Tips Merawat Kulit Untuk yang Suka ke Gym

Semua pasti tahu, bahwa berolahraga bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik kita. Tapi bagaimana dengan kulit? Apakah berolahraga memperburuknya?

Kalau kamu suka pergi ke gym, kamu harus tahu satu fakta: sekeliling kamu itu penuh bakteri.  Gimana nggak? Ada sekelompok orang berkeringat berbagi peralatan yang sama (dari dumbbell, shower, hingga loker), sehingga berpotensi menyebarkan bakteri. Setelah memegang itu semua, di saat yang nggak terhindarkan kamu menyentuh wajah, yang memaparkan kuman dan bakteri ke tubuhmu . Saya nggak mengatakan pergi ke gym akan mengancam kulit dan meminta kamu untuk menghindarinya. Akan tetapi penting buat kamu untuk tahu tips merawat kulit untuk yang suka ke gym berikut ini.

1. Kalau bisa, nggak perlu pakai makeup

Para ahli menyarankan agar wajah bersih dan bebas makeup ketika berolahraga. Saat tubuh kamu memanas selama latihan, pori-pori terbuka dan “Kamu tidak nggak mau makeup itu kembali masuk ke pori-pori,” ujar Dr. Manish Shah, seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Denver, mengatakan kepada HuffPost.

Ketika sedang berolahraga, kulit seharusnya bisa bernafas. Untuk mempersingkat waktu kamu bisa menghapus makeup dengan micellar water sebelum latihan.

Oke, memang ada sebagian orang yang nggak nyaman keluar rumah dengan bare face. Oleh sebab itu, Dr. Manish menyarankan untuk menggunakan makeup yang nggak berpotensi menyumbat pori-pori. Gampangnya, carilah makeup dengan label “non comedogenic“. Atau coba tinted moisturizer atau sunscreen untuk memberi Anda sedikit coverage tapi nggak terlalu heavy.

2. Jauhkan rambut dari wajah

Kalau kamu punya rambut panjang — ini berlaku buat laki-laki dan perempuan ya — kuncirlah rambut saat kamu olahraga. Ini membantu mencegah minyak (dari produk rambut yang kamu gunakan hari itu) tersebut menyumbat di pori-pori wajah, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Kamu juga perlu waspada dengan headband atau sweatband. Fungsi mereka bisa baik dan juga buruk. Baiknya, mereka menjaga minyak, sisa makeup dan keringat yang mengalir terkena ke mata kamu. Tetapi, ia juga bisa menjebak keringat di dahi yang bisa memicu jerawat. Oleh sebab itu, pastikan kamu nggak lupa mencuci muka dan rutin menjaga kebersihan ikat rambut serta headband setelah dipakai berolahraga.

 

3. Bawa beberapa toner pad di tas olahraga kamu

Cane + Austin Retexture Pad

Cane + Austin Retexture Pa

Cara lain untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih adalah dengan menggunakan toning pad, yakni kapas yang sudah dibasahi dengan produk yang mengandung bahan aktif seperti salicylic acid atau glycolic acid.

Salicylic acid pad akan membantu kamu yang memiliki kulit berminyak karena ia bekerja sangat baik untuk menahan produktivitas minyak. Namun, salicylic acid dan glycolic acid merupakan kombinasi yang sempurna untuk membantu menghilangkan lapisan keringat bersama sisa makeup setelah olahraga.

Usapkan toner pad ini juga di bagian leher (depan dan belakang) serta dada (jangan lupa di sela-sela payudara, sebagai “sarang”nya keringat).

Satu hal yang perlu diingat kalau kamu memiliki kulit super sensitif adalah untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter kulit apakah kandungan eksfoliasi yang tepat untuk kulit kamu.

4. Jangan menyentuh wajahmu!

Sudah saya ingatkan di atas, kalau gym penuh dengan kuman dan keringat orang lain, yang seharusnya cukup untuk meyakinkan kamu untuk nggak menyentuh wajah saat berada di gym. Tip ini juga penting bagi siapa saja yang bekerja dengan berbagai peralatan yang juga digunakan orang lain, karena kamu tentunya nggak ingin menyebarkan bakteri ke kulit, kan?

Ada waktunya menyentuh wajah, yakni ketika sudah berada di ruang ganti (setelah cuci tangan tentunya) dan saat membersihkan tubuh serta wajah.

 

5. Pilih handuk olahraga yang tepat

Handuk olahraga

Ya, ada yang namanya handuk olahraga yang tepat. Banyak pusat kebugaran menyediakan handuk untuk digunakan oleh para member-nya. Akan tetapi membawa handuk kamu sendiri adalah keputusan tepat. Karena kamu dapat memastikan kapan handuk tersebut dibersihkan. Lagipula, kamu nggak bisa memastikan apakah deterjen yang digunakan gym bisa mengundang reaksi alergi di kulit kamu, kan?

Persoalan berikutnya adalah soal daya serap. Untuk olahraga, kamu nggak perlu handuk yang super mewah dan tebal. Saran saya, pilihan handuk terbaik untuk olahraga adalah yang memiliki ketebalan sedang dan nggak memiliki banyak serat di dalamnya. Karena semakin besar dan tebal justru membuat bakteri bertahan, walaupun telah melalui masa pencucian.

6. Pastikan selalu cuci muka setelah latihan

cuci muka setelah olahraga

Pakai makeup atau nggak, ini merupakan hal yang wajib kamu lakukan setelah berolahraga.

Mengapa? Karena penting membersihkan kulit dengan lembut setelah latihan untuk menghilangkan bakteri dan residu keringat yang menumpuk selama latihan. Hal ini juga membantu untuk mendinginkan kulit (untuk mencegah pecahnya pembuluh darah) serta mengembalikan suhu kulit ke ambang normal lebih cepat.

Bahkan percikan air dingin setelah latihan juga berpengaruh, lho. Coba gunakan  pembersih lembut seperti Cetaphil untuk membersihkan keringat, mengangkat minyak, dan bakteri tanpa mengiritasi kulit. Setelahnya kamu bisa melanjutkannya dengan pelembab wajah dan kembali mengaplikasikan makeup.

 

Sekarang setelah dibekali dengan tips merawat kulit untuk yang suka ke gym tadi, kini saatnya kamu bakar kalori. Semangat!