Aromatica Brand Korea Ramah Lingkungan

Mendengar nama brand Aromatica, saya langsung ingat dengan sertifikasi vegan pada produknya alias nggak menggunakan bahan dengan turunan hewani. Ternyata nggak sampai di situ, brand asal Korea Selatan ini serius banget lho dalam pemilihan bahan yang aman untuk kesehatan dan juga lingkungan.

Aromatica Female Daily

Sudah hampir sebulan saya menggunakan toner Aromatica LIVELY SuperBarrier™ Hyaluronic Acid Toner  dan nggak mengecewakan sampai sekarang. Brand beauty & personal care ini didirikan oleh Jerry Kim, seorang karyawan perusahaan keuangan yang mengikuti passion-nya pergi ke Australia untuk belajar tentang aromatherapy. Berawal dari permasalahan kulit yang dideritanya sejak kecil, Jerry ingin membuat produk personal care yang aman dan efektif untuk keluarganya. Namun, hal ini berkembang pesat sejak pertama kali Aromatica berdiri tahun 2004 hingga saat ini.

Aromatica Female Daily

Melihat perjalanannya, Aromatica memiliki fokus pada clean formula dan berkontribusi untuk lingkungan jadi nggak heran kalau brand ini mendapatkan banyak sertifikasi dari organisasi non-profit seperti Environment Working Group (EWG) dan ECOCERT. Pada tahun 2011 pernah dipilih sebagai ‘Safe Cosmetic Champion’ oleh EWG, dan memperoleh sertifikasi ‘Organic Cosmetic Production Facility’dari ECOCERT pada tahun 2012, lalu pada tahun 2015 memperoleh label sertifikasi EWG VerifiedTM.

Hal ini menjadikanAromatica sebagai gold standard produk natural dan organik di Korea. Berikut ini highlights lainnya yang bisa kita intip dari perjalanan Aromatica terutama penerapan ramah lingkungan dalam produk-produknya.

Aromatica Female Daily

2004-2007

Sejak peluncuran perdananya, Aromatica menggunakan standar bebas mineral oil dan silicon-free. Uniknya lagi, menjadi brand pertama yang meluncurkan produk shampoo silicon-free, sulfate-free, dan mengganti pengawet buatan dengan ekstrak herbal.

2007-2010

Meluncurkan pembersih wajah tanpa microbeads, mengganti tas plastik dengan recyclable paper bags, meluncurkan produk tabir surya tanpa Oxybenzone dan Octinoxate

2013-2014

Melakukan pengembangan produk menggunakan biodegradable formula, recycle packing material, dan meluncurkan produk tabir surya dalam format suncream yang bebas silikon.

Aromatica Female Daily

2016-2018

Mengganti bantalan plastik atau bubble wrap dengan bahan kertas, tidak menggunakan plastik pembungkus pada produk, dan menggunakan recyclable paper tapes untuk menggatikan selotip plastik.

2019

Pindah ke smart factory yang dapat mengurangi penggunaan energi sampai 90% dengan menggunakan energi dari proses manufaktur.

Wow! Saya amazed dengan komitmen Aromatica menjadi pioneer pada industri clean beauty dan ramah lingkungan di Korea. Nah, perkembangan brand ini di Indonesia baru diketahui sebagaian orang saja, underrated apabila disandingkan dengan brand besar asal Korea yang telah memiliki representatif di Indonesia.

Aromatica Female Daily

Tapi kalau penasaran, kamu bisa kepoin review produk Aromatica yang nggak hanya punya produk skincare, tapi juga ada shampoo, conditioner, hand cream, bahkan produk untuk bayi. Salah satunya yang terkenal Aloe Vera Gel yang dapat menenangkan kulit setelah lama berada di bawah matahari dan polusi. Produk-produk Aromatica bisa jadi pilihan untuk kamu yang mencari produk bebas pewangi buatan, pengawet buatan, vegan, dan cruelty-free!

Sudah pernah coba produk dari Aromatica? Jangan lupa tulis review-nya di FD beauty review ya!