Kenalan dengan Charlotte Cho: Pendiri Beauty Platform Soko Glam!

Special Guest di Jakarta X Beauty 2019, Charlotte Cho, berbagi pengalaman mulai dari membangun bisnis hingga kehidupannya! Mau tau gimana? Baca artikel ini ya! 

K-beauty lovers pasti familiar dengan entepreneur, author, sekaligus esthetician asal New York yang satu ini, Charlotte Cho!  Bisa dibilang, Charlotte adalah salah satu pelopor yang mengenalkan K-beauty di AS, serta pendiri online beauty platform Soko Glam.  Hadir menjadi salah satu special guest di Jakarta X Beauty, Charlotte bersedia diwawancara oleh tim Female Daily. Mau tau bagaimana wawancaranya? Tetap simak artikel ini ya!

Charlotte-Cho-Soko-Glam-The-Lifestyle-Edit-17-1024x683

1. Kapan dan kenapa kamu membangun Soko Glam? Siapa yang jadi inspirasimu?

” Waktu itu, saya pindah ke korea untuk pekerjaan dan langsung jatuh cinta dengan Korea!  Nggak cuma karena negaranya, saya fell head over heels dengan skincare routine!  Saya belajar dari banyak dari kolega saya di Samsung, mereka banyak mengajarkan tentang beauty tips dan teknik-teknik yang perlu dicoba.  And not for long, skincare nggak cuma mengubah kulit saya, tapi hidup saya sepenuhnya!  Saya menemukan kepercayaan diri yang nggak saya miliki sebelumnya, membuat saya ingin bagikan ilmu ini ke teman-teman barat saya!  Di tahun 2012, setelah David (suami Charlotte) dan saya kembali ke New York, kami memutuskan untuk launch Soko Glam sebagai salah satu cara untuk mengkurasi produk K-beauty favorit saya, serta berbagi passion saya terhadap Korean Skincare kepada perempuan di AS!”

2. Menurutmu, apa yang menjadi tantangan dalam memperkenalkan K-beauty ke pasar di AS?

“Saat saya pertama kali launching Soko Glam, banyak yang meragukan.  Banyak yang bilang kalau produk K-beauty cuma disukai oleh sedikit orang, nggak familiar, dan nggak akan berhasil karena perempuan AS lebih tertarik dengan makeup.  Tapi ini malah membuat saya jadi semangat!  Saya ingin lakukan sesuatu yang ‘ZIG’ ketika orang lain mayoritas melakukan ‘ZAG’.  Saya fokus mengedukasi lingkungan sekitar saya dengan mulai mengedukasi serta memberikan tips-tips skincare melalui website The Klog.  Saya juga menulis buku berjudul The Little Book of Skincare. 7 tahun kemudian, K-beauty sudah setara dengan quality skincare di AS, bahkan industri skincare melaju lebih cepat dibandingkan dengan makeup! ”

store13. Berapa banyak merk yang bergabung denganmu sekarang, dibandingkan dengan saat baru mulai?

” Waktu kami memulai Soko Glam di tahun 2012, kami hanya memulai dari beberapa brand yang percaya dengan passion dan visi saya.  Saat ini, kami berhasil mengkurasi lebih dari 52 brand, dan  Soko Glam menjadi K-beauty e-commerce terbesar yang ada di AS!  Saya merasa bangga dengan kurasi yang kami lakukan, kami telah berhasil mengkurasi banyak merk Korea yang terkenal seperti Missha, Mamonde, Mediheal, Banila Co, hingga indie brands yang udah mulai jadi favorit banyak orang seperti Cosrx, Benton, Klairs, Some by Mi, dan lainnya.”

