banner-detik

skin care

Skincare Diet: Pengganti 10 Step Skincare Routine

seo-img-article

Mungkin kamu nggak asing dengan istilah 10 Step Skincare yang populer dari Korea. Untuk memiliki glass skin, banyak wanita dan juga pria yang mengadopsi tahapan skincare ini. Tapi, nggak semua orang cocok lho dengan cara ini!

Dikutip dari site Soko Glam, 10 Step Skincare ini dimulai dari makeup remover yang biasanya berbahan dasar minyak atau air, lalu dilanjutkan dengan facial wash, chemical exfoliator, hydrating toner, essence, serum, sheet mask, eye cream, moisturizer dan yang terakhir adalah sunscreen. Saat malam hari, langkah terakhir 10 Step Skincare bisa diganti dengan sleeping mask.

SKINCARE SHELFIE 2 - 642

Tapi, sayangnya, nggak semua orang cocok dengan skincare routine yang panjang ini. Karena kulit manusia diciptakan dengan kondisi yang berbeda-beda, maka kulit yang berbeda memiliki toleransi dan sensitivitas yang berbeda-beda juga. Ada kulit yang menerima dengan baik tumpukan layer dari produk-produk skincare, banyak juga yang tidak.

Bagi pemilik kulit yang nggak cocok dengan 10 tahap skincare, kamu bisa mencoba Skin-care Diet. Apa itu Skin-care Diet?

Dilansir dari site Allure, skincare diet adalah meminimalisir tahapan dalam rutinitas skincare untuk mengurangi iritasi. Tahapan ini biasanya hanya terbatas pada cleanser, moisturizer, SPF, dan produk-produk yang bebas dari bahan aktif yang harsh untuk kulit.

Baca juga: Pakai Skincare, Kamu Tim Minimalis atau Berlapis-Lapis?

Liah Yoo, beauty influencer yang juga CEO dari beauty brand, KraveBeauty, memiliki tag yaitu #SkincareDietChallenge yaitu tantangan untuk melakukan skincare diet bagi kulit kita. Hal ini ia bagikan di site resmi KraveBeauty.

Skincare diet ini dibagi menjadi tiga tahapan mudah yang nggak akan menguras waktumu!

Puasa Skincare alias Skincare Fasting

Mulailah dengan tahapan yang mudah dan super simple sebagai berikut:

  • Cleanser (Gunakanlah cleanser yang ramah di kulit dan tidak membuat kulit kita kering dan iritasi)
  • Moisturizer (Oil-free moisturizer yang tidak mengandung banyak bahan aktif)
  • SPF (Wajib digunakan sebelum beraktifitas di luar rumah)

Dan untuk skincare di malam hari, dapat menggunakan tahapan sebagai berikut:

  • Double cleansing (oil-based cleanser and facial wash)
  • Moisturizer

 Add Supplement for Targeted Solution

Untuk tahapan yang kedua, ini dilakukan jika kita masih ada masalah pada kulit, walaupun kita sudah melakukan tahapan yang pertama. Namun, pada tahapan kedua ini, yang dapat kita lakukan sebelumnya adalah mengenal baik keadaan kulit kita, sehingga kita tahu bahan atau produk apa yang dibutuhkan.

Misalnya, jika kulit kamu adalah tipe dehydrated skin, kamu bisa menambahkan serum dengan Hyaluronic acid pada rutinitas skincare kamu. Atau, jika kulit kamu acne-prone dan oily, kamu bisa memakai Niacinamide dan Zinc. 

Commit to Your Routine

Yang terpenting adalah commit and stick to your routine. Kulit kita juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan yang dialaminya. Seperti pergantian produk skincare, beri waktu sekitar dua minggu untuk membiarkan kulit kita beradaptasi dengan rutinitas kita yang baru. Give it time and see the result. 

SKINCARE YANG GA BOLEH DIPAKAI BARENGAN - 642

 

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba skincare diet? Bisa jadi ini diet yang cocok untuk kamu yang selama ini kulitnya selalu bermasalah ketika mencoba 10 Step Skincare. Good luck, ladies!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment