Skincare Routine ala Prancis yang Super Simpel

Ingin mencoba skincare routine baru? Bosan dengan skincare routine dari Asia yang stepnya banyak? Mungkin kamu mau coba skincare routine dari Prancis yang lebih simpel.

Jujur saja, walaupun saya menyukai dan pemakai tetap produk-produk skincare Korea, sebenarnya saya kurang suka dengan skincare steps dari Korea yang jumlahnya 7 sampai 10. Rasanya terlalu banyak untuk wajah saya yang kombinasi ke arah berminyak ini. Sehingga, saya sendiri lebih berkiblat ke skincare routine dari Prancis yang lebih simpel tapi on point

Melihat wajah awet muda-nya Marion Cotillard dan Audrey Tautou, jadi penasaran, kan, seperti apa sih skincare routine dari negara yang populer dengan croissant-nya ini? Yuk intip langkah-langkah skincare cewek-cewek Prancis.  

Cleansing

Tahap cleansing sangat penting, dari skincare routine manapun di bagian dunia. Karena wajah kita pasti terkena debu, keringat, ataupun makeup yang kita pakai seharian, sehingga wajib untuk dibersihkan. Terlebih saat malam hari setelah kita beraktifitas dan akan tidur. Percaya atau tidak, selain untuk menghapus kotoran, menghindari jerawat dan kotoran yang menumpuk di wajah, proper cleansing dapat mencegah penuaan dini atau membuat kamu awet muda lebih lama, lho. 

AVENE CLEANANCE CLEANSING GEL

 

Baca juga: Skincare Routine: Kamu Team Minimalis atau Berlapis-lapis?

 

Untuk para perempuan di Prancis, mereka lebih suka cleanser yang moisturizing dan tidak membuat wajah mereka terlalu kering. Cleanser favorite cewek-cewek Prancis adalah micellar water dari Bioderma, dan saya sendiri swear by Claenance Cleansing Gel dari Avene. Keduanya memiliki kualitas yang bagus untuk membersihkan wajah secara maksimal tanpa terasa harsh di kulit dan membuat kulit kering. 

 

Baca juga: Ngobrol Tentang Kulit Bareng Aurélie Guyoux dari Bioderma

 

Toner

 Toner berfungsi sebagai refreshment dan juga purifying kulit mereka setelah mencuci wajah. Toner juga berfungsi untuk mengembalikan pH wajah setelah dicuci, dan mempersiapkan wajah untuk menerima produk skincare selanjutnya. Mengingat kesukaan perempuan di Prancis adalah skincare yang lembut dan nggak bikin kulit Kaukasia mereka makin kering, toner dengan alcohol-free lebih menjadi pilihan. 

CAUDALIE

 Toner yang menjadi favorite dan bisa kamu coba adalah spraying toner dari Caudalie Beauty Elixir, dan untuk yang membutuhkan toner yang berfungsi untuk purifying wajah, bisa mencoba Vinopure Clear Skin Purifying Toner, masih dari brand Caudalie. 

 

Baca juga: Mengenal “Placebo Effect” dalam Skincare

 

Serum

Daripada menumpuk sejumlah produk kecantikan seperti booster, lalu essence, dilanjutkan ampoule, dan masih banyak setumpuk produk lain, perempuan Prancis lebih sering langsung menggunakan serum. Serum memiliki bahan aktif yang langsung masuk dan bekerja di lapisan kulit yang dalam, sehingga dianggap lebih efektif, dan dapat membantu mereka memperbaiki masalah wajah yang mereka miliki.

LA ROCHE-POSAY HYALU B5 SERUM

Serum yang cukup terkenal adalah Hyalu B5 Serum dari La Roche-Posay yang mampu memberikan kelembapan lebih ke dalam kult, thanks to kandungan Hyaluronic acid yang mereka miliki.

 

Moisturizer

Tentu saja, rutinitas skincare mereka ditutup dengan moisturizer. Moisturizer berfungsi sebagai pemberi hidrasi ke kulit, juga sebagai barrier untuk menjaga agar kulit tidak kehilangan kelembapan yang sudah ada. Moisturizer yang mereka gunakan kebanyakan sangat rich, mengingat mereka memiliki musim dingin lebih panjang daripada musim panas. Sehingga mereka membutuhkan moisturizer yang benar-benar bisa membantu menjaga kelembapan wajah mereka.

EMBRYOLISSE LAIT CREME CONCENTRATE

 Walaupun moisturizer yang mereka gunakan lebih creamy dan thick, banyak produk Prancis yang mengeluarkan moisturizer dengan formula yang lebih ringan, terutama saat musim panas, sehingga tidak terasa berat di wajah. 

Kalau masih belum menemukan moisturizer yang oke, kamu bisa mencoba krim pelembap dari Embryolisse yang populer itu, atau Sebium Hydra Ultra-Moisturizing Compensating Cream dari Bioderma.

 Voila! Super simpel dan gampang banget, kan? Saya benar-benar mengandalkan skincare routine ini setiap malam. Tapi tetap saja, satu minggu tiga kali, saya melakukan eksfoliasi dan juga masker supaya wajah tetap terawat, dan acne gel kalau ada jerawat yang sedang mampir.

 

Namun, wajah orang kan berbeda-beda. Kalau kamu memang cocok dengan 10 step skincare routine ala Korea, tentu saja kamu boleh menggunakan skincare routine tersebut dan tidak perlu mengganti rutinitas kamu. Ingat satu rule di dunia kecantikan: You do your way.

 

Bagaimana? Tertarik mencoba skincare routine ala Prancis?