Pore Strips: Manjur untuk Hilangin Komedo?

Salah satu skincare tool pertama saya adalah pore strips. Zaman SMA, rasanya kurang pol kalau gak pakai pore strip di hidung kurang dari seminggu sekali. Komedo atau blackhead di hidung yang ganggu lenyap seketika hanya dalam hitungan beberapa menit. Prosesi melepas pore strip juga adalah salah satu hal yang saya tunggu-tunggu. Selain sensasinya yang berbeda, ngintip banyaknya komedo yang ikut terangkat di kertas kaku itu menimbulkan perasaan puas sendiri!

Dan, pertanyaan ini pun muncul. Sebenarnya, pore strips itu esensial gak sih untuk hilangin komedo? I mean, memang sih hidung langsung terasa bersih dan mulus setelah pakai pore strip, tapi sebenarnya seberapa manjur untuk menghilangkan komedo?

Nggak disaranin untuk pemilik kulit sensitif

kulit-sensitif-jerawat-1-e1474282601745

Pore strips disertai perekat, seperti Polyquaternium-37, yang bertugas menghisap minyak yang telah teroksidasi alias blackhead. Perekat ini bisa jadi masalah untuk pemilik kulit sensitif, kulit tipis atau acne-prone.

Tenang, pore strips nggak akan sampai merusak pembuluh darah, kok, karena perekatnya nggak cukup kuat untuk mengangkat hingga sedalam itu. Walau begitu, pore strips bisa ikut mengangkat lapisan kulit paling atas bagi kulit sensitif.

Selain itu, kalau kamu punya alergi kulit, sebaiknya cek dulu apakah perekat dari pore strips aman di kulit dan gak akan bikin rash atau inflamasi. Hati-hati saat proses pencabutan pore strips, dan make sure  kamu nggak biarin pore strips menempel terlalu lama di kulit melebihi waktu seharusnya.

 

Pore strips tidak akan menghilangkan komedo secara permanen

maksimalkan pore pack

Well, pore strips bukan produk ajaib yang bisa mengusir blackhead selamanya, walau sensasi “bersih” sementaranya rasanya memuaskan banget. Kalau mau say goodbye ke blackhead selamanya, coba fokuskan pada perawatan kulit setelahnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati, betul? Ya, menurut saya, mencegah terciptanya blackhead di hidung lebih manjur dibanding mengangkatnya secara sementara dan hanya di permukaan.

 

Gimana cara cegahnya?

Salicylic acid untuk Kulit Acne Prone

Untuk saya, produk dengan kandungan BHA yaitu salicylic acid seperti The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution lumayan ampuh untuk mengangkat blackhead di hidung. Salicylic acid baik untuk bantu meregenerasi kulit dan membersihkan pori-pori karena bekerja lebih dalam dari pore strips, menyerap hingga ke dalam pori-pori dan mengangkat sebum yang sudah terakumulasi di dalamnya.

Untuk kamu pemilik kulit kering, bisa coba Nip + Fab Glycolic Fix Pad untuk melembutkan lapisan sel kulit yang menutupi sebum yang telah penuh minyak. Chemical exfoliant ini lebih melembapkan dan tidak buat kulit terasa kering.

Salah satu pecinta pore strips juga? Share yuk pengalaman kamu di bawah ini!