“60 Seconds Rule” Saat Cuci Muka Bikin Kulit Cerah?

Produk cleanser adalah salah satu skincare yang cuma “numpang lewat” di kulit kita. Percaya nggak kalau menambah durasi mencuci muka menjadi 60 detik akan bawa perubahan besar ke tampilan kulit?

Pernah nggak kamu hitung, berapa lama biasanya kamu mencuci muka dengan face wash favoritmu? Seorang Esthetician asal Los Angeles, Nayamka Roberts-Smith lewat tweet-nya menganjurkan untuk setidaknya meluangkan waktu 60 detik untuk cuci muka setiap pagi dan malam hari. Konsep membersihkan wajah selama 1 menit penuh ini kemudian dikenal dengan sebutan #60SecondRule dan sempat ramai dibicarakan di Twitter. Menurut Nayamka, kebanyakan orang melakukan rutinitas cuci muka paling lama hanya dalam waktu 10-20 detik aja. Itu pun dilakukan secara asal-asalan, tanpa memastikan tiap sudut wajah sudah benar-benar bersih secara menyeluruh.

Screen-Shot-2019-01-30-at-8.19.47-PM-1

Nayamka juga bilang kalau produk face wash kita tidak akan bekerja secara maksimal jika hanya digunakan dalam waktu yang sangat singkat. Setidaknya butuh 60 detik untuk produk pembersih muka bisa bekerja membersihkan pori-pori dari penyumbatan. Dengan menambah durasi, kita juga bisa sambil melakukan pemijatan ringan ke masing-masing bagian wajah secara seksama. Massage yang kita lakukan dengan jari dan telapak tangan bisa membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah di area wajah. Jangan lupa juga menjangkau bagian yang sering terlupa seperti ujung hidung, bagian luar dahi, dan bawah dagu.

Metode 60 Seconds Rule ini nggak hanya berlaku untuk tahapan mencuci muka dengan facial wash saja. Sebelum itupun kita bisa mengaplikasikannya pada langkah first cleansing baik dengan menggunakan produk cleansing oil ataupun cleansing balm. Kuncinya adalah lakukan selama 60 detik penuh dan gunakan kedua tangan saja tanpa harus menggunakan cleansing tools khusus.

Saya sendiri sudah mencoba 60 Seconds Rule selama seminggu terakhir. Hal yang paling pertama saya notice adalah, whitehead yang biasanya sering muncul di hidung jadi jauh lebih sedikit. Padahal seminggu terakhir saya lagi malas-malasnya pakai skincare lengkap. Selain itu, setelah selesai cuci muka memang kulit terasa lebih bersih dari biasanya saat saya cuci muka tanpa menghitung 60 detik.

thelistcom

Siapa disini yang setuju kalau wajah kita perlu dibersihkan lebih teliti? Kebayang kan, setelah lebih dari 8 jam pakai makeup, berkeringat dan berminyak, sampai terkena polusi saat naik ojek, kita cuma membersihkan wajah sekilas aja? Rasanya 1 menit untuk membersihkan pun mungkin belum bisa melunturkan berbagai hal yang menempel di kulit setelah seharian berada di luar rumah. Jadi nggak ada salahnya kan menambahkan sedikit effort untuk kebutuhan mendasar kulit kita?

Beberapa orang yang sudah mencoba tips dari Nayamka ini mengklaim banyak perubahan yang dirasakan pada kulit wajah mereka. Dari mulai pori-pori yang nggak gampang clogging, tekstur kulit yang membaik, sampai kulit yang jadi lebih cerah dan glowing.

Sedikit tips untuk kamu yang mau coba 60 Seconds rule ini: daripada harus mengatur stopwatch selama 60 detik setiap kali mau cuci muka, kamu bisa coba sambil nyanyi Alphabet Song sebanyak 4 kali. Kurang lebih lagu ABC yang dinyanyikan sebanyak 4 kali durasinya adalah sekitar satu menit, asal nyanyinya jangan terlalu ngebut ya!

Oh iya, jangan khawatir kalau kamu merasa kulitmu adalah tipe kulit kering dan sensitif yang nggak bisa terkena produk cleanser terlalu lama. Kamu bisa pakai produk cleanser yang gentle atau siapkan hydrating toner untuk dipakai setelah selesai mencuci muka untuk menjaga kadar kelembapan di kulit wajah kamu.

Ada yang sudah rutin menjalankan 60 Seconds Rule ini? Boleh share pengalaman dan hasil yang kamu dapat di sini ya!