Anti Kusut! Ini Dia Cara Menata Rambut Keriting Sehari-Hari

Menonjolkan tekstur dan hindari kusut pada rambut keriting nggak selalu repot, kok. Ini dia cara menata rambut keriting sehari-hari!

Rambut keriting itu menggemaskan dan berkarakter. Itu pendapat pribadi saya, sebagai pemilik rambut lurus dan jatuh yang nggak ada seru-serunya. Namanya manusia ya, nggak pernah puas, jadi karena bosan sama rambut lurus, sebulan lalu saya pergi ke salon untuk mengeriting rambut secara permanen.

Setelah jadi, saya puas karena rambut jadi lebih bervolume dan “hidup”. Efek sampingnya, rambut jadi cepat kusut. Setelah browsing dan juga nanya-nanya ke hairstylist The Parlour yang bikin perm saya, saya jadi tahu cara menata rambut keriting biar tetap bertekstur dan nggak kusut. Ternyata nggak susah kok, menata rambut keriting sehari-hari biar nggak kusut, baik yang asli maupun yang perm seperti saya!

 

Ikat rambut di puncak kepala saat mau tidur

hair

Waktu istirahat di malam hari bisa bikin rambut keriting jadi kusut dan tidak bervolume keesokan harinya. Bagian belakang dan samping kepala yang menempel pada bantal biasanya akan buat rambut keriting hilang volumenya di pagi hari. Jadi, agar rambut keriting tetap cantik, ikat rambut di puncak kepala saat mau tidur.

Caranya, tundukkan kepala, kumpulkan seluruh rambut di puncak kepala dan ikat dengan scrunchie atau karet rambut yang sudah dilapisi dengan kain agar rambut nggak patah-patah atau membentuk karet rambut esok paginya. Berdiri tegak lagi dan tarik setengah bagian rambut ke kiri dan sebelahnya lagi ke kanan jadi nggak ada yang ke arah belakang dan gepeng ketiban kepala dan bantal.

Untuk kamu yang punya rambut wavy, bisa pelintir rambut dan bentuk bun di puncak kepala agar teksturnya lebih terdefinisi keesokan harinya. Sedangkan jika kamu memiliki rambut keriting tetapi belum cukup panjang untuk dikuncir semua ke atas, ikat rambut di beberapa bagian untuk menjaga teksturnya.

Jangan sisir rambut saat kering

sisir-rambut-rontok-1

Cara menata rambut keriting agar tetap terdefinisi tapi tetap nggak kusut adalah dengan hindari sisir rambut saat rambut dalam keadaan kering! Sebaiknya sisir rambut saat basah. Tepatnya saat sedang keramas, waktu habis mengenakan kondisioner! Cukup gunakan jari tangan atau sisir bergigi tebal dan jarang agar tidak kusut namun tidak buat keritingnya hilang. Hindari menyisir rambut dalam keadaan kering karena akan buat rambut jadi frizzy dan ikalnya “pecah”.

Aplikasikan teknik scrunching

bad hair (Medium) (Small)

Apakah teknik scrunching? Menurut hairstylist saya, teknik ini adalah teknik andalan cara menata rambut keriting untuk membantu mendefinisi bentuknya. Teknik scrunching bisa dipakai untuk semua step penataan rambut keriting, dari penggunaan kondisioner, mengeringkan rambut hingga styling. Caranya mudah, cukup gunakan jemari dan telapak tangan untuk menekan rambut dari ujung ke arah akar, membentuk rambut keriting berlipat jadi seperti akordeon atau corkscrew, biar bentuknya terus bertahan.

Mau tidur tapi rambut keriting masih basah? Pakai teknik ini!

rambut-kusut

Salah satu cara menata rambut keriting saat masih basah biar nggak hilang volumenya adalah dengan membungkusnya pakai handuk microfiber atau t-shirt katun. Istilahnya “plopping”. Jadi, letakkan handuk atau t-shirt di permukaan datar dan tundukkan kepala hingga semua rambut terkumpul dan menumpuk di permukaan handuk. Lalu ikat ujung handuk atau t-shirt di belakang kepala. Handuk atau t-shirt akan mempercepat proses pengeringan rambut dan menjaga keritingnya tetap bouncy dan anti kusut sepanjang malam.

 

Selamat mencoba!