banner-detik

beauty school

Kenal Lebih Jauh dengan Milia dan Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Punya bintik putih kecil di area mata yang sulit dihilangkan? Bisa jadi itu milia. Yuk, kenalan lebih jauh dengan milia dan bagaimana cara menghilangkannya!

milia-menghilangkan-2

Problema kulit yang satu ini tuh memang masih sering membingungkan banyak orang. Walaupun memang nggak menimbulkan rasa sakit, tapi sebenarnya memang cukup mengganggu secara estetika. Nah, kali ini saya bakal bahas tentang bintik-bintik kecil di area wajah ini dan cara mengatasinya dengan tepat.

Milia itu apa, sih?

Milia adalah benjolan kecil seperti whitehead  berwarna keputihan atau sama dengan warna kulit yang biasanya ditemukan di daerah kulit sekitar mata, pipi, dan hidung. Milia dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu primary milia atau secondary milia. Primary milia disebabkan oleh penumpukan keratin yang terjebak di bawah permukaan kulit, sedangkan secondary milia disebabkan oleh penyumbatan pada saluran keringat. Walaupun berukuran kecil dan cenderung tidak menyebabkan rasa sakit, adanya milia di wajah sering dianggap mengganggu karena bisa bertahan dalam waktu yang lama apabila tidak segera dihilangkan.

 

Baca juga: Pore Strips Ampuh Atasi Komedo?

 

Kenapa bisa muncul?

Munculnya milia di kulit bisa disebabkan banyak faktor, misalnya pemakaian skincare atau make up yang terlalu berat, penggunaan krim steroid, efek sinar matahari, iritasi kulit, perawatan laser, gaya hidup yang kurang sehat, atau nggak tuntas saat menghapus makeup. Tapi, jangan khawatir! Ada cara yang bisa kita lakukan kok untuk mencegah munculnya milia di kulit kita, misalnya mencuci wajah lebih detil dan teratur, rutin melakukan eksfoliasi, dan nggak lupa menggunakan sunscreen setiap kali kamu akan keluar rumah. Selain itu, hindari penggunaan skincare berat yang mengandung bahan parafin, petrolatum, atau minyak bumi karena lebih rentan mengakibatkan penyumbatan di kulit. Sebaiknya gunakan skincare yang formulanya lebih ringan seperti gel atau lotion. 

 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Mengurangi Komedo

Review Exfoliating Toner Some By Mi

Cara menghilangkannya

Meskipun milia lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya, tapi ada beberapa cara menghilangkan milia dari wajah dengan lebih cepat, yaitu

  1. Menggunakan krim retinoid. Krim retinoid dapat membantu proses eksfoliasi sel-sel kulit, sehingga dapat menghilangkan sumbatan pada permukaan kulit.
  2. Melakukan eksfoliasi. Selain membantu mencegah munculnya milia, eksfoliasi juga bisa bantu menghilangkan milia yang sudah terlanjur ada di kulit kita. Eksfoliasi bisa kita lakukan 2-3 kali seminggu dengan exfoliating product seperti facial scrub atau acid toner agar memaksimalkan pengangkatan sel kulit mati.
  3. Menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami yang cenderung lebih ringan di kulit dan dapat diolah sendiri di rumah bisa jadi pilihan untuk menghilangkan milia di kulitmu. Ada beberapa bahan seperti gula pasir, madu, lemon, dan telur yang memiliki kandungan baik untuk menghilangkan milia. Bahan tersebut bisa kamu buat masker dan diaplikasikan ke wajah selama 20-30 menit secara rutin 2-3 kali seminggu. Ritual ini harus kamu lakukan dengan rutin dan sabar ya!
  4. Perawatan dokter kulit. Cara ini adalah cara terampuh untuk menghilangkan milia karena dokter kulit biasanya sudah memiliki prosedur khusus untuk menangani masalah milia di kulit kita. Prosedur yang mungkin dokter lakukan adalah cryotherapy, laser, atau peeling. Meski melakukan perawatan ke dokter pasti membutuhkan biaya yang lebih, tapi nggak ada salahnya untuk mencoba langkah yang satu ini lho, apalagi kalau milia yang muncul di permukaan kulit sudah cukup banyak atau sudah menahun. Jangan lupa untuk melakukan perawatan di klinik yang sudah terpercaya, ya!

Milia sebenarnya nggak terlalu berbahaya atau mengganggu kondisi kulit kamu, tapi ada baiknya untuk tetap menjaga kebersihan kulit supaya terhindar si bintik kecil ini! Good luck, girls!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment