Pengalaman Mencoba Hydrogel Mask Pertama Kali

Sheet mask dengan bahan hydrogel, diklaim lebih bagus daripada sheet mask dengan bahan fiber/ cotton. Apakah benar?

Katanya, hydrogel mask adalah bahan sheet mask yang telah “disempurnakan”. Hydrogel mask terbuat dari bahan seperti gel padat. Bila ditempelkan di wajah, ada rasa dingin yang nyaman di kulit. Dan nggak kayak tisu sheet mask yang bahannya fiber atau cotton, hydrogel mask ini mampu menahan cairan essence lebih banyak dan lama, sehingga penyerapan nutrisi ke kulit bisa lebih maksimal. Karena klaimnya memang lebih bagus dari sheet mask berbahan cotton yang biasanya, jadi nggak heran kalau hydrogel sheet mask biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal untuk per buahnya.

Baca juga: Mengenal Tiga Bahan Sheet Mask yang Berbeda

hydrogel mask (2)

Saya sendiri beberapa kali mencoba hydrogel mask dari beberapa merek kosmetik. Tapi yang saat ini saya punya adalah dari Mediheal. Saya punya dua tipe sheet mask dari Mediheal, sheet mask klasik yang tisunya terbuat dari cotton, dan keluaran terbaru mereka yang terbuat dari hydrogel. Jadi saya bisa membandingkan dua masker dari merek yang sama, dan dengan essence yang sama, namun bahan tisunya berbeda.

Setelah membandingkannya, pendapat saya mengenai hydrogel mask ini adalah:

1. Terasa dingin dan nyaman di kulit wajah

Memang benar klaim bahwa hydrogel mask terasa lebih adem saat ditempelkan di wajah. Rasanya nyaman banget saat memakai hydrogel mask, dan bikin ketagihan untuk selalu pakai lagi dan lagi. Masker ini juga menempel sempurna di wajah, dan nggak gampang lepas atau bergeser. Bahkan saya pernah mencoba memakai hydrogel mask ini sambil duduk di depan laptop dan menulis artikel, tapi maskernya masih menempel sempurna, nggak jatuh.

Baca juga: Sheet Mask Green Tea dan Tea Tree untuk Kulit Oily dan Berjerawat

2. Pakainya ribet namun bentuknya rapi

Hydrogel mask biasanya dikemas dalam lapisan plastik lagi. Jadi setelah kemasan dibuka, akan nampak lembaran hydrogel mask, dengan tempelan plastik mika/ film di masing-masing sisinya. Guna lapisan film tersebut adalah untuk menahan essence agar tetap menempel pada hydrogel mask sebelum digunakan. Tapi ya, jadi ribet dan messy pakainya, karena kita harus membuka lembaran-lembaran lapisan yang sudah basah oleh essence dan sedikit lengket itu.

hydrogel mask (5)

hydrogel mask (8)

Banyak artikel menyebutkan bahwa bahan hydrogel adalah bahan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan cotton sheet mask. Tapi mengingat pengemasannya harus di-seal dengan lapisan film lagi pada dua sisinya, menurut saya nggak bisa dibilang lebih ramah lingkungan juga sih.

Lalu keribetan kedua adalah hydrogel mask kebanyakan nggak berbentuk satu lembar masker untuk seluruh wajah, tapi dibagi dua, untuk area wajah bagian atas dan bagian bawah. Menurut saya, ini sedikit merepotkan sih. Saya harus melepas lembaran film dari dua lembaran hydrogel yang berbeda, untuk sekali pemakaian.

Walaupun setelah keribetan-keribetan tersebut, masker hydrogel ini mudah sekali terpasang dengan rapi. Nggak berkerut-kerut seperti kalau kita pakai sheet mask dengan bahan yang terbuat dari cotton, dan rasanya di kulit juga lebih nyaman.

 hydrogel mask (10) - Copy

3. Tidak selembap sheet mask biasa

Nah, ini yang paling penting! Saya nggak tahu, apakah saya yang belum menguasai cara memakainya, atau memang nggak cocok, tapi saya merasa hydrogel mask ini kurang melembapkan kulit bila dibandingkan dengan cotton sheet mask biasa. Padahal klaimnya, hydrogel sheet mask ini mampu menahan cairan essence sebanyak 99%, sehingga memaksimalkan penyerapa ke kulit wajah.

Saya biasa memakai sheet mask di malam hari, kalau pas jadwalnya. Saya pakai di slot setelah serum, dan sebelum cream. Saya menggunakan produk-produk untuk skincare rutin dan urutan yang sama persih ketika menggunakan cotton sheet mask maupun menggunakan hydrogel sheet mask. Namun yang saya rasakan, di pagi hari, kulit saya lebih terlihat glowing dan lembap ketika sama memakai cotton sheet mask biasa. Atau mungkin hydrogel mask dari merk lain bisa lebih lembap dari Mediheal ini?

 Baca juga: Cara Pakai Sheet Mask yang Benar

 

Kesimpulannya, saya sih lebih memilih memakai sheet mask dari fiber/ cotton yang biasa kita temui pada berbagai macam merek sheet mask yang ada di pasaran. Walau hydrogel mask lebih rapi saat digunakan dan terasa sangat nyaman ketika bersentukan dengan kulit wajah, namun saya merasa cotton sheet mask bekerja dengan lebih baik dalam melembapkan kulit kering saya. Dan lagi, hydrogel sheet mask ini harganya bisa dua kali lipat lebih mahal daripada cotton sheet mask biasa dari merek yang sama.

Ada yang punya pengalaman serupa?  yuk ceritanya!