banner-detik

skin care

Bersihin Wajah Pakai Face Wipes, Yay or Nay?

seo-img-article

Seringnya, setelah seharian penuh beraktivitas di luar rumah, insting pertama saya saat sampai rumah adalah rebahan dan santai-santai di tempat tidur. Kalau sudah begini, rasanya malas banget beranjak dan pergi ke wastafel atau bathroom untuk bersihkan wajah.

Walau saya bukan pemakai makeup lengkap kalau keluar rumah, tetap saja hal ini bukan alasan untuk malas bersihkan muka! Apalagi kalau mikirin hasil yang akan tercipta dari interaksi antara kulit saya yang termasuk acne-prone dengan polusi kota yang jauh dari sedikit, a.k.a jerawat.

Kalau sudah begitu, biasanya saya milih face wipes untuk bersihin muka. Ya kanFace wipes bisa ngangkat minyak dan kotoran yang nempel di wajah tanpa perlu susah-susah basahin wajah atau bersihin wajah dengan milk cleanser. Selain itu, banyak face wipes yang sudah mencantumkan ingredient yang memberi perawatan ekstra pada kulit wajah, jadi kulit saya tetap terjaga kesegarannya.

Dari coba sekali-sekali, saya sempat keterusan pakai face wipes untuk bersihin wajah. Hasilnya? Jerawat mulai tumbuh di wajah. Fyi, saya pakai face wipes 3 sampai 4 kali dalam seminggu sebelum istirahat malam. Hmm.. Apakah face wipes yang mengakibatkan hal ini? Well, selidik demi selidik, meskipun face wipes amat praktis dan membantu dalam kasus emergency, seperti habis olahraga, camping, atau traveling, produk ini ternyata kurang cocok untuk digunakan sebagai pembersih wajah rutin. Ini dia alasannya!

Face wipes nggak maksimal angkat kotoran di wajah

Face wipes bisa bantu mengangkat kotoran dan minyak di wajah, namun kekuatannya tidak maksimal karena tidak ada air untuk mengangkat kotoran dan minyak tersebut. Sedangkan menyeka wajah dengan air adalah langkah krusial dalam membersihkan wajah. Kebayang kan kalau pakai face wipes secara rutin? Kulit ditumpuk makeup baru tiap pagi, sedangkan kotoran dan minyak sisa semalam masih menempel. Hal ini lama-lama akan buat pori-pori tersumbat, dan menciptakan jerawat.

 

Baca juga: Pentingnya Punya Cleanser Lebih Dari Satu

 

Bahan melembapkan dari face wipes justru bisa memudahkan kotoran menempel di wajah

Selain itu, perhatikan sensasi yang ditinggalkan oleh face wipes setelah penggunaan. Face wipes dengan kandungan bahan-bahan melembapkan yang meninggalkan sensasi lengket atau seperti melapisi kulit akan memudahkan kuman atau kotoran di udara untuk menempel di wajah, apalagi bila ditinggal tidur semalaman.

 

Baca juga: Wednesday Wishlist: Belif Aqua Bomb Jelly Cleanser

 

Kandungan dalam face wipes nggak selalu cocok dikenakan secara rutin di wajah 

FYI, face wipes cenderung mengandung banyak preservatif, yang juga gak ideal digunakan secara rutin karena bisa mengiritasi atau memancing reaksi alergi di kulit wajah. Beberapa kandungan dalam face wipes yang perlu diperhatikan adalah cocamidopropyl betaine yang bisa mengiritasi kulit, iodopropynyl butylcarbamate, yang berbahaya bila terhirup dan 2-bromo-2-nitropane-1,3-diol yang bisa menghasilkan formaldehyde, kandungan kimiawi yang terkenal memancing alergi pada kulit.

Kandungan preservatif yang aman adalah phenoxyethanol, sedangkan kandungan aloe vera, glycerine dan panthenol juga bisa dipertimbangkan karena efeknya menenangkan dan melembapkan kulit. Selain itu, tips lain adalah pilih face wipes dengan daftar ingredient yang pendek karena artinya lebih sedikit memasukkan chemical irritant, alkohol dan preservatif.

 

Baca juga: Pakai Makeup Wipes Setiap Hari Berbahaya

 

Perhatikan jenis kulit! 

Seperti produk skincare lainnya, face wipes juga cocok-cocokan. Kulit kering dan sensitif cenderung lebih mudah iritasi saat rutin berinteraksi dengan face wipes, karena face wipes lebih abrasive di kulit dibandingkan dengan pembersih yang dituang di kapas. Sedangkan kulit berminyak kemungkinan lebih nyaman menggunakan face wipes.

 

In the end, belum ada yang mengalahkan face cleanser untuk membersihkan wajah di malam hari. Saya terkadang tetap pakai face wipes untuk mengangkat makeup, tapi saya kombinasikan sebagai first step teknik double cleansing dan tetap pakai face cleanser dan air untuk step kedua. Selamat mencoba!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment