banner-detik

bath n body

Mengatasi Prurigo Si Darah Manis

seo-img-article

Pernah dengar istilah darah manis? Ya, kondisi kulit yang diindikasikan dengan rasa gatal pada bagian tubuh tertentu hingga kerap meninggalkan bekas ini dikenal pula sebagai “prurigo” dalam istilah medisnya.

Dilansir dari British Association of dermatologist,  prurigo merupakan kondisi dimana rasa gatal pada kulit menimbulkan bekas setelah digaruk dengan intensitas tertentu. Rasa gatal biasanya diikuti dengan bintil yang akan hilang seiring dengan kebiasaan menggaruk yang berkurang. 

Penyebab prurigo berbeda-beda bagi banyak orang. Pada banyak kasus, gigitan serangga, stres, kondisi kulit atopic (rentan dengan alergi), dan kondisi medis lainnya, jadi pemicu dari prurigo. Lengan dan kaki biasanya jadi bagian tubuh yang paling sering terpapar. Kamu yang memiliki prurigo, pastinya tahu betapa menjengkelkan rasa gatal serta bekas luka yang ditinggalkan. Namun, kamu bisa coba kiat ini untuk menanggulangi rasa gatal serta bekas lukanya.

1. Selalu jaga kulit dalam kondisi lembab

prurigo

Orang yang memiliki prurigo cenderung memiliki kulit yang kering. Untuk itu, menjaga kondisi kulit agar selalu dalam keadaan lembab penting dilakukan untuk meminimalisir rasa gatal yang cenderung kambuhan pada penderita prurigo.

2. Konsumsi banyak buah dan sayur

prurigo

Beberapa buah dan sayur punya khasiat untuk menangkal alergi, seperti labu, sawi, brokoli, kale, dan masih banyak lagi. Selain baik untuk pencegahan alergi, konsumsi buah dan sayur dengan kandungan betakaroten dapat membantu untuk meregenerasi kulit dari dalam dan secara perlahan memudarkan hiperpigmentasi dari bekas luka prurigo.

3. Scrub tubuh secara berkala

prurigo

Meski pada dasarnya kulit dapat meregenerasi diri untuk menampilkan sel kulit baru, kita dapat mempercepat prosesnya dengan cara scrubbing untuk mengangkat lapisan sel kulit mati, sehingga tubuh dapat menggantikannya dengan sel kulit yang baru lebih cepat. Dengan cara ini, hiperpigmentasi dari bekas luka dapat memudar secara lebih cepat.

4. Jaga tubuh tetap dingin saat prurigo

prurigo

Saat dalam kondisi berkeringat, prurigo sering kambuh dan rasa gatal cenderung menjadi-jadi. Oleh karena itu, penting untuk selalu usahakan mengelap keringat agar tubuh kembali dalam keadaan kering. Saat merasa gatal, segera dinginkan tubuh dengan berdiam di ruangan ber-AC, atau mengelap bagian yang gatal dengan kain basah dapat membantu meredakan rasa gatal tersebut.

5. Hindari menggaruk

prurigo

Memang sulit rasanya menahan diri untuk tidak menggaruk bagian yang gatal. Namun, menggaruk hanya akan membuat rasa gatal semakin parah, sekaligus membuat kulit rentan iritasi yang nantinya akan meninggalkan bekas. 

Prurigo memang sulit disembuhkan dan sifatnya pun kambuhan. Namun dengan perawatan yang telaten dan konsumsi makanan yang sesuai, bukan nggak mungkin bekas luka pudar, serta gatal yang mendera dapat diminimalisir. Selamat mencoba tips di atas girls!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment