banner-detik

skin care

Penyebab Face Cleanser Tidak Bekerja dengan Baik

seo-img-article

Ritual membersihkan kulit wajah adalah salah satu hal terpenting yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi dengan rangkaian makeup yang kamu pakai (nggak sedikit kan?), belum lagi kena asap polusi saat naik ojek online dan sinar matahari yang belakangan lagi nyengat banget. Di akhir hari, kalau kamu nggak bersihin wajah dengan benar, segala ritual berlapis-lapis yang kamu jalani bisa jadi nggak kentara efeknya. Sorry to say, bahkan cleanser terbaik (termahal sekalipun deh) nggak akan menyelesaikan ‘pekerjaannya’ jika kamu tidak menggunakannya dengan benar. Saya jadi mau banget membahas, apa sih penyebab face cleanser tidak bekerja dengan baik?

Baca juga: Cara Membersihkan Wajah yang Benar Dengan Second Cleanser

 

1. Nggak Menggunakan Pembersih Oil

Kulit kamu biasanya akan tersumbat dengan 2 jenis peninggalan, yakni kotoran berbasis minyak (sisa sunscreen, makeup dan sebum) dan kotoran berbasis air (kotoran dan keringat). Tahu nggak? Cleanser berbasis oil – bukan air – paling baik memecah kotoran di wajah. Nah kalau sunscreen dan kawan-kawannya tadi nggak efektif terhapus di kulit, inilah resep ampuh yang bikin jerawat jadi muncul. Itulah mengapa penting banget kamu menggunakan pembersih khusus untuk menghilangkan semua sumbatan pada kulit tadi. Kalau kamu masih bingung sama rekomendasi cleanser berbasis minyak yang pas buat tipe kulit wajah masing-masing, cek aja langsung di FD App. Salah satu yang bisa kamu cek adalah Banila Co Clean It Zero, Shu Uemura Cleansing Oil, Kiehl’s Midnight Recovery Botanical Cleansing Oil, Sulwhasoo Gentle Cleansing Oil, Biore Cleansing Oil, Hada Labo dan masih banyak lainnya.

 

Baca juga: Cleansing Oil vs Cleansing Balm

Banila Co Clean It Zero

Banila Co Clean It Zero

 

2. Pakai Oil Cleanser pada Wajah yang Basah

Cleanser berbasis minyak harus diaplikasikan pada kulit yang kering, bukan yang basah. Cara pakainya pun perlu disertai dengan pijatan untuk menghilangkan kotoran, baru kemudian basahi jari dengan air untuk mengemulsi formula. Kebanyakan cleanser telah memiliki emulsifiers kok supaya nggak meninggalkan residu minyak di wajah kamu. Kalau kamu mengemulsi formulanya dengan air (yang jumlahnya banyak banget), kamu malah akan menghalangi tugas cleanser untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak secara menyeluruh. Ini nih yang jadi penyebab face cleanser kamu tidak bekerja dengan baik.

 

3. Nggak Cuci Tangan Sebelum Membersihkan Wajah

Simpel tapi sering banget dilupain. Sangat penting untuk mencuci tangan tepat sebelum kamu membersihkan wajah. Ini untuk memastikan kamu nggak memindahkan kotoran baru, bakteri, dan sejenisnya ke wajah saat kamu berusaha menghilangkan kotoran. Lagipula langkah simpel ini adalah langkah awal yang akan memastikan tangan kamu steril usai menjalani rutinitas.

Ada tambahan juga nih, cek juga handuk yang kamu pakai untuk membersihkan dan mengeringkan wajah setelah membersihkan wajah. Pastikan kalau handuk itu dalam keadaan yang bersih.

Baca juga: Perlu Nggak Sih Cuci Muka Pakai Cleanser?

stella-korean-powder-cleanser-face-bath-4

4. Kurang Lama Membersihkannya

Ini juga saya alamin, kok. Inginnya setelah mandi segar tuh ya, ingin cepat siap-siap ke kantor atau pas malam hari nggak sabar mendarat di kasur untuk tidur. Kalau kamu nggak mau marah-marah saat jerawat muncul di tengah hidung atau di dagu, sebaiknya jangan mempersingkat atau parahnya melewatkan ritual membersihkan wajah. Apalagi jika yang dibersihkan adalah kotoran berbasis minyak seperti makeup, sunscreen dan kawan-kawannya. Kamu butuh sedikit memijat wajah supaya kotoran nggak clogged (tersumbat) di wajah. Saya rekomendasikan untuk melakukan setiap langkah pembersihan setidaknya selama 20-60 detik sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

Baca juga: Pentingnya Punya Cleanser Lebih Dari Satu

 

Coba perhatikan lagi, ada nggak di antara daftar yang saya sebutkan tadi masih kamu lakukan? Ini bisa jadi penyebab face cleanser kamu tidak bekerja dengan baik. Hmm, jadi sebelum menyalahkan produk dan beli yang baru, coba cek dulu kebiasaan kamu pas membersihkan wajah, ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment