banner-detik

skin care

Kulit Iritasi? Ini 4 Rekomendasi Cleanser yang Lembut dan Cruelty Free

seo-img-article

 

Kulit iritasi bisa mengganggu aktivitas dan penampilan sehari-hari. Kalau lagi begini, lebih baik beralih ke rutinitas skincare yang simpel dan formula yang gentle.

 

Saat mengalami kulit iritasi, situasi yang bikin saya paling khawatir adalah ketika menghapus makeup. Ada rasa was-was setelah double cleanse, apakah wajah akan jadi semakin iritasi?

Nah, kulit iritasi sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, over exfoliate, penggunaan bahan aktif berlebihan, salah menggunakan produk skincare, bahkan bisa dipicu oleh alergi yang berasal dari internal dalam tubuh. Intinya, pemicu kulit iritasi sangat beragam dan skincare berperan besar untuk membantu meminimalisir reaksi dan melindungi lapisan kulit.

Baca juga: Bikin Wajah Adem, Ini 5 Masker Gel Lokal Favorit FD Members!

 

Supaya nggak memperburuk kondisi kulit yang sedang iritasi, sebisa mungkin kurangi penggunaan makeup dan skincare yang mengandung bahan aktif. Tujuannya adalah agar kulit bisa break sementara untuk bernapas dan menyeimbangkan diri. Namun, usahakan untuk tetap gunakan sunscreen ya agar kulit terlindung dari peradangan dan efek buruk sinar UV lainnya. Dan yang paling penting, pilih pembersih wajah yang  formulanya gentle dan bebas dari iritan seperti alkohol, fragrance, pewarna, dan acid. Berikut beberapa rekomendasi cleanser yang ‘ramah’ untuk kulit iritasi dan dapat bintang 5 dari FD Members, formulanya juga cruelty-free lho!

 

Skin Dewi Raspberry Cleansing Milk

Cleanser Untuk Kulit Iritasi Female Daily

Cleansing Milk ini punya formula yang lembut dan creamy untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup secara efektif hingga ke pori-pori. Kandungannya terdiri dari papaya extract dan raspberry oil yang bisa membantu mencerahkan kulit sekaligus mengatasi hiperpigmentasi. Lalu ada vitamin B3-nya juga yang kaya akan antioksidan untuk menyeimbangkan produksi minyak alami yang dibutuhkan oleh wajah. Wajah aman dari rasa kering dan ‘ketarik’ kalau pakai cleanser ini.

 

Sensatia Botanicals Unscented Soapless Facial Cleanser

Cleanser Untuk Kulit Iritasi Female Daily

Pembersih yang diformulasi tanpa wewangian ini efektif mengangkat kotoran tanpa mengganggu keseimbangan alami kulit. Bahan utamanya adalah ekstrak aloe vera yang kaya akan vitamin sekaligus menenangkan. Terdapat pula ekstrak belimbing, pepaya, dan bengkoang yang bikin kulit terlihat lebih cerah bercahaya. Cocok juga untuk digunakan pemilik kulit sensitif.

 

KraveBeauty Match Hemp Hydrating Cleanser

cleanser kulit iritasi

Produk ini sempat naik daun beberapa tahun lalu dan sekarang sudah direformulasi menjadi lebih baik lagi! Mengandung matcha yang kaya antioksidan ditambah kombinasi hemp seed oilamino acidlinoleic acid, dan vitamin B5, cleanser ini mampu memberi kelembapan ekstra bagi kulit. Agen pembersihnya juga menggunakan coconut-based surfactants yang alami dan nggak bikin kulit kering.

 

First Aid Beauty Face Cleanser

Cleanser Untuk Kulit Iritasi Female Daily

Ini juga merupakan salah satu cleanser yang banyak disukai oleh pemilik kulit sensitif. Formulanya fragrance-free dan pH balanced, membantu menjaga tingkat keasaman alami kulit agar tetap terjaga kekuatan dan kelembapannya. Teksturnya creamy, lembut dan menyenangkan untuk digunakan.

 

Walaupun pilihan produk sudah tersedia dan mendapatkannya pun semakin mudah, ada baiknya prinsip less is more jadi panduan saat kulit sedang iritasi. Contoh, cukup bilas wajah dengan air dan skip pembersih wajah pada pagi hari lalu dilanjutkan dengan moisturizer dan sunscreen. Nah, ada yang mau share pengalaman menggunakan pembersih wajah saat kulit iritasi? Share di kolom komen ya!

 

Images: Dok. Freepik, Dok. Brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment