banner-detik

skin concern

Apa Saja Sih Manfaat Vitamin B untuk Kulit?

seo-img-article

Tidak hanya vitamin C, vitamin B juga bisa jadi kandungan andalan untuk merawat diri. Ini dia macam-macam manfaat vitamin B untuk kulit!

 

Mungkin saya adalah salah satu dari sedikit orang yang kurang beruntung, karena jenis kulit yang sensitif dan acne-prone, bikin saya sampai sekarang masih mencari produk vitamin C terbaik untuk ditambahkan di ritual skincare. Dalam pencarian tersebut, saya menemukan kalau ternyata gak hanya vitamin C lho, yang punya berbagai khasiat untuk melindungi dan menutrisi kulit wajah. Vitamin B juga gak kalah hebat! Ingin tahu manfaat vitamin B untuk kulit? Yuk baca artikel ini lebih lanjut.

serum-vitamin-c-jerawat-1

 

Vitamin B untuk mempercepat proses regenerasi kulit

Vitamin B, khususnya vitamin B2 yang biasa disebut juga dengan Riboflavin bertugas mempercepat proses regenerasi kulit, rambut, hingga kuku. Selain itu, Riobflavin juga antioksidan yang baik dalam kandungan krim anti-aging karena kekuatannya untuk membantu menghambat penuaan kulit.

Baca juga: 4 Kandungan Ampuh Buat Anti-Aging

 

Melembapkan serta mencegah hiperpigmentasi

Untuk saya yang punya masalah dengan hiperpigmentasi, vitamin B wajib ada dalam kandungan night cream. Selain bisa mencegah pembentukan flek hitam di wajah, vitamin B3 atau niacin juga manjur menjaga kelembapan kulit, yang bikin tekstur kulit saya jadi lebih halus dan kenyal.

 Cream Anti-Aging Bagus dari Brand Lokal-3

Menambah produksi kolagen dan mencegah peradangan pada kulit

Tidak hanya vitamin B3, Pantothenic acid atau vitamin B5 juga punya manfaat baik pada kulit wajah, seperti merangsang terciptanya produksi kolagen dalam kulit serta bantu mengontrol terjadinya peradangan pada kulit yang mudah berjerawat atau eksim. Serunya, Pantothenic acid bisa meredakan jerawat karena mencegah produksi minyak berlebih namun juga bertugas menjaga kelembapan kulit! So, jerawat berkurang, namun kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Manfaat Kolagen Buat Kulit

 

Memperbaiki lapisan kulit bagi kulit yang scarring karena jerawat

Vitamin B juga baik dalam membantu memproduksi sel darah merah. Hal ini baik untuk proses perbaikan lapisan kulit yang kena damage. Jadi, skincare dengan kandungan vitamin B baik digunakan untuk memudarkan bekas jerawat atau luka tipis di wajah. Selain itu, vitamin B juga buat warna kulit jadi lebih merata.

rambut berminyak 2

Buat rambut jadi lebih tebal dan cegah rontok

Selain untuk kecantikan kulit wajah, vitamin B juga ampuh untuk kulit kepala. Yes, vitamin B bisa bikin rambut jadi lebih indah! Mengonsumsi vitamin B atau memilih shampoo dengan kandungan vitamin B di dalamnya bisa memperbaiki pertumbuhan rambut, yang buat rambut jadi lebih tebal, kuat dan juga mencegah terjadinya kerontokan.

 

Sudah pernah coba merawat kulit dengan vitamin B? Yuk, cerita di bawah ini!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment