banner-detik

lip treatment

Bibir Gelap? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Bibir adalah salah satu bagian wajah yang paling mudah menjadi pusat perhatian. Sebab itu menjaga dan merawat bibir menjadi rutinitas penting untuk dilakukan supaya bibir tetap sehat. Bibir yang sehat biasanya bertekstur lembap dan berwarna kemerahan.

BIBIR GELAP

Bibir yang menggelap bukan suatu hal yang jarang kita temui. Pada sebagian orang, hiperpigmentasi bibir disebabkan oleh kebiasaan merokok. Namun, ternyata masih banyak lho faktor lain yang menyebabkan hiperpigmentasi bibir! Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama bibir gelap. Dehidrasi bukan hanya terjadi ketika kamu kurang minum air putih saja, tapi juga saat kamu mengonsumsi banyak alkohol dan kafein pada kopi atau teh. Selain membuat warna bibir gelap, dehidrasi juga menyebabkan kulit bibir kering, pecah-pecah, kemudian bisa terkelupas! Hiii!

Faktor lingkungan yaitu paparan sinar matahari, polusi, dan tumpukan sel kulit mati di bibir menjadi penyebab lain warna bibir kamu bisa menggelap. Saat wajah sering terpapar sinar matahari, maka produksi melanin, yaitu pigmen warna pada kulit dan bibir akan semakin banyak, sehingga warna bibir akan menggelap. Polusi dan tumpukan sel kulit mati di bibir juga bisa  bikin sel kulit bibir sulit berenegerasi. Nah, selain faktor asupan air putih dan faktor lingkungan, bibir yang menggelap bisa terjadi karena kondisi kesehatan kamu. Misalnya, kalau kamu punya kecenderungan anemia, biasanya warna bibirmu akan lebih gelap dibandingkan temanmu yang nggak punya anemia.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan warna bibir, misalnya memastikan kamu minum air yang cukup setiap harinya dan menghindari konsumsi alkohol dan kafein. Memperbanyak minum jus buah yang mengandung vitamin C seperti jus lemon atau jus jambu juga bisa membantu mengoptimalkan proses mencerahkan warna bibir kamu. Saat keluar rumah, biasakan untuk menggunakan lip balm yang mengandung SPF ya! Lip balm bisa berfungsi ganda untuk melembapkan bibir sekaligus melindungi dari paparan sinar matahari. Contoh produk yang bisa kamu gunakan adalah The Body Shop Vitamin E Moisture Protect Lip Care. Lip balm ini nggak cuma mengandung SPF 15 tapi juga PA++ sehingga bibirmu akan terlindungi dari UVA dan UVB.

THE BODY SHOP VITAMIN E MOISTURE PROTECT LIP CARE SPF 15

 

 

Kamu juga sebaiknya rutin melakukan eksfoliasi kulit bibir dengan menggunakan lip scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sisa lipstik di bibir kamu! Ada banyak kok lip scrub yang bisa kamu temui di pasaran, misalnya Sensatia Botanicals  Pouty Lips Sugar Lip Scrub atau Sephora Collection Honey Lip Scrub. Kamu juga bisa bikin lip scrub sendiri lho dari bahan-bahan yang ada di dapur!

SENSATIA BOTANICALS POUTY LIPS SUGAR LIP SCRUB

SEPHORA HONEY LIP SCRUB

Nah, sekarang, kamu nggak perlu khawatir lagi ya kalau bibir kamu menggelap. Dari beberapa tips di atas, mana yang mau kamu coba terlebih dahulu?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment