untuk acara khusus maupun kegiatan sehari-hari, perlu diimbangi dengan pembersihan yang lebih menyeluruh menggunakan cleansing balm/oil. Pasalnya, kalau kalian nggak membersihkan sisa makeup dengan baikl, maka pigmen dan bahan lainnya akan tertinggal di kulit, sehingga bisa menyumbat pori-pori, menimbulkan iritasi dan bahkan membuat kulit 10 tahun lebih tua! Tapi tenang saja, saat ini brand lokal telah banyak mengeluarkan cleansing oil seperti Emina Traceless Oil Cleanser (Rp52.000,-/60ml) yang praktis dibawa kemana-mana dan Luxcrime Advance Formula Cleansing Oil (Rp149.000,-/150ml) yang telah dilengkapi vitamin E untuk membuat kulit lebih lembap. Bahkan Klei & Clay pun telah mengeluarkan cleansing balm, yaitu Klei & Clay Calming Cleansing Balm (Rp115.000,-/50g) yang travel-friendly dan bersifat calming dengan kandungan geranium oil. Psst… cleansing balm dari Klei & Clay ini juga digadang-gadang sebagai cleasing balm pertama buatan lokal, lho. Proud!

Baca juga: Kamu Tim Cleansing Balm Atau Cleansing Oil?

 

Emina

Point/Waterproof Makeup: Makeup Remover

Ada kalanya kita menggunakan makeup yang bersifat waterproof seperti eyeliner dan maskara, sehingga diperlukan pembersih yang memang dikhususkan untuk menghapus sisa makeup tersebut. Makeup remover saat ini sudah beragam jenisnya, mulai dari eye makeup remover, lip tint eraser yang dikhususkan untuk lipstick dan makeup remover yang dapat digunakan untuk keduanya. Beberapa pilihan makeup remover dari brand lokal antara lain Emina Dirt-Less In Sight Make Up Remover (Rp25.000,-),  Viva Perfect Cleanse Makeup Remover (Rp22.500,-), dan Wardah EyeXpert Eye Makeup Remover (Rp27.500,-/50ml). Ketiga produk ini merupakan bi-phase makeup remover sehingga lebih ampuh mengangkat makeup waterproof

 

Sensatia Micellar Water

Cleansing/Micellar Water

Dalam beberapa tahun terakhir, micellar water maupun cleansing water mulai populer di kalangan skincare enthusiast, tak terkecuali Indonesia. Produk ini banyak disukai karena praktis dan bersifat oil-free sehingga cocok untuk pengguna yang sedang tidak ingin menggunakan cleansing balm/oil. Meskipun tren ini diawali dengan produk dari luar seperti Bioderma, saat ini micellar water dan cleansing water sudah banyak diproduksi dari brand lokal. Beberapa pilihan kedua produk tersebut antara lain Everwhite Infused Micellar Cleansing Water (Rp47.000,-/100ml) dan Sensatia Botanicals Hydrating Pomegranate Cleansing Water (Rp120.000,-/100ml) yang baru saja di-launch! Perbedaan micellar water dengan cleansing water sendiri sudah dibahas di Apa Bedanya Micellar Water dengan Cleansing Water?

 

Banyak sekali bukan pilihannya? Semoga artikel ini dapat membantu kalian memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kalian ya. Kalau ada rekomendasi first cleanser dari brand lokal lainnya, kalian juga bisa menyampaikannya di kolom komentar ????