6 Rekomendasi Produk Skincare Anti-Polusi

Beberapa waktu lalu, buruknya kualitas udara Jakarta menjadi bahan perbincangan di media sosial. Bahkan setelah ditelaah lebih lanjut, Jakarta bukan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki kualitas udara buruk. Sebagai bagian tubuh yang paling sering terekspos, kulit wajah kita otomatis rentan terhadap polusi. 

Bukan cuma mengganggu pernafasan kita, tapi polusi udara juga memengaruhi kondisi kulit, lho. Bayangkan saja, selain terpapar oleh kejamnya sinar UV, kulit kita juga kena agresi ekstrenal dari udara yang tercemar. Kembali lagi ke kalimat awal yang saya tuliskan, UDARA DI JAKARTA MENEMPATI URUTAN KE-3 SEBAGAI UDARA TERBURUK DI DUNIA menurut data dari AirVisual per Jumat ini. Efeknya apa sih buat kulit kita? Well, kondisi kulit akan memburuk, jadi lebih sensitif, lebih dehidrasi, teksturnya jadi lebih kasar, dan jadi kelihatan lebih kusam. Nah, selain pakai masker untuk menyaring udara yang buruk masuk ke paru-paru, aplikasi skincare yang kaya akan antioksidan dan punya manfaat anti-polusi juga ada baiknya mulai diterapkan sedini mungkin.

Baca juga: Makeup Halal & Anti-Polusi Dari Revlon

Apa sih sebenarnya skincare anti-polusi itu? Basically, produk yang mengandung antioksidan, di dalamnya memang bisa membantu menangkal radikal bebas dan bantu meminimalisir dampak buruk polusi ke kulit kita. Beberapa ingredients anti-polusi yang bisa kita temui adalah, vitamin C, A dan E, resveratrol, coenzymeQ10, niacinamide, polyphenol, serta flavonoids yang sering ditemui di dalam green tea ataupun black tea. Selain itu, kandungan SPF juga pasti akan melindungi kulit dengan lebih baik saat kita berhadapan dengan sinar UV dan polusi di udara.

Nah, berikut ini adalah 6 produk skincare anti-polusi yang bisa kamu coba agar kulitmu tetap sehat.

 

anti-polusi

1. Innisfree Derma Formula Skin Barrier Cream

Sudah tahu kan bahwa kunci kekuatan kulit ada pada skin barrier? Sebagai lapisan kulit terluar, memang sudah tugasnya skin barrier untuk menjaga kulit dari banyak faktor, termasuk polusi. Namun, bukan tidak mungkin skin barrier menjadi tidak stabil, sehingga dibutuhkan booster seperti Innisfree Derma Formula Skin Barrier Cream dengan kandungan utama ceramide yang dihasilkan dari teh hijau yang tumbuh di Jeju. Cream ini bisa kamu dapatkan di offline dan online store Innisfree Indonesia seharga Rp375.000,-.

Baca juga: Seberapa Bahaya Sih Polusi Kota Untuk Kulit?

 

Clinique polusi

2. Clinique Dramatically Different Hydrating Jelly

Produk ini mengandung Clean Shield Technology™, yang bisa membantu melindungi kulit dari agresi eksternal, serta partikel-partikel polusi di urdara. Kandungan hyaluronic acid di dalamnya juga bisa bantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Jadi,  dengan paparan polusi yang bisa bikin kulit kita lebih gampang dehidrasi ataupun kering, aplikasi pelembap Clinique ini juga bisa bantu menangkal efek buruk tersebut. Selain itu, sekarang CliniqueID juga punya 5 active catridge yang memang bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kulit kalian, mulai dari mengatasi kulit yang mudah teriritasi, fatigue skin, kerutan, pori-pori yang kelihatan besar, hingga uneven skintone.

