ic-fd

Inilah Manfaat Glycerin Pada Skincare

skincare
author

ankayama・27 May 2019

detail-thumb

Kalau ngomongin ingredients pasti banyak yang  familiar dengan Niacinamide, Ascorbic Acid (Vit C), dan Retinoic Acid (Vit A). Tapi seberapa banyak dari kita sih yang notice manfaat the oldie but goodie, Glycerin?

Glycerin adalah senyawa lemak yang memiliki sifat humektan, mampu menarik air dari udara di sekeliling serta menahannya di dalam kulit. Glycerin bisa didapatkan dari sumber nabati dan hewani, teksturnya tidak berwarna, tidak berbau, lengket, dan tebal seperti sirup. Kalau kamu perhatikan banyak produk kecantikan yang memakai glycerin seperti sabun, odol, lotion, sampai produk perawatan wajah.

Walau terdengar nggak se-fancy Niacinamide dan lainnya, tapi bahan ini telah digunakan lebih dari 50 tahun, lho. Manfaatnya apa saja, sih? Silakan disimak di bawah ini, lengkap dengan beberapa produk cruelty free yang menggunakan Glycerin sebagai bahan yang ditulis pertama pada ingredients list nya.

Melembapkan Kulit

Glycerin dikenal bekerja efektif sebagai pelembap terutama untuk pemilik kulit kering. Sifatnya sebagai penahan air dalam kulit membantu kulit terasa kering, terlihat kuyu, bahkan untuk area yang sering mengelupas. Jika dioleskan Glycerin, kulit yang tadinya kering menjadi lebih lembut, lembap, dan membuatnya terlihat lebih sehat.

Manfaat Glycerin Female Daily

Charlotte Tilbury Magic Night Cream

Menjaga Keseimbangan Air dan Minyak Pada Kulit

Nggak hanya untuk jenis kulit kering, manfaat Glycerin pada kulit dehidrasi berminyak juga bisa membantu keseimbangan kandungan air. Sehingga kulit tidak perlu mengirim sinyal untuk memproduksi minyak lebih banyak agar kulit yang dehidrasi tetap lembap.

Manfaat Glycerin Female Daily

Neogen Real Fresh Green Tea Cleansing Stick

Mengurangi Peradangan

Selain melembapkan Glycerin juga bisa mengurangi peradangan yang muncul akibat infeksi bakteri pada kulit acne-prone, psoriasis dan eczema. Tapi jangan membayangkan Glycerin sebagai obat totol jerawat ya, bahan ini lebih merangsang dan membantu sel kulit untuk memperbaiki diri lebih cepat.

Manfaat Glycerin Female Daily

I’m From Gingseng Mask

Menguatkan Skin Barrier

Sebagai emollient, Glycerin juga bisa menyerupai kerja pertahanan kulit dan meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kulit dari zat yang berpotensi untuk mengiritasi kulit dengan cara mengunci kelembapannya.

Manfaat Glycerin Female Daily

Mario Badescu Peptide Renewal Serum

Apakah ada efek samping?

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya nggak baik, begitu juga dengan penggunaan glycerin. Kalau kebanyakan pakai glycerin sebagai single ingredient tanpa bahan pelarut malah bisa bikin kulit jadi “kembung” dan bisa memicu reaksi kulit seperti alergi, kemerahan, dan gatal. Satu lagi terlalu lengket malah cenderung menarik partikel debu menempel pada kulit, dan bisa jadi pemicu jerawat. Oh, no!

Nah, sekarang coba cek deh label ingredient list produk skincare kamu ada berapa banyak yang mengandung glycerin? Dari pembersih wajah, hydrating toner, serum sampai masker rata-rata hampir semuanya mengandung bahan klasik ini.

Semoga bermafaat ya!