Waspadai Dampak Sinar UV Pada Kuku!

Kamu sering memulas kuku dengan nail gel? Ternyata, sinar UV yang digunakan untuk mengeringkan cat kuku harus diwaspadai, lho.

 

Beberapa hari yang lalu, saya menemukan berita yang cukup membuat merinding. Mantan Miss Illionis, Karolina Jasko, mengungkapkan bahwa ia terpaksa harus kehilangan kukunya dikarenakan kanker kuku yang dialaminya saat usia 18 tahun. Cerita bermula setelah kuku ibu jari tangannya menunjukan warna kehitaman saat akan menghapus gel manicure di sebuah salon. Tadinya dianggap lalu, lama kelamaan ibu jari karolina ikut membengkak dan menimbulkan warna memar. Setelah, dikonsultasikan ke dokter, diketahui ternyata Karolina mengidap kanker kuku yang disinyalir pemicunya adalah paparan sinar UV dari mesin khusus gel manicure. Wow. :(

Sebenarnya bagaimana sih dampak sinar UV pada kuku dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, cek disini!

Apakah Sinar UV Berbahaya Bagi Kuku?

dampak sinar UV pada kuku

Sama seperti pada bagian kulit lainnya, sinar UV memiliki dampak yang negatif pada kuku dan kulit. Mulai dari hiperpigmentasi kulit, kuku yang rapuh dan berubah warna, hingga yang paling ditakutkan, meningkatnya risiko kanker. Oleh karenanya, perlindungan kulit dari sinar UV harus selalu dilakukan, salah satunya dengan pengaplikasian sunscreen. 

Bagaimana dengan mesin sinar UV yang biasa dipakai pada aplikasi gel manicure?

Dampak sinar UV pada kuku

Dilansir dari situs Healthline, studi tahun 2014 dari JAMA Dermatology, mengungkapkan bahwa jumlah sinar UV yang dihasilkan oleh ‘lampu’ manicure, mempunyai dampak risiko yang kecil untuk menimbulkan kanker, meski setelah berulang kali mengaplikasikan gel manicure sekalipun. 

Namun, riset berbeda dari Journal of the American Academy of Dermatology mengatakan bahwa walaupun paparan sinar UV dari lampu tersebut terbilang rendah, namun dalam kurun waktu kurang dari 10 menit, paparan sinar UV yang didapatkan sama dengan batas yang direkomendasikan untuk beraktivitas diluar ruangan dalam sehari. 

Oleh karenanya, direkomendasikan untuk melindungi tangan yang akan terpapar menggunakan sarung tangan yang terbuka pada bagian kuku, atau menggunakan sunscreen sebelum proses penyinaran.

Perawatan sehari-hari kuku terhadap sinar UV

dampak sinar UV pada kuku

Untuk perlindungan sehari-hari terhadap sinar UV pada kuku, kamu bisa menggunakan UV polish yang dapat membelokan sinar UV sehingga melindungi kuku dari kerusakan. Selain itu, penggunaan cat kuku, lotion yang mengandung SPF, serta memperbanyak konsumsi vitamin C, biotin, Vitamin H, dan Koenzim R.

 

Itulah hal-hal mengenai paparan sinar UV pada kuku yang harus kamu pahami. Selalu ingat untuk beri perlindungan tubuh terhadap sinar UV ya!