Tips Makeup Untuk Kulit Terbakar Matahari

Nothing beats a quick escape with the three S… Sea, sand, and sun! Tapi apa jadinya kalau setelahnya kulit wajah kamu jadi kemerahan karena terlalu lama berada di bawah matahari? Yuk, baca tips makeup untuk kulit terbakar matahari di bawah ini!

 

Beberapa bulan lalu, saya memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu pesisir di barat Indonesia. Berhari-hari bersantai ditemani oleh laut biru, pasir putih, dan matahari buat saya jadi “lupa daratan”. Setelah kembali ke Jakarta, saya baru sadar kalau ada oleh-oleh mengesalkan yang ikutan pulang juga. Apa itu? Kulit wajah yang kemerahan bak udang rebus karena terbakar matahari!

Kaget? Boleh-boleh saja. Panik? Jangan, dong. Saya mencoba untuk tetap tenang dan tidak langsung buru-buru menyamarkan wajah “udang rebus” saya dengan makeup tebal. Saya sadar bahwa kulit wajah saya sedang terkena inflamasi dan sedikit terasa hangat, jadi kalau saya pakai makeup yang kurang tepat malah bisa buat kulit saya makin parah. Duh, gak mau!

 

Setelah cari info dari sana-sini dan coba sendiri, saya jadi tahu, kira-kira produk makeup yang seperti apa sih, yang harmless untuk digunakan pada kulit terbakar matahari. Well, at least sampai kemerahannya mereda. Nah, kalau kamu juga punya masalah serupa, baca lebih lanjut karena saya akan beri beberapa tips makeup untuk kulit terbakar matahari!

 

1. Wajib gunakan moisturizer sebelum makeup

 

aloe-vera

 

Pilih yang mengandung aloe vera dan mentimun karena efeknya yang dingin dan menenangkan kulit. Anggap saja moisturiser sebagai pelindung antara kulit terbakar matahari dan makeup. Favorit saya adalah Aveeno Eczema Therapy Hand and Face Cream, Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% dan Holika Holika Aloe Soothing Gel.

Selain itu, mengoleskan hydrocortisone tipis-tipis di hari-hari pertama cukup membantu saya untuk meredakan kemerahannya. Hydrocortisone adalah salep anti radang ringan yang bisa membantu mengurangi inflamasi, kemerahan dan gatal pada kulit. Oh ya, saya juga menghindari penggunaan exfoliant dan bahan aktif dalam skincare untuk sementara agar tidak merangsang inflamasi.

 

2. Perhatikan cara menggunakan makeup

Yes, dengan adanya musibah ini, saya diingatkan untuk lebih lembut dalam memperlakukan kulit wajah. Bila biasanya saya menekan kuas atau beautyblender dengan cukup kuat ke permukaan kulit agar makeup menyatu lebih baik dan cepat, paska liburan kemarin saya jadi cukup berhati-hati dalam mengaplikasikan makeup agar kulit saya tidak makin perih. Saya menghindari penggunaan makeup brush dan hanya pakai beauty sponge yang telah saya basahi lebih dahulu dan menekan lembut permukaan kulit tanpa menggeseknya. Tips makeup ini buat kulit terbakar matahari saya jadi terasa lebih nyaman.

 

3. Tips makeup lainnya, kalau bisa, pilih mineral makeup dan yang ada SPF-nya

 

Mineral Makeup

 

Saya merasa saat pakai mineral makeup untuk complexion adalah pilihan yang baik, karena terasa lebih ringan dibanding cream atau liquid foundation, namun tetap bisa menutup warna udang rebus di wajah karena coverage-nya yang full. Kemarin saya coba Mineral Botanica Original Loose Foundation. So good! Bukan itu saja, saya pilih alas bedak berdasar mineral karena kandungan kimiawinya yang lebih sedikit dari produk powder biasa. So, efek iritasinya juga lebih minim.

FYI!

Sedikit sharing, sehati-hatinya saya menggunakan produk makeup yang menurut saya harmless di kulit terbakar matahari, saya langsung menghentikan penggunaan makeup bila produk terasa perih atau gatal. Ya, hitung-hitung beri kulit wajah recovery time biar kembali paripurna! Satu lagi, kalau kulit terasa melepuh, maka jangan paksa untuk pakai makeup dulu dan saatnya mengunjungi dokter kulit!

 

Gimana, ada yang memiliki pengalaman serupa? Produk apa saja yang kamu pakai? Share di bawah ya!