Awet Muda dan Terjun ke Bisnis Makeup, Apa Ritual Cantik Rossa?

Berusia 41 di tahun ini, penyanyi cantik Rossa masih tetap tampil muda. Dia juga terjun ke bisnis kecantikan, sama seperti artis lainnya menciptakan produk makeup dan meramaikan industri lokal.

Menghadiri Halal Bihalal bersama Watsons dan Rossa pada tanggal 13 Juni lalu, saya mendapat kesempatan ngobrol-ngobrol langsung dengan Rossa. Acara tersebut bukan sekadar silaturahmi tapi juga sekaligus momen peluncuran produk terbaru dari Rossa Beauty yaitu Lip Tease. Rossa Beauty adalah salah satu brand makeup lokal terlaris yang ada di Watsons. Watsons menjadi satu-satunya retailer yang menyediakan beragam label makeup buatan artis-artis Indonesia.

ROSSA BEAUTY X WATSONS 3 - 642

Kamu pasti penasaran kan, ritual kecantikan perempuan yang akrab disapa “Teh Ocha” ini? Yuk, simak obrolan kami!

You look so young! Skincare yang dipakai setiap hari apa saja sih?

Rossa: “Yang paling penting itu konsisten, menurut aku. Membersihkan muka, pakai day cream, night cream dan sunblock itu sangat penting.”

Kalau toner dan serum selalu pakai juga nggak?

Rossa: “Iya, biasanya aku cukup lengkap kok pakainya. Beberapa tahun terakhir ini aku selalu pakai Oriflame NovAge. NovAge ini rangkaian skincare yang advanced dari Oriflame, lengkap banget produknya, dan punya sub-rangkaian lagi. Ada seri Bright Sublime, yang sangat bagus untuk membantu menyingkirkan noda-noda gelap dan mencerahkan kulit. Ada juga NovAge True Perfection series untuk menangani tanda-tanda penuaan. Aku sudah coba semua rangkaiannya dan hasilnya bagus di kulitku. Tapi paling sering yang True Perfection, karena cocok dengan usiaku, apalagi aku orangnya ketawa terus, jadi gampang muncul kerutan dan garis-garis halus. Pakai eye cream itu wajib banget deh!”

ROSSA BEAUTY X WATSONS 5

Suka mengunjungi klinik kecantikan nggak untuk perawatan tambahan?

Rossa: “Jarang banget. Biasanya ke dokter kalau kulit lagi bermasalah aja. Dulu, beberapa tahun lalu, kulitku pernah kusam dan rusak banget, karena saat itu aku coba laser terus malah terpapar sinar matahari terus. Nah, aku ke dokter deh untuk konsultasi dan minta solusinya. Kalau untuk perawatan yang rutin misalnya seminggu sekali atau sebulan sekali itu jarang banget. Facial yang mukanya dipencet-pencet atau diekstraksi itu juga jarang. Kebetulan aku memang jarang jerawatan dari muda.”

Ada perawatan tradisional yang masih suka dilakukan nggak di rumah?

Rossa: “Dari SMA aku suka pakai masker air teh. Tehnya harus didiamkan semalaman dan harus teh hijau ya!”

Wah itu pasti salah satu yang bikin awet muda ya, karena teh hijau kan kaya antioksidan. Kalau buat advanced treatment seperti filler, botox, V-shape face, bedah dan sebagainya tertarik coba nggak?

Rossa: “Aku pernah tanam benang, tapi kan nggak tahan lama, 3-4 bulan kemudian hilang. Sudah deh aku nggak lanjut lagi, cuma sekali aja cukup. Aku nggak pengen lagi. Botox mungkin tertarik coba beberapa tahun mendatang ya karena membantu menyamarkan tampilan kerutan, tapi filler dan operasi nggak pengen sama sekali. Aku begini-begini saja. Simpel, memang nggak banyak diapa-apain. Alis nggak disulam, pakai eyelash extension juga nggak. Hehehe. Yang penting kulitnya bagus, nggak malas merawat.”

Kalau makeup, dari gaya Korea, Eropa, dan Amerika, paling suka yang mana?

Rossa: “Kalau lagi nyanyi tentu biasanya lebih full makeup, jadi referensinya lebih ke gaya makeup Amerika ya. Kadang kalau memang pengen yang lebih glowing dan cute gitu aku suka kok tampil ala Korea. Tapi paling sering gaya Eropa untuk sehari-hari karena memang simpel.”

ROSSA BEAUTY X WATSONS 2

Menciptakan Rossa Beauty pasti terinspirasi dari gaya makeup sehari-hari yang simpel itu ya? Terpikir untuk bikin rangkaian makeup yang lebih lengkap nggak?

Rossa: “Iya, Rossa Beauty itu aku ciptakan khusus dengan gaya yang natural, daily. Produknya ada lipstik, two way cake, body mist, yang semuanya handy, memang gampang dipakai dan cocok buat dibawa sehari-hari. Nah, untuk yang lebih lengkap itu nantinya akan ada juga, tapi bukan di bawah Rossa Beauty, tapi pakai label Bubah X Rossa. Bubah Alfian sudah jadi MUA andalan aku banget, kami berteman baik, jadi kami berkolaborasi. Sesuai labelnya, produknya akan lebih profesional, bisa untuk dipakai oleh MUA juga, misalnya ada produk contour, eyeshadow, dan lain-lain. Sekarang ini baru ada fake eyelash-nya.”

ROSSA BEAUTY X WATSONS

Apakah Rossa Beauty ada rencana merambah ke skincare?

Rossa: “Untuk saat ini nggak dulu. Sebenarnya pengen sih, tapi sekarang aku masih bersama Oriflame. Waktu mau bikin makeup juga aku minta izin Oriflame dulu dan akhirnya aku diperbolehkan untuk nggak jadi bintang makeup Oriflame, tapi tetap menjadi bintang skincare-nya. Jadi apakah nanti aku akan buat skincare atau nggak? Itu tergantung kesepakatan kami bersama. Hehehe.”

Sekarang banyak banget makeup lokal dan artis yang bikin makeup, pendapatnya gimana?

Rossa: “Senang banget, karena makeup lokal itu sekarang sudah banyak yang bagus kualitasnya dan nggak kalah hebat dengan brand makeup dari luar negeri. Bagusnya lagi, ternyata pencinta makeup Indonesia juga sangat suka dan mengapresiasi.”

 

Ada nggak yang punya ritual sama dengan Rossa atau bercita-cita mau punya brand makeup sendiri? Share dong!