Sutera, Rahasia Kecantikan para Geisha

Jarang dibahas, sutera dikatakan sebagai rahasia kecantikan para Geisha. Mau tau gimana?  Baca artikel ini ya! 

Geisha (bahasa Jepang:芸者 “seniman”) adalah seniman-penghibur (entertainer) tradisional Jepang. Geisha mempelajari banyak bentuk seni dalam kehidupan mereka, tidak hanya untuk menghibur pelanggan, namun juga untuk kehidupan mereka.  Geisha seringkali disalah pahami memiliki konotasi negatif.  Namun pada mulanya, geisha merupakan perempuan yang terampil serta intelektual yang telah melalui proses pelatihan panjang di okiya.  Kalau di foto-foto para geisha terlihat menyeramkan, berbeda dengan aslinya.  Para geisha memiliki kecantikan alami yang berasal dari kulit terawat mereka.

p10-schilling-maiko-a-20140918

Jaman dahulu rahasia kecantikan dibagikan secara turun-temurun, terutama di Jepang. Di-publish pada tahun 1819, Miyakofuzoku kewaiden dikenal sebagai salah satu buku tertua yang ditulis dalam bahasa Jepang yang berisi berbagai macam rahasia ritual kecantikan yang digunakan para Geisha.  Lucunya, isi dari buku tersebut memiliki banyak kesamaan dengan ritual yang kita lakukan di zaman modern ini.  Contoh, ada tutorial membuat eyeliner cat-eye, tutorial contour hidung, hingga tutorial membentuk alis. It’s hard to believe, tapi ternyata ritual kecantikan kita sudah ada bahkan dari 200 tahun yang lalu, lho.

9f247966356c0390d8a5293a06fc64c1

Baca juga:  Ritual Kecantikan Paling Ekstrim dalam Sejarah

Salah satu rahasia kecantikan yang disebutkan dalam buku tersebut adalah sutera. Di Jepang, para pengrajin sutera memiliki tangan yang sangat halus. Semua ini berkat tangan mereka sering terendam dalam cairan sutera. Sutera memiliki senyawa protein serta struktur asam amino, yang mirip dengan komposisi kulit kita.  Ekstrak sutera juga mudah meresap ke dalam kulit, sehingga antioksidan dan asam amino yang dikandungnya mampu membantu regenerasi sel, serta  membuat kulit menjadi lebih elastis dan kenyal. Berikut adalah beberapa ritual yang dapat dilakukan dengan menggunakan sutera:

1. Masker Mata

Ketika tidur, gunakan masker mata berbahan sutera.  Berbeda dengan polyester dan nilon, bahan sutera yang nonabrasive mampu membiarkan kulit wajah bernafas. Bahan sutera juga lebih halus dibandingkan dengan katun maupun linen, sehingga tidak menarik lapisan kulit lembut disekitar mata.

2. Sarung Bantal

Even as a fabric, sutera mampu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit kita tetap terhidrasi pada malam hari.  Kelembutan dari sutera juga mampu mencegah gesekan yang menyebabkan kerusakan pada rambut.

Baca juga : 4 Rekomendasi Pelembap Bagus untuk Umur 20 Tahun

3. Syal

Ingin supaya hasil catokan rambutmu tetap awet? Coba bungkus rambutmu dengan syal dari sutera. Katanya, bisa mengurangi produksi minyak rambut serta mengecah rambut kusut!

4. Skincare dan Makeup

Ekstrak sutera sering digunakan bahan pelembap alami pada moisturizer, lipstick, maupun masker wajah.  Pendiri brand Tatcha, produk kecantikan Jepang yang telah lebih dahulu mengetahui khasiat sutera bagi kulit, menggunakan sutera sebagai bahan dasar bagi produk keluarannya seperti Tatcha Silk Cream, Tatcha Silk Canvas, serta produk-produk Tatcha lainnya.

View this post on Instagram

These are a few of our favorite things:⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ✨FRIDAYS!⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ✨The look & feel of a brand new The Silk Canvas protective primer⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ✨Perfect afternoon sunlight⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ✨ Did we mention Fridays?⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Wishing you a weekend as beautiful as you are, friends! #tatcha #jbeauty

A post shared by TATCHA Beauty (@tatcha) on

Baca juga : Trik Menyisir Rambut supaya Tidak Kusut

5. Pakaian Musim Panas

Tahukah kalian kalau para Geisha menggunakan pakaian berbahan dasar sutera? Bahan sutera yang hypoallergenic, dingin ketika disentuh, serta breathable, menjadikannya bahan yang sangat baik untuk dijadikan pakaian untuk musim panas.  Sifatnya yang hypoallergenic juga mampu mencegah kulit dari biang keringat, iritasi, serta penyakit kulit lainnya.

Tak heran ya, harga kain sutera mahal.  Ternyata banyak banget khasiatnya. Nah kalo kamu gimana, ada yang tau nggak khasiat sutera lainnya? Share di komen ya!