Berat Badan Naik Setelah Olahraga? Yuk, Cari Tahu Sebabnya!

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila turunnya berat badan menjadi tujuan banyak orang berolahraga. Ya, olahraga memang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya membuat diri kian sehat dengan meningkatkan daya tahan tubuh, namun olahraga juga dipercaya dapat membakar sejumlah kalori per sesinya dan akhirnya membuat berat badan menurun dan bentuk tubuh kian ideal. 

Namun, bagaimana bila setelah kian lama berolahraga, bukannya berat badan menurun, namun malah menjadi meningkat? Jangan panik dulu! Karena ternyata ada beberapa alasan yang menyebabkan naiknya berat badan setelah berolahraga. Yuk, cek alasannya di sini!

Baca juga: Pengaruh Olahraga Untuk Area Kewanitaan

1. Asupan yang lebih banyak setelah berolahraga

berat badan naik

Setelah energi terkuras usai berolahraga, banyak dari kita yang melampiaskan rasa lelah dan lapar dengan cara mengonsumsi asupan lebih banyak. Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja, namun yang tak disadari adalah jumlah asupan yang dikonsumsi ternyata lebih banyak daripada yang dibakar saat olahraga.

Padahal untuk menurunkan berat badan, dibutuhkan defisit kalori yang berarti berkurangnya jumlah kalori harian dari limitasi jumlah panganan yang dikonsumsi maupun dari pembakaran kalori dengan aktivitas fisik. Jadi, ada baiknya untuk nggak kalap makan setelah olahraga, ya!

2. Massa otot bertambah

berat badan naik

Meski terjadi pembakaran kalori saat berolahraga, namun penurunan berat badan tak selalu menjadi jaminan. Pasalnya, setelah berolahraga dengan intensitas tertentu, massa ototmu akan mengalami peningkatan. Dan dikarenakan massa otot yang lebih berat daripada lemak, maka berat badanmu akan naik meski lemak pada tubuh berkurang.

Namun tak perlu panik, bila timbangan menunjukan peningkatan karena berat dari massa otot berbeda dari berat lemak. Meski terjadi peningkatan berat badan, tubuhmu akan terlihat jauh lebih lean dan toned bila naiknya berat badan berasal dari massa otot. 

Baca juga: Olahraga Berlebih Bisa Bikin Penuaan Dini!

 

3. Olahraga tidak rutin

berat badan naik

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat sehingga melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Namun, apabila olahraga tersebut tak dilakukan secara rutin, otot pada tubuh tak sempat mengalami pembentukan yang cukup. Pada akhirnya lemak akan timbul kembali dan mengakibatkan berat badan naik meski kamu merasa telah berolahraga.

4. Hormon tidak seimbang

berat badan naik

Beberapa orang memiliki kondisi berbeda dimana ketidakseimbangan hormon menimbulkan perlambatan pada metabolisme tubuh. Sehingga saat berat badan tak kunjung mengalami penurunan meski telah berolahraga. Bila kamu mencurigai hormon merupakan penghambat turunnya berat badanmu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terkait ya!

Baca juga: Alasan Stop Liat Timbangan Saat Diet & Olahraga

5.  Memasuki fase plateau

thumb-1920-607636

Fase plateau adalah masa dimana tubuh sudah sangat beradaptasi pada porsi olahraga serta diet yang dijalankan. Bila tadinya tubuh merespon diet dan olahraga dengan baik dan mengalami penurunan berat badan secara berkala, maka pada fase plateau pola diet dan porsi olahraga yang sama berhenti menghasilkan hasil yang sama. Bila hal tersebut terjadi, maka tandanya tubuhmu butuh porsi latihan atau diet yang baru agar badanmu kembali mengalami tantangan.

Jadi, sudah tahu kan kenapa tubuhmu tak kunjung mengalami penurunan berat badan meski sudah rutin berolahraga?