Ini Cara Merawat Rambut Bercabang dengan Mudah!

Rambut bercabang, terasa kering dan tampak kusam, pasti bikin kamu nggak pede! Bagaimana ya caranya untuk mengatasi rambut yang bercabang?

Rambut adalah mahkota yang perlu kita rawat agar tetap indah dan sehat. Tapi, merawat dan memperindah rambut ternyata nggak mudah. Kalau salah, yang tadinya berniat mau memperindah rambut, malah jadi merusaknya.

Perawatan rambut yang menggunakan panas atau bahan kimia seperti mengeringkan rambut dengan hair dryer, mencatok, mengeriting, dan mewarnai rambut dengan bahan kimia bisa bikin rambut bercabang pada bagian ujungnya dan terasa sangat kering. Hal ini terjadi karena bahan kimia dan suhu tinggi bisa merusak lapisan terluar rambut sehingga rambut lebih tipis dan rapuh. Selain itu, menyisir rambut atau keramas terlalu sering juga bisa mengakibatkan rambut kering, lho! Rambut yang kering tentunya akan terlihat lebih kusam dan lama kelamaan bisa bercabang. 

RAMBUT BERCABANG - 2 - 642

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi rambut bercabang tentunya dengan memotong bagian ujung rambut atau trim. Namun, ada juga beberapa cara lain yang wajib dicoba supaya setelah memotong rambut, misalnya:

Menghindari bahan kimia

Bahan kimia yang digunakan pada saat bleaching dan cat rambut bisa membuat rambut menjadi kering. Proses pewarnaan dan bleaching dapat membuka lapisan kutikula pada rambut sehingga rambut cenderung akan lebih rapuh dan lebih mudah kusut dari sebelumnya. Sebaiknya, hindari bahan kimia yang bersifat keras untuk rambut dan lebih rajin dalam menutrisi rambut yang diwarnai dengan vitamin rambut.

Menghindari penggunaan panas

Memanaskan rambut untuk mencatok atau mengeringkan tentu bisa memperburuk kondisi rambut yang sedang rusak. Usahakan untuk mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan saja atau apabila terpaksa untuk menggunakan hair dryer, gunakan suhu paling rendah dan pastikan jarak rambut dengan hair dyer tidak terlalu dekat. Untuk menghindari rambut kering karena terlalu sering mencatok, coba gunakan serum khusus yang dapat melindungi rambut dari suhu panas, ya!

Tidak menyisir rambut terlalu sering

Menyisir rambut 100 kali sehari bukan cara yang tepat untuk merawat rambut. Menyisir memang dapat mengatasi rambut yang nggak rapi dan dapat menyalurkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala ke seluruh bagian rambut, namun apabila terlalu sering disisir, sebaliknya keadaan rambut malah akan semakin kering. Gesekan antara sisir dengan helaian rambut dapat merusak kutikula rambut. Disarankan menyisir rambut secukupnya saja dan gunakan sisir yang bergigi lebar. 

Mengatur waktu keramas

Keramas dapat menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di kulit kepala dan rambut. Namun, keramas yang terlalu sering akan menghilangkan juga minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala, sehingga rambut akan terlihat kering dan bercabang. Selang waktu keramas yang baik untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi kulit kepala. Sebaiknya, perhitungkan waktu yang tepat agar kulit kepalamu punya waktu yang cukup untuk memproduksi minyak.

Menggunakan conditioner

Conditioner adalah salah satu senjata ampuh untuk menghilangkan rambut bercabang karena bisa mengembalikan kelembaban rambut setelah keramas. Selain menggunakan conditoner setelah keramas, kamu juga bisa pakai produk leave-in conditioner saat rambut kamu terasa kering. Cara lain melembabkan rambut yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti coconut oil. Oleskan coconut oil ke seluruh bagian rambut, kemudian diamkan 10-20 menit, lalu bilas rambut dengan keramas seperti biasa. Treatment ini akan maksimal jika rutin dilakukan 1-2 minggu.

Nah, itu semua tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut bercabang. Selamat mencoba!