Tips Anti Rambut Rontok After Workout

Akhir-akhir ini saya gemar berolahraga dengan rata-rata frekuensi berolahraga 3-4 kali seminggu. Namun, alih-alih bentuk tubuh tone serta berat badan yang menurun, perubahan pertama yang saya rasakan adalah rambut rontok menjadi-menjadi! 

Berdasarkan pencarian saya, pada dasarnya saat berolahraga tubuh kita mengeluarkan keringat. Dan dilansir dari Our Everyday Life, keringat mengandung asam laktat yang pada jumlah tertentu dapat merusak lapisan keratin pada rambut kita dan pada akhirnya membuat rambut rapuh dan mudah mengalami kerontokan. 

Setelah bertanya dan browsing sana-sini, saya pun menemukan tips ampuh agar tetap dapat rutin berolahraga tanpa harus mengorbankan kesehatan rambut. Mau tahu tipsnya? Yuk, cek di sini!

1. Jangan mengikat rambut dalam kondisi basah

rambut rontok

Setelah keramas maupun saat berkeringat paska olahraga, kita seringkali mengikat rambut tanpa paham akan risiko yang ada. Ya, dalam kondisi basah rambut cenderung menjadi rapuh. Dengan mengikatnya, rambut akan jadi mudah patah dan rontok. Bila terpaksa mengikat rambut saat kondisinya basah, pastikan kamu memakai ikat rambut yang lentur dan tidak terlalu kencang, atau jepit rambut.

2. Pakai dry shampoo sebelum olahraga

LU9AEQS_1426_2

Meski belum berminyak dan berkeringat, memakai dry shampoo sebelum berolahraga dapat membantu menahan produksi minyak pada kulit kepalamu. Sehingga rambutmu tak akan terlalu berminyak dan berkeringat setelahnya.

Apabila terlanjur berkeringat, maka ingat jangan gunakan dry shampoo langsung ya. Alih-alih rambut bebas dari minyak dan keringat, malah dry shampoo yang diaplikasikan dapat menggumpal dan membuat rambutmu terlihat seperti berketombe!

3. Gunakan headband

headband

Headband dapat mengurangi serta menahan keringat dari helaian rambutmu. Pilih material headband yang dapat menyerap keringat dengan baik.  Terrycloth, polyester, atau nylon bisa jadi alternatif bahan headband yang tepat untuk menyerap keringat dengan baik. Silahkan dicoba!

4. Sisir rambut untuk cegah rontok

manfaat-rajin-sering-potong-rambut-thumb

Setelah berolahraga rambut kusut memang tak terhindarkan. Sebelum kamu bergegas untuk mandi dan mencuci rambutmu, sempatkanlah diri untuk menguraikan rambut yang kusut karena keringat dan minyak dengan cara menyisirnya. 

Gunakan sisir bergigi jarang dan biasakan menyisir dari ujung rambut untuk mengurai rambut patah yang biasanya ada di ujung rambut. Lalu, lanjutkan menyisir dari akar rambut dengan kepalamu yang menghadap ke bawah. Gunanya agar helaian rambut pada bagian akar dapat terurai dan menjadi kering lebih cepat.

5. Langsung keramas

tips-rambut-lepek-tipis-1

Pada dasarnya, pemicu utama rambut rontok setelah berolahraga adalah keringat yang mengendap pada kulit kepala. Bila dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan, keringat akan menumpuk dan membuat rambut rapuh sehingga mudah rontok. Sehingga cara paling mudah untuk mencegah kerontokan rambut setelah berolahraga adalah segera mencuci rambut setelah berolahraga. 

Inilah tips-tips yang saya coba dan berhasil diterapkan untuk mengurangi rambut rontok setelah berolahraga. Dengan rambut yang tetap badai meski setelah berolahraga, makin nggak ada alasan untuk skip workout dong girls?

 

 

Photo: Freepik.com