Tips Pakai Eyeshadow Yang Susah Dibaur

Eyeshadow warna gelap, seringkali susah di-blend. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk mengatasinya kok!

Pernah nggak sih, menemui eyeshadow yang susah di-blend? Saya sering. Terutama untuk eyeshadow dengan warna-warna gelap yang super pekat dan yang pigmentasi-nya bagus, seperti warna hitam atau coklat tua. Bahkan nggak jarang eyeshadow mahal pun seringkali punya kekurangan ini, khusus di warna-warna gelapnya.

Eits…jangan buru-buru buang produknya ya. Karena sebenernya ada trik ampuh untuk mengatasi eyeshadow yang susah dibaur ini. Ikuti langkah-langkah di bawah ini ya:

eyeshadow susah diblend (1)

1. Set Eyeshadow Base Dengan Menggunakan Translucent Powder

Sebelum memakai eyeshadow, biasanya kita pakai eyeshadow base terlebih dahulu. Dan eyeshadow base ini, biasanya bertekstur creamy atau liquid, dan sedikit lengket. Lengketnya eyeshadow base ini nih kadang malah bikin warna eyeshadow “nyantol” dan susah dibaurkan. Jadi sebaiknya, setelah mengoleskan eyeshadow base, set dengan powder yang translucent atau sewarna kulit, tipis-tipis saja. Powder yang digunakan bisa eyeshadow dengan warna nude yang menyerupai warna kulit kita, atau pakai setting powder juga bisa. Kalau sudah di-set dengan powder, eyeshadow yang akan kita aplikasikan setelahnya bisa lebih mudah dibaurkan!

 

2. Pakai Warna Transisi

Warna transisi adalah eyeshadow yang diletakkan di sepanjang eye crease area, sebagai pembatas antara lid dengan brow bone. Warna transisi ini biasanya sih warna matte, neutral, dan bisa menjadi perantara antara warna eyeshadow utama yang kita pakai dengan warna kulit asli, sehingga eyeshadow yang kita pakai bisa terlihat lebih rapi dan perbatasan warnanya lebih nge-blend. Jadi ya, warna transisi menurut saya sih wajib dipakai, terutama kalau kita mau pakai eyeshadow dengan warna-warna yang bold atau gelap.

eyeshadow susah diblend (2)

3. Aplikasikan Sedikit Demi Sedikit

Pilih brush yang densitasnya rendah untuk pick-up produk, dan selalu ketuk-ketukan brush setelah kita mengambil produk. Gunanya agar warna yang kita ambil nggak terlalu banyak. Karena semakin banyak produk dalam sekali aplikasi, semakin pekat warna yang dihasilkan dan semakin sulit untuk dibaurkan. Jadi lebih baik aplikasikan produk sedikit demi sedikit, agar lebih mudah membaurkannya. Bila dirasa kurang, bisa ditambah lagi sampai mencapai pigmentasi yang diinginkan.

Waktu mengaplikasikan, saran saya sih, lakukan gerakan circular motion kecil di area perbatasan warna. Jadi begitu warna diletakkan, langsung dibaurkan sedikit. Ini akan sangat membantu, karena eyeshadow akan lebih mudah dibaur ketika baru saja diletakkan. Kalau harus menunggu dulu, keburu dia nge-set. Cara ini saya dapat dari youtube chanel Nikkie Tutorial.

 

4. Pilih Blending Brush Yang Padat

Kalau sudah selesai meletakkan warna di tempat yang kita inginkan di kelopak mata, langkah selanjutnya adalah membaurkan perbatasan warnanya, agar eye makeup look-nya lebih terlihat menyatu. Nah, untuk membaurkan ini, pilih eyeshadow blending brush yang bulunya padat. Brush yang padat akan memberikan tekanan yang lebih besar ketika kita membaurkan eyeshadow, sehingga eyeshadow lebih mudah terbaur.

 

Semoga tips ini membantu ya ;).