 

anti-polusi 

3. Laneige Anti Pollution Two Tone Sun Stick

Sesuai namanya, sunscreen dalam bentuk stick ini memiliki dua warna berbeda, satu sisi berwarna hijau pastel yang mengandung ginger oil dan dust block powder untuk melindungi kulit wajah dari debu, sedangkan sisi lainnya berwarna light beige yang mengandung macadamia seed oil untuk mengontrol produksi sebum serta menjaga kelembapan kulit. Selain itu, suncreen ini juga dapat menetralisir kemerahan pada wajah. Kamu bisa mendapatkan sunscreen ini di berbagai e-commerce dengan harga sekitar Rp230.000,- sampai dengan Rp270.000,-.

Baca juga: Manfaat Antioksidan Untuk Kulit

 

Studio Tropik Polusi

4. Studio Tropik Dream Setter Pollution Protection Makeup Setting Spray

Walaupun lebih termasuk ke kategori makeup setting spray, tapi produk Studio Tropik yang baru banget launching di JXB 2019 ini dipercaya punya perlindungan terhadap polusi. Di dalamnya terkandung tanaman yang kaya akan antioksidan, yaitu Marrubium Vulgare. Ekstrak Plant Cell Marrubium Vulgare yang terdapat dalam produk Studio Tropik DreamSetter ini bahkan konon sudah teruji bisa membantu melindungi kulit dengan cara menghambat penetrasi partikel polusi (Particulate Matter (PM)) ke kulit kita. Jadi, selain bisa bantu mempertahankan makeup yang kalian gunakan, Dream Setter ini juga bisa menjadi penangkal polusi yang baik saat kita menggunakan makeup. Oh ya, setting spray ini juga tidak mengandung alkohol, parabens dan mineral oil, serta hadir dengan teknologi Micro Mist yang menjadikan semprotannya terasa lebih halus dan merata di wajah. Nah, hal yang perlu kalian tahu pas mau memakai setting spray ini adalah, jangan lupa untuk mengocoknya secara perlahan sebelum dipakai, agar butiran powder dan ekstrak Plant Cell Marrubium di dalamnya bisa terdistribusi secara rata. Produk ini sudah tersedia secara online di website Studio Tropik seharga Rp175.000,- untuk 130ml.

 

anti-polusi

5. COSRX Low pH PHA Barrier Mist

Di negara tropis seperti Indonesia, siang-siang itu enaknya menyegarkan diri dengan minum es kopi susu dingin atau memakai face mist seperti COSRX Low pH PHA Barrier Mist. Dengan range pH di angka 4.0, face mist ini tidak hanya sebatas menghidrasi kulit ataupun mempertahankan level pH kulit, tetapi juga menguatkan skin barrier. Kalau kamu lebih familiar dengan COSRX PHA Moisture Renewal Cream, mungkin bisa dibilang bahwa face mist ini adalah kembarannya yang berbeda format hehe.

japanese-matcha-tea-pollution-clearing-mask-3-640x640

6. The Body Shop Japanese Matcha Tea Deep Cleansing Mask

Masker wajah wash-off bertekstur krim-scrub ini punya kandungan matcha green tea, dandelion extract, dan Community Trade aloe vera yang bisa membantu membersihkan dan melindungi kulit dari polusi seperti debu dan asap serta kotoran. Seperti yang tadi sempat saya sebutkan, kalau memang green tea itu punya kandungan flavanoids yang memang kaya akan antioksidan. Jadi, saat kulit sudah mulai sering terpapar debu dan polusi, proses pembersihan kulit yang lebih dalam juga penting untuk kita lakukan. Tapi, jangan karena setiap hari kalian beraktivitas menggunakan ojek online terus pakai masker ini setiap hari ya. Cukup gunakan 2-3 kali seminggu saja, untuk menghindari iritasi karena kulit terlalu sering dibersihkan secara mendalam. Untuk ukuran 75 ml, masker ini bisa kamu beli seharga Rp349.000,-.

 

Okay, sebenarnya ada banyak ragam produk skincare lainnya yang juga bisa membantu kamu untuk melindungi kulit wajahmu dari polusi, yang penting produknya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk melawan oxidative stress dalam tubuh yang dipicu oleh polusi. Kalau masih belum yakin mengenai skincare anti polusi? Yuk, baca sekilas mengenai skincare anti polusi di sini

Lalu, kalau kamu punya produk skincare anti-polusi andalan lainnya, share di kolom comment ya!