Ngobrol Bareng Mario: Product Innovation Manager Make Over

Siapa bilang semua orang di balik industri kecantikan itu perempuan? Mario Kristiono adalah salah satu sosok penting yang ada di balik kesuksesan produk Make Over. Saya berkesempatan ngobrol bersama Mario tentang behind the scene produk lokal yang sangat terkenal ini.

Kalau bahas tentang produk kecantikan pasti nggak akan ada habisnya. Itu juga sebabnya saya betah bertahun-tahun bergelut di dalam industri ini. Nggak seperti tren fashion yang pergantiannya setiap 3 bulan sekali, makeup dan skincare bisa lebih cepat, jenis produknya pun jauh lebih banyak. Tapi justru itu keseruannya!

Dan dengan semakin banyaknya makeup lokal yang muncul di pasaran, saya jadi penasaran: bagaimana sebuah brand lokal bisa terus berkembang, mengikuti pace industri kecantikan yang sangat cepat, dan punya produk yang nggak kalah bagus dari brand mancanegara? Simak yuk, obrolan saya dengan Mario Kristiono, Product Innovation Manager dari Make Over!

MARIO KRISTIONO - MAKE OVER

Bagaimana sih perjalanan penciptaan produk sampai akhirnya bisa diproduksi?

Perjalanannya menarik. Awal-awal biasanya kami mencari inspirasi terlebih dahulu. Inspirasi ini datangnya bisa dari mana-mana: tren fashion, tren warna, diskusi tim, tren kosmetik global, dan bahkan bisa dari industri lain. Kemudian kami diskusi lebih lanjut dengan tim untuk melihat habit konsumen, karena inspirasi yang cocok dengan konsumenlah yang akhirnya akan kami kaji lebih dalam.

Setelah itu kalau ada ide dan habit yang cocok, maka tim produk dan riset akan bekerja untuk membuat formula dan packaging yang tepat, dan akhirnya bisa di produksi secara massal. Tentunya, sebelum produksi kami melakukan banyak uji terlebih dahulu agar setiap produk terjamin kualitas dan keamanannya. Uji dermatologist, stabilitas formula, packaging, dan efikasi merupakan uji yang wajib kami lakukan.”

Ada produk yang sampai melewati tes sangat banyak atau hingga puluhan kali? Apa produknya?

“Rasanya hampir setiap formula Make Over itu kami selalu tes berkali kali dan pencarian formulanya challenging. Ini karena Make Over harus memberikan kualitas yang superior, maka kami sangat detail dalam development formulanya dan semua ujinya.

Paling simple mungkin produk yang baru-baru ini launch, cushion dan Powerstay series. Kami harus pelajari shade kulit orang Indonesia dengan cukup detil dan dalam. Kami cari skin tone dan shade yang tepat dan coba untuk buat petanya. Tidak gampang. Kemudian formulanya juga tricky. Untuk Powerstay kami benar-benar ingin bikin yang light tapi bisa long lasting dan matte.  Agak susah dalam mencari keseimbangannya. Terlalu long lasting nanti dia lengket atau berat. Terlalu matte bisa bikin kulit kering banget dan susah di-layer dengan makeup selanjutnya. Terlalu light nanti jadi nggak berasa pakai makeup sama sekali. Hahaha. Jadi mungkin fine tuning dari setiap formula bisa dibilang butuh seni tersendiri.

Bikin cushion juga seru banget. Kami sebut demi-matte karena kami tau yang glowing lagi tren, tapi kami juga percaya pada dasarnya dengan iklim seperti Indonesia gini susah kalau mau terlalu glowing. User Make Over itu nggak cuma yang kerja kantoran di ruangan AC dan selalu naik mobil, tapi juga ada yang mungkin harus commuting, dan sebagainya. Jadi kami mau coba dapetin finish yang tepat, makanya kami sebut demi-matte. Itu juga seru banget development-nya. Ah, menarik banget deh!”

MAKE OVER POWERSTAY COMPLEXION SERIES

Apa tantangan dalam menciptakan ide produk baru bagi pasar Indonesia?

“Mungkin tantangan ini jadi blessing in disguise kali ya. Konsumen sekarang makin teredukasi, tapi akibatnya kebutuhannya juga jadi makin berubah terus. Volatil. Sebentar mau ini, sebentar mau itu, dan yang diinginkan jadi makin kompleks. Saya merasa catch-up nya jadi agak susah karena development produk kan butuh waktu yang nggak sebentar. Saat kami kejar mau launch, ada saja kemungkinan tren sudah sedikit bergeser. Karena kami sangat consumer minded, kami harus langsung geser plan, intinya kami pengen yang terbaik buat konsumen. Jadinya kita harus sangat fleksibel terhadap konsumen.

Tapi blessing-nya adalah konsumen jadi lebih berani coba-coba tren dan produk yang inovatif. Di sini sih keuntungan kami. Kami jadi berani inovatif dari segi produk untuk launch produk-produk yang ga terlalu mainstream, tapi sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen, misalnya seperti cushion.”

Sejauh ini Make Over belum punya produk yang memberi hasil akhir dewy dan glowy, apakah akan dihadirkan?

Tunggu saja tanggal mainnya ya! Sejauh ini baru Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion yang baru saja diluncurkan. Kami intinya lagi sangat riset tentang tren dewy dan glowy ini karena sejatinya ini kan terinspirasi dari tren Korea dan Jepang. Buat orang-orang Indonesia yang kulitnya oily pada umumnya, mungkin bisa jadi tricky. Jadi, kami prefer untuk benar-benar mempelajari yang dalam dulu. Jadi, wait and see. Selama konsumen masih mau, kami akan ikut maunya konsumen, tapi tentunya dengan sedikit touch of expertise hasil riset kami.

Apakah ada formula Wardah dan Emina yang sangat mirip dengan Make Over?

“Hmm.. jadi kami customize setiap formula pada tiap brand, karena disesuaikan dengan kebutuhan tiap brand, dan DNA brand berbeda-beda meskipun berada di satu grup yang sama. Kami kadang customize sampai ke kualitas bahan bakunya karena kualitas tentunya ada harganya. Mungkin kalau shade bisa jadi ada kemiripan karena warna kulit orang Indonesia rata-rata ya seputar itu saja dan cenderung tidak berubah. Intinya, setiap formula kami coba sesuaikan dengan tiap brand dan konsumennya seperti apa.”

Apa saja kesan menjadi orang dibalik layar seorang brand kecantikan lokal yang bersinar?

“Seru! Never in a million years bakal di posisi sekarang with my background, but I regret none at all. Semua produk-produk yang ada di konsumen sekarang ini berkat tim produk, RND, dan pabrik yang sungguh-sungguh mau memberikan yang terbaik banget. Saya happy dan bangga jadi bagian tim yang super kompak ini. A rollercoaster ride might be the right wordings to describe kali ya. Ada momen deg-degan, ada momen letihnya, ada momen relief, tapi overall happy dan semangat banget.

Kalau lihat review positif dari konsumen rasanya senang banget, jerih payah rasanya terbayarkan. Kalau lihat review negatif atau julid juga kami tetap senang, artinya produk Make Over ini masih diperhatikan sama konsumen dan mereka masih peduli supaya kita tetap improve.”

Apa kelebihan Make Over dibanding brand lain, dari segi ingredients?

“Tentunya Make Over berusaha memakai ingredient dengan kualitas yang terbaik dan kalau ada teknologi-teknologi hasil riset terbaru kami selalu kasih ke Make Over dulu.”

Bagaimana tanggapan tentang menguatnya posisi produk kosmetik lokal?

“Kami sangat bangga dengan movement ini. Orang-orang sudah semakin aware dengan kualitas dan ga cuma beli brand aja. Kami makin suka orang-orang bisa menjadi lebih objektif terhadap kualitas dan kami berharap ini menjadi hal baik yang terus-menerus diperhatikan ke depannya. Dengan semakin majunya kosmetik lokal, mungkin sudah akan dekat banget momen di mana industri kecantikan Indonesia ini akan jadi semaju Korea dan Jepang.”