4. Saya dengar kamu membuat buku, apa isi bukunya?

“Saya menulis The Little Book of Skincare supaya supaya bisa membantu orang lain mengubah kebiasaan skincare mereka yang masih salah, sekaligus mulai menavigasi banyak orang ke K-beauty.  This book has been a great success! Buku ini juga telah diterjemahkan ke 6 bahasa yang berbeda, termasuk ke Bahasa Indonesia tahun ini. Saya sangat senang karena akhirnya komunitas Indonesia bisa belajar caranya merawat kulit yang sehat dan glowing dengan membaca buku ini.”

skincare1-1024x768

 

5. Bagaimana respon pasar AS ketika pertama kali dikenalkan dengan K-beauty?

“Walaupun 7 tahun lalu ketika kami baru meluncur banyak yang menolak, tapi K-beauty diterima dengan baik oleh orang barat setelah melewati masa-masa tersebut. Korean beauty sampai sekarang dikenal dengan ingredients, produk, maupun keseluruhan skincare yang berkualitas.  Secara garis besar K-beauty mengajarkan kita untuk merawat kulit dengan baik serta produk apa yang harus digunakan. Saya percaya edukasi semacam ini akan mendorong K-beauty menjadi lebih sukses!  Saya sekarang percaya kalo K-beauty nggak lagi bersifat niche ataupun hanya sekedar sebuah ‘trend‘, tapi K-beauty akan selalu ada dan banyak mempengaruhi pengetahuan perempuan maupun laki-laki mengenai kulit!”

6. Apa beauty-motto mu?

“Beauty maupun skincare adalah perjalanan yang sifatnya sangat personal.  Karena Soko Glam selama ini telah dipercaya untuk membantu pengalamanmu dalam menggunakan skincare, kami percaya jika dibekali dengan pengetahuan dan produk yang benar, semua orang bisa menjadi skin expert.  Selain itu, kami juga punya misi agar setiap orang percaya bahwa hanya akan ada good skin days ahead of them!

7. Agar kehidupanmu tetap balance, bagaimana caranya kamu memanage waktu?

“Belajar untuk berkata ‘tidak’ itu penting kalau kamu ingin hidup balance.  Saya mengaku hal ini adalah sesuatu yang harus saya pelajari.  Rasa excited saya terhadap pertumbuhan K-beauty mendorong saya untuk selalu “GO”, tanpa belajar bagaimana caranya menolak.  Saya punya kebiasaan untuk ingin experience banyak hal dan selalu mencoba keluar dari comfort zone.

little-book-skincare-charlotte-cho-3

8. Apa saranmu untuk para beauty enthusiast dan entepreneurs yang akan datang?

“Apapun bisnis dan project yang kamu jalani, kamu harus punya passion dan kemauan dari hati.  Kalau dari awal kamu sekedar ingin jadi terkenal atau punya banyak uang, kamu nggak akan bisa pergi jauh.  Saya juga menyarankan untuk tinggal di luar negeri selama minimal setahun.  Ketika kamu keluar dari comfort zone dan mencoba mengalami apa yang orang lain alami, perspektif dan pandanganmu yang baru akan banyak terbuka! ”

9. Langkah apa saja yang kamu lakukan, sehingga Soko Glam bisa jadi sebesar sekarang?

” Jadilah passionate dan kelilingilah dirimu dengan tim yang memiliki passion yang sama!  Kami nggak hanya passionate terhadap merek yang kami kurasi, tapi kami passionate terhadap komitmen kepada komunitas kami!  Tanpa komunitas kami, Soko Glam nggak akan jadi sebesar  sekarang. ”

Charlotte Cho akan ada di Jakarta X Beauty, membawakan talkshow tentang Beautypreneurs, 10 Steps Korean Skincare, bahkan akan sharing juga tentang perjalanannya membangun Soko Glam!  Pssst.. that’s not all!  Nanti juga akan ada event book signing nya lho! Jadi buat kalian yang udah ngiler sama bukunya Charlotte Cho, kalian bisa beli di JxB nanti!

Gimana? Nggak sabar kan ketemu Lady Boss yang satu ini? See you at JxB 2019!