banner-detik

beauty school

3 Fungsi Eyeshadow Base

seo-img-article

Eyeshadow base yang bagus, harus memenuhi ketiga fungsi di bawah ini!

Kalau kamu suka makeup mata, pasti udah nggak asing lagi sama eyeshadow base atau eyeshadow primer. Kalau buat saya sendiri, produk ini adalah salah satu makeup essential, yang selalu ada di laci makeup saya. Pokoknya nggak bisa banget kehabisan. Kalau mau habis, pasti saya segera beli lagi stok yang baru.

fungsi eyeshadow base (2)

Banyak yang bilang, eyeshadow primer sebenarnya nggak penting. Ada yang berpendapat, kalau eyeshadow-nya bagus, tanpa aplikasi produk ini pun warnanya akan tetap keluar. Ada juga yang bilang kalau fungsinya bisa digantikan pakai concealer saja. Tapi kalau buat saya sih, pakai eyeshadow apapun, saya harus selalu pakai eyeshadow base terlebih dahulu. Dan concealer menurut saya bisa sih digunakan sebagai pengganti di saat-saat darurat, namun tetap saja nggak bisa menggantikan keseluruhan fungsi yang dimiliki oleh eyeshadow base.

Baca juga: Trik Pakai Glitter Eyeshadow Biar Nggak Berantakan

 

Apa saja sih fungsi eyeshadow base?

1. Membuat eyeshadow lebih menempel

Tekstur eyeshadow base yang sedikit thick, akan membuat eyeshadow powder yang kita aplikasikan di kelopak mata jadi lebih bisa menempel. Jadi, partikel powder eyeshadow yang kita pakai akan lebih terikat dengan kulit di kelopak mata, sehingga nggak banyak yang berjatuhan atau fall out karena tidak menempel.

 

fungsi eyeshadow base (5)

Kiri: Tanpa eyeshadow base, Kanan: Dengan eyeshadow base

2. Warna eyeshadow lebih pigmented

Coba bandingkan eyeshadow yang di-swatch dengan dan tanpa eyeshadow primer sebelumnya. Sudah pasti yang pakai eyeshadow primer akan terlihat lebih pigmented, kan? Itulah mengapa menurut saya produk ini tuh penting banget. Eyeshadow base ini bisa membuat palette-palette eyeshadow drugstore yang warnanya nggak keluar, jadi lebih bisa digunakan.

Kalau buat saya sih, daripada harus selalu membeli eyeshadow high end yang sudah pasti pigmented namun harganya mahal, lebih baik investasi ke satu eyeshadow primer yang bagus. Jadi eyeshadow dengan kualitas rata-rata pun tetap bisa terlihat bagus, karena dukungan produk yang tepat.

Baca juga: 5 Cara Eyeshadow Pigmented Seketika

 

3. Membuat eyeshadow awet dan nggak gampang creasing

Kulit saya jenisnya kering. Tapi tetap saja kalau pakai eyeshadow tanpa eyeshadow base sebelumnya, baru beberapa jam, eyeshadow saya sudah creasing di lipatan mata dan kelopak mata saya mengeluarkan minyak. Jadi saya sih menyimpulkan, kalau di kulit kering saya saja kelopak mata bisa mengeluarkan minyak dan membuat eyeshadow creasing, apalagi kelopak mata pemilik kulit berminyak.

Nah, fungsi ini nih yang belum bisa saya temui dari concealer atau eyeshadow stick sebagai pengganti eyeshadow base. Menurut saya, ini malah fungsi utamanya. Agar eyeshadow yang kita pakai bisa tetap stay in place, nggak creasing, dan warnanya juga tetap menyala dalam waktu yang lama, kita harus memakai base yang pas di area mata. Sama seperti face primer, eyeshadow base ini juga akan menahan agar minyak nggak keluar di kulit kelopak mata kita.

 

fungsi eyeshadow base (1)

Eyeshadow base yang bagus, menurut saya harus bisa memenuhi ketiga fungsi tersebut. Percuma bila eyeshadow lebih menempel dan warnanya menyala, kalau baru dua jam dipakai eyeshadow kita sudah creasing. Percuma juga eyeshadow awet dan nggak creasing, kalau warnanya nggak kelihatan. Jadi ya, buat saya, produk ini nggak bisa digantikan dengan concealer, eyeshadow stick (seperti NYX Jumbo Eye Pencil), apalagi digantikan pakai lipbalm atau Vaseline Petroleum Jelly.

Masih mencari eyeshadow base yang bagus? Kamu bisa baca-baca review produk ini dari berbagai macam merek dari FD-ers lain di Female Daily Beauty Review.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment