banner-detik

uncategorized

Kulit Bruntusan? Kenali Yuk Penyebabnya!

seo-img-article

Punya masalah dengan kulit bruntusan? Hindari penyebab kulit bruntusan di bawah ini, ya!

Bruntusan, comedonal acne, atau closed comedo adalah benjolan-benjolan kecil di daerah T-zone dan dagu yang sulit dihilangkan. Biasanya bruntusan tidak menyebabkan kemerahan di kulit dan tidak mengakibatkan rasa sakit.

Penyebab kulit bruntusan sebenarnya sama dengan jerawat atau komedo, yaitu penyumbatan di pori-pori kulit oleh sel kulit mati, minyak, atau bakteri. Tapi, yang membedakan bruntusan dengan jerawat atau komedo adalah sumbatan pada pori-pori tidak langsung terekspos di permukaan kulit, sehingga bruntusan cenderung lebih sulit untuk dihilangkan dari pada jerawat maupun komedo. Kulit bruntusan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

 

Perubahan hormon

PENYEBAB KULIT BRUNTUSAN

Hormon pada wanita aktivitasnya dapat berubah-ubah menjelang menstruasi atau menjelang menopause. Peningkatan hormon androgen pada tubuh bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak. Minyak berlebih yang menumpuk di permukaan kulit akan bercampur debu dan sisa make up, lalu menyumbat pori-pori. Sebaiknya, saat kulit terasa lebih berminyak, usahakan rutin mencuci wajah dan bersihkan makeup secara menyeluruh, ya!

Penggunaan skincare atau kosmetik yang kurang tepat

Tidak semua skincare memberikan dampak yang sepenuhnya baik untuk kulit, lho! Penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid, paraben, alkohol, isopropyl isostearate, coconut oil, dan sodium lauryl sulfate (SLS) ternyata bisa jadi penyebab beruntusan. Bahan tersebut adalah bahan comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori di kulit kamu. Untuk menghindari beruntusan, gunakan produk skincare atau makeup yang non-comedogenic atau berbahan dasar air.

Konsumsi obat-obatan

Akhir-akhir ini sedang mengonsumsi obat-obatan? Bisa jadi obat-obat itu adalah penyebab bruntusan di kulitmu. Beberapa jenis kandungan pada obat, seperti litium dan kortikosteroid dapat menyebabkan bruntusan. Jika bruntusan yang muncul sudah terasa mengganggu, kamu bisa konsultasikan dengan dokter yang berkompeten.

Polusi

POLUSI

Sering terpapar polusi bisa jadi salah satu penyebab munculnya beruntusan. Debu yang ada di lingkungan dapat menyatu dengan sel kulit mati dan minyak di permukaan kulit, sehingga menyumbat pori-pori kamu. Untuk menghindari paparan polusi, ada baiknya kamu menggunakan masker jika harus beraktivitas di lingkungan berpolusi tinggi dan segera mencuci wajah setelah beraktivitas seharian.

Cara yang salah dalam membersihkan wajah

PENYEBAB KULIT BRUNTUSAN 1

Membersihkan wajah adalah cara terbaik untuk menghilangkan debu dan sisa makeup yang menempel di kulit. Tapi, cara membersihkan wajah yang kurang tepat adalah salah satu penyebab munculnya bruntusan juga. Menggosok wajah terlalu keras dan terlalu sering mencuci muka malah bisa menyebabkan timbulnya bruntusan, karena dua hal tersebut dapat mengganggu produksi kelenjar minyak di kulit kita. 

 

Nah, sekarang sudah tau kan penyebab bruntusan di kulit kamu? Selain menghindari hal-hal di atas, menjaga asupan makanan yang bergizi dan minum air yang cukup juga penting untuk kesehatan kulit kamu secara keseluruhan. Selamat mencoba!